sign up SIGN UP

LIFE

Berdamai dengan Diri Sendiri? Siapa Takut!

Nahda Muzlena | Minggu, 20 Dec 2020 16:15 WIB
Berdamai dengan Diri Sendiri? Siapa Takut!
caption

Kamu mungkin masih sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Entah itu soal percintaan, karier, pendidikan, fisik, dan lain sebagainya.

Mungkin kamu juga pernah mengalami hal yang kurang menyenangkan di masa lalu yang menjadikan kamu insecure, menyalahkan diri sendiri, hingga tidak mencintai diri sendiri. Sekarang saatnya untuk berdamai dengan diri sendiri!

Alasannya, jika berdamai dengan diri sendiri, kamu bisa menciptakan kebahagiaanmu sendiri tanpa membandingkannya dengan orang lain dan tanpa dipengaruhi oleh apa yang telah terjadi di masa lalu. Agar kamu dapat berdamai dengan dirimu sendiri, lakukanlah hal-hal berikut ini:

Menerima Diri Sendiri

Menerima diri sendiri/Foto: Freepik.com
Menerima diri sendiri/Foto: Freepik.com

Menerima diri sendiri memang tidak semudah kedengarannya, tetapi ini merupakan salah satu poin penting agar dapat berdamai dengan diri sendiri. Mulailah dengan niat bahwa kamu akan berdamai dengan diri sendiri supaya konsisten meskipun jika memerlukan waktu yang lama.

Kemudian, kamu harus percaya bahwa tidak ada manusia yang terlahir sempurna, maka memiliki kekurangan adalah hal yang sangat wajar yang dimiliki oleh manusia. Jangan lupa untuk melihat kelebihan yang kamu miliki sehingga kamu sadar bahwa kamu juga memiliki kelebihan yang patut untuk dihargai.

Pada dasarnya, manusia memiliki kekurangan dan kelebihan, maka jangan hanya berfokus pada kekuranganmu, hal itu hanya akan menciptakan energi negatif yang dapat membuatmu insecure.

Menghargai dan Mencintai Diri Sendiri

Self Love/Foto: Freepik.com
Self Love/Foto: Freepik.com

Ada banyak kegiatan mencintai dan menghargai diri sendiri, seperti tidak membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain, menerima kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, melakukan perawatan, memakan makanan yang sehat, dan memberikan reward terhadap diri sendiri setiap kali selesai mengerjakan hal yang lumayan berat atau sulit untuk dilakukan.

Memaafkan Diri Sendiri

Memaafkan diri sendiri/Foto: Freepik.com
Memaafkan diri sendiri/Foto: Freepik.com

Jika kamu pernah melakukan kesalahan di masa lalu, terimalah bahwa kamu memang melakukan kesalahan. Namun bukan berarti hal ini bertujuan untuk membuatmu semakin merasa bersalah tetapi untuk mengambil pelajaran atas apa yang sudah terjadi. 

Sadari bahwa tidak ada orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, maka melakukan kesalahan adalah hal yang wajar, namun jangan lupa untuk meminta maaf dan menyelesaikan masalahnya.

Jangan Perfeksionis

Jangan Perfeksionis/Foto: Freepik.com
Jangan Perfeksionis/Foto: Freepik.com

Ketika kamu sedang berambisi untuk mendapatkan sesuatu, sesuaikanlah terlebih dahulu dengan kemampuanmu. Jangan menjadi perfeksionis sebab itu akan membuatmu merasa cemas karena takut apa yang sudah kamu usahakan memiliki hasil yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Hal ini bisa membuat kamu kecewa ketika gagal. Padahal kenyataanya, kamu sudah berusaha sekuat mungkin untuk mendapatkan apa yang kamu mau.

Berada di Sekitar Orang yang Memiliki Pikiran Positif

Circle yang Positif/Foto: Freepik.com
Circle yang Positif/Foto: Freepik.com

Berdamai dengan diri sendiri akan lebih mudah jika kamu berada di sekitar orang yang memiliki pikiran positif. Karena mereka akan memberikan energi positif dari dukungan dan cara mereka menghargai segala kerja kerasmu, hal itu dapat membuatmu menjadi lebih percaya diri dan lebih bahagia.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id