sign up SIGN UP

LIFE

Biar Enggak Stres, 5 Beban Hidup Ini Harus Kamu Lepaskan!

Lifia Mawaddah Putri | Kamis, 18 Feb 2021 21:00 WIB
Biar Enggak Stres, 5 Beban Hidup Ini Harus Kamu Lepaskan!
caption
Jakarta -

Hidup ini memang punya banyak sekali perjuangan dan tantangan. Tapi tanpa kamu sadari, mungkin kamu sendiri seringkali menambahkan sendiri beban-beban yang seharusnya enggak perlu ke dalam hidupmu. Sehingga, hal-hal yang enggak kamu sadari ini justru membuatmu stres dan merasa sangat terbeban. Nah, berikut ini Beautynesia.id sudah merangkum 5 hal yang seharusnya enggak perlu kamu bebankan.

Memendam Perasaan Bersalah

Setiap manusia pasti pernah membuat kesalahan. Baik itu di masa lalu, masa kini maupun masa depan.
Stres/freepik.com

Setiap manusia pasti pernah membuat kesalahan. Baik itu di masa lalu, masa kini maupun masa depan. Sebab, enggak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Jadi, jika kamu pernah melakukan kesalahan, maafkanlah dirimu sendiri. Ambil pelajaran yang bisa kamu petik dari kesalahan tersebut dan berusahalah lebih baik lagi ke depannya. Enggak perlu terlalu berlarut-larut memendam perasaan bersalah ya, Beautynesian.

Kesalahan Orang Lain

Bukan hanya dirimu sendiri, orang lain pun pasti pernah berbuat kesalahan baik disengaja maupun enggak disengaja. Tapi, kamu juga enggak boleh terlalu memikirkan kesalahan orang lain. Sebab, kesalahan orang lain adalah tanggung jawab mereka. Kamu boleh membantu mereka, tapi bukan berarti itu adalah tanggung jawabmu untuk memperbaiki kesalahan mereka. Jangan jadikan kesalahan orang lain sebagai beban hidupmu.

Ekspektasi Berlebihan

Punya ekspektasi sebenarnya wajar kok, Beautynesian. Tapi jika terlalu berlebihan, hal ini seringkali menimbulkan masalah.
Stres/freepik.com

Punya ekspektasi sebenarnya wajar kok, Beautynesian. Tapi jika terlalu berlebihan, hal ini seringkali menimbulkan masalah. Sebab, ekspektasi berlebihan yang enggak terealisasi hanya akan berujung pada kekecewaan yang mendalam. Jadi, jangan sampai ekspektasi itu justru membebanimu. Bukan hanya ekspektasi dari diri sendiri, tapi juga ekspektasi dari orang lain.

Kenangan Buruk Masa Lalu

Masa lalu yang buruk memang sangat mengganggu dan memicu timbulnya stres. Namun, yang sudah berlalu biarlah berlalu. Memikirkan masa lalu terus menerus juga enggak akan bisa mengubah apa yang sudah terjadi. Jadi lebih baik, fokuslah pada masa kini dan perbaiki kesalahan di masa lalu.

Emosi dan Pikiran Negatif

Memiliki emosi dan pikiran negatif memang manusiawi. Setiap manusia pasti pernah merasakan emosi dan pikiran negatif.
Stres/freepik.com

Memiliki emosi dan pikiran negatif memang manusiawi. Setiap manusia pasti pernah merasakan emosi dan pikiran negatif. Kamu pun memang harus menerima adanya emosi ini dalam dirimu. Tapi, bukan berarti kamu membiarkan dirimu terus menerus terlarut dalam emosi tersebut. Hal ini juga bukanlah pilihan yang bijak.

Belajarlah untuk menerima lalu berdamai dengan perasaan tersebut. Atasi dan kontrol emosi dan pikiran negatifmu. Ketika kamu sudah mampu menerima perasaan tersebut, fokuslah pada hal positif dan solusi untuk menanganinya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id