sign up SIGN UP

LIFE

Buat Kamu, Ini 5 Kesalahan Public Speaking Saat Live Instagram yang Gak Boleh Dilakukan

Izzul Millati Umami | Rabu, 16 Sep 2020 22:00 WIB
Buat Kamu, Ini 5 Kesalahan Public Speaking Saat Live Instagram yang Gak Boleh Dilakukan
Instagram Live/Sumber:pinterest.com
Jakarta -

Ladies, kemampuan berkomunikasi di depan umum atau public speaking penting digunakan dalam menyampaikan informasi. Public speaking bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Apalagi untuk pemula banyak hal yang harus dipersiapkan baik dari segi materi maupun mental tampil di depan umum.

Nah, di jaman serba canggih sekarang ini, seorang public speaker dapat menyampaikan informasi melalui media sosial. Salah satunya adalah via live instagram. Meski tak menyapa audience secara tatap muka langsung, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam public speaking saat live instagram termasuk mencegah kesalahan-kesalahan yang dapat memperburuk kualitas public speaking. Berikut 4 kesalahan public speaking saat live instagram.


1. Membahas Hal Terlalu Berbelit

Membahas Hal Terlalu Berbelit
Membahas Hal Terlalu Berbelit/Sumber:pixabay.com

Ladies, seorang public speaker tak jarang mengalami rasa gugup dan demam panggung. Penyebab pembicara mengalami hal ini bisa jadi karena kondisi fisik kurang fit, suasana yang tidak mendukung,  kurang mempersiapkan materi, dan kurang percaya diri. Rasa gugup bisa mengakibatkan pembicara cenderung mengulang-ulang kata yang sama, dan bahkan terlalu berbelit menyampaikan informasi sehingga membuat audience bosan.

2. Berbicara di Luar Topik

Berbicara Diluar Topik
Berbicara Diluar Topik/Sumber:pixabay.com

Berbicara panjang lebar sah-sah saja dilakukan. Namun, usahakan berbicara sesuatu yang ada sangkut pautnya dengan materi, ladies. Terlalu banyak membahas informasi di luar topic hanya akan menyisakan tanda tanya bagi audience. Berbicara melebar kemana atau ngelantur juga akan membuat audience kesal dan pesan menjadi terabaikan.

3. Kurang Persiapan

Kurang Persiapan
Kurang Persiapan/Sumber:pixabay.com

Ladies, bukan hanya kalangan pembicara pemula yang membutuhkan persiapan, pembicara professional pun juga butuh persiapan saat berhadapan dengan audience atau pendengar, baik dari segi materi, mental, dan kiat-kiat atau metode menjadi pembicara handal. Karena berbicara di depan umum tak hanya sekedar berbicara ladies, namun juga harus berhasil memahami gerak gerik audience untuk mengerti seberapa paham mereka tentang materi yang disampaikan.

4. Suara Tidak Terdengar

Ladies, beberapa kasus pembicara saat live instagram adalah suara tak terdengar entah trouble dari aplikasinya, suara terlalu pelan, atau suara serak. Suara adalah modal penting saat tampil di hadapan umum. Suara pembicara haruslah jernih, dan jelas. Volume suara pun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pendengar,serta kondisi lingkungan.

5. Kurang Gestur Tubuh

Kurang Gestur Tubuh
Kurang Gestur Tubuh/Sumber:pixabay.com

Gestur tubuh pembicara akan selalu diperhatikan oleh audience. Selain itu, gesture tubuh juga akan membuat audience lebih antusias dalam mendengarkan materi atau presentasimu. Penggunaan bahasa tubuh juga akan membantu audience dalam memaparkan materi.

Karena jika menyampaikan materi tanpa disertai gestur tubuh yang terjadi adalah audience akan bosan bahkan ketiduran. Gestur tubuh yang bisa ladies praktekkan saat tampil di hadapan umum seperti menggerakkan tangan dan jari, menatap mata audience, ekspresi muka, atau berjalan dari satu tempat ke tempat lain.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id