sign up SIGN UP

LIFE

5 Tips Jitu Wawancara Kerja dari Rumah di Tengah Pandemi

Sylvia Yuliasar | Jumat, 11 Sep 2020 15:00 WIB
5 Tips Jitu Wawancara Kerja dari Rumah di Tengah Pandemi
caption

Akibat pandemi virus Corona COVID-19, banyak perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah termasuk dalam proses penyaringan karyawan mulai dari wawancara hingga skill test. Perusahaan teknologi besar seperti Google, Amazon, Facebook sampai Robert Walters mengumumkan kebijakan baru untuk melakukan wawancara kerja secara virtual melalui aplikasi konfrensi video selama pandemi berlangsung.

Seperti dilansir dari CNBC.com, Jo Cresswell, Manajer Komunitas Glassdoor mengatakan bahwa wawancara kerja secara online merupakan upaya mengurangi risiko penularan virus Corona COVID-19 yang hingga kini masih tinggi.

“Dalam upaya mengurangi beberapa dampak jangka panjang COVID-19 pada bisnis mereka, perusahaan memilih beralih ke teknologi untuk mempertahankan kelangsungan bisnis selama masa pandemi ini,” ucap Jo Cresswell.


Nah, jika kamu saat ini sedang mencari pekerjaan baru, ada baiknya membaca 5 tips jitu wawancara kerja dari rumah seperti dilansir dari Detik.com di bawah ini.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Pastikan koneksi internet stabil saat wawancara kerja virtual berlangsung
Koneksi internet/www.unsplash.com (Kari Shea)

Jika kamu mendapat undangan wawancara kerja via virtual seperti Google Meet, Zoom dan sebagainya maka hal pertama yang harus kamu siapkan adalah koneksi internet yang stabil. Pasalnya, aplikasi konferensi video membutuhkan jaringan yang stabil juga kuota yang besar.

Jika koneksi internet terhambat maka kualitas video saat wawancara menjadi kurang baik dan tersendat. Mungkin hal ini bisa membuat apa yang kamu sampaikan menjadi tak terdengar dengan baik oleh pewawancara.

Penampilan Profesi

Penampilan rapi dan profesional menjadi nilai tambahPenampilan profesional saat wawancara kerja virtual/www.unsplash.com (Icons8 Team)

Meski proses wawancara dilakukan di rumah, pastikan untuk berpakaian rapi layaknya kamu akan menghadapi wawancara kerja secara langsung. Berpakaian rapi menandakan kamu adalah seorang profesional. Oiya, pastikan ruangan tempat kamu akan melakukan wawancara virtual terlihat rapi karena bisa menjadi penilaian lebih untukmu.

Menyiapkan Diri

Pelajari profil perusahaan sebelum hari H wawancara kerja virtual
Work from home/www.unsplash.com (Brooke Cagle)

Sebelum hari H wawancara, sebaiknya kamu berlatih berbicara dengan lancar dan baik. Pelajari pula profil perusahaan agar setidaknya kamu mengetahui sedikit info mengenai perusahaan yang kamu incar. Selain itu, berlatih menjabarkan keahlian dan kelebihan diri dalam kata-kata karena biasanya pertanyaan tersebut akan dilontarkan pewawancara kepada calon karyawan.

Tunjukkan Kepribadian Baik

Tunjukan rasa ketertarikanmu terhadap pekerjaan yang kamu lamar
Meeting kerja/www.unsplash.com (Headway)

Meski tidak berdialog dengan bertatap muka langsung, pastikan untuk menunjukkan kepribadian baik yang kamu punya. Seringlah tersenyum, gunakan intonasi suara yang lugas tetapi tetap lembut, dan jangan lupa, lakukan kontak mata. Tunjukkan seberapa antusias dirimu untuk bisa bekerja di perusahaan yang kamu inginkan.

Meminimalisir Gangguan

Kamu harus memilih tempat yang kondusif saat melakukan wawancara online
Ruang kerja di rumah/www.unsplash.com (Stefan Stefancik)

Satu hal yang tak boleh terlewat adalah, pastikan suasana ketika melakukan wawancara kerja virtual minim gangguan misalnya suara bising dari luar hingga dering ponsel.

Setelah wawancara kerja selesai, kirim pesan terima kasih kepada pewawancara karena telah diberi kesempatan sebagai kandidat ideal. Hal ini bisa memberi kesan baik pada pewawancara.

Itu dia beberapa tips wawancara kerja virtual yang harus kamu terapkan. Semoga wawancara kerja virtual-mu berhasil dengan baik ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id