sign up SIGN UP

Bukan Hanya IQ, Tapi EQ Juga Penting untuk Kesuksesan Seseorang di Tempat Kerja, Lho! Ini Penjelasannya

Raudiya Nurfadilah H | Kamis, 16 Sep 2021 06:45 WIB
Bukan Hanya IQ, Tapi EQ Juga Penting untuk Kesuksesan Seseorang di Tempat Kerja, Lho! Ini Penjelasannya
Kecerdasan emosional memiliki peran penting dalam kesuksesan/ Foto: Freepik/ Jcomp

Kecerdasan intelektual (IQ) biasanya menjadi tolak ukur seseorang dalam mencapai kesuksesan, karena memiliki otak yang cerdas dinilai memiliki daya tangkap yang cepat sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Faktanya, peran penting kesuksesan seseorang bukan hanya IQ saja lho, Beauties.

Mengutip laman Very Well Mind, psikolog Peter Salovey dan John D. Mayer mendefinisikan kecerdasan emosional sebagai kemampuan untuk mengenali dan memahami emosi dalam diri sendiri dan orang lain.

Kemampuan ini juga melibatkan penggunaan pemahaman emosional ini untuk membuat keputusan, memecahkan masalah, dan berkomunikasi dengan orang lain.

Kecerdasan emosional memiliki peran penting dalam kesuksesan
Kecerdasan emosional memiliki peran penting dalam kesuksesan/ Foto: Freepik/ Tirachardz

Di masa lalu, IQ dan EQ sering dianggap bertentangan satu sama lain. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, para peneliti yang mengeksplorasi psikologi emosi menjadi semakin tertarik pada kognisi dan pengaruh.

Ketertarikan pada psikologi emosi dan konsep kecerdasan emosional benar-benar membara dengan terbitnya buku Daniel Goleman pada 1995 dengan judul “Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ”. Dalam buku tersebut ia menjelaskan bahwa kecerdasan emosional sangat penting untuk kesuksesan dalam hidup. Menurutnya, kompetensi emosional juga berperan penting dalam tempat kerja.

EQ dapat memengaruhi cara berinteraksi dengan rekan kerja
EQ dapat memengaruhi cara berinteraksi dengan rekan kerja/ Foto: Freepik/ Senivpetro

Para peneliti juga menyarankan bahwa EQ dapat memengaruhi seberapa baik karyawan berinteraksi dengan rekan kerja yang lain, berperan dalam mengelola stres dan konflik.

Dikutip dari Hindustan Times, banyak ahli kesehatan mental menganggap bahwa kecerdasan emosional adalah aset berharga di tempat kerja, di mana karyawan yang memiliki tingkat EQ tinggi mungkin lebih mampu berkolaborasi dengan orang lain, mengelola stres terkait pekerjaan, dan dapat menyelesaikan konflik dalam hubungan di tempat kerja.

Memecahkan masalah yang berhubungan dengan emosi sangat penting di tempat kerja, karena kita akan menghadapi masalah yang kompleks. Kita juga harus sering bekerja sama untuk menemukan solusi. Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Career Builder, bahwa 59 persen pengusaha tidak akan memperkerjakan seseorang yang memiliki IQ tinggi tapi rendah EQ.

Bagi karyawan yang dipertimbangkan untuk promosi, 75 persen kandidat EQ tinggi akan mengalahkan dan lebih mungkin untuk dipromosikan dibanding kandidat dengan IQ tinggi.

EQ yang tinggi dapat mudah naik jabatan
EQ yang tinggi dapat mudah naik jabatan/ foto: Freepik/ Tirachardz

Jadi, dalam hal kesuksesan tidak dilihat dari tingkat skor IQ yang kamu raih, Beauties. Tetapi ada peran penting dalam kesuksesan apa lagi dalam dunia kerja, yakni kecerdasan emosional dan keterampilan dalam berkomunikasi dengan rekan kerja.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id