sign up SIGN UP

Cara Menerapkan Body Positivity di Kehidupan Sehari-hari, Agar Kamu Lebih Bahagia

Ayuliy Lestari | Selasa, 29 Jun 2021 12:00 WIB
Cara Menerapkan Body Positivity di Kehidupan Sehari-hari, Agar Kamu Lebih Bahagia
caption

Kenalan dengan body positivity yuk! Banyak perempuan yang mengalami kondisi di mana tiba-tiba merasa tidak cantik dan insecure. Hal tersebut seringkali terjadi karena anggapan standar tubuh ideal adalah tubuh yang ramping, kulit cerah, hidung mancung dan lain-lain.

Ketika standar kecantikan tersebut tidak terpenuhi, tak sedikit yang mudah kehilangan kepercayaan diri, insecure bahkan rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh idaman. Tak heran jika klinik kecantikan laris manis hingga saat ini.

Nah, inilah pentingnya mengenal body positivity dimana semua orang berhak memiliki citra tubuh positif. Kamu perlu menyayangi tubuhmu meski sudah terjadi perubahan bentuk, ukuran hingga kemampuan melakukan sesuatu.

Lalu bagaimana cara menerapkan body positivity di kehidupan sehari-hari? Simak yuk!

1. Belajar Jadi Diri Sendiri

menerapkan citra tubuh positif
Menerapkan citra tubuh positif/Foto: freepik.com

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar memiliki citra tubuh positif adalah dengan belajar menerima diri sendiri. Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing sehingga kamu tidak perlu membandingkan dirimu dengan orang lain.

Kamu tidak perlu menjadi orang lain agar disukai. Justru ketika kamu menjadi diri sendiri dan tetap disukai, mereka adalah orang-orang yang sepaham dan tulus. Dengan begitu secara tidak langsung kamu malah akan memperbaiki circle-mu.

2. Terapkan Body Positivity dengan Melatih Kepercayaan Diri

menerapkan citra tubuh positif
Menerapkan citra tubuh positif/Foto: freepik.com

Seseorang yang lebih percaya diri akan terlihat lebih bersinar. Kepercayaan diri akan muncul jika kamu merasa nyaman dengan diri sendiri. Kamu perlu berdamai dengan kekurangan dan memaksimalkan potensi lain yang menjadi poin plus-mu.

Jangan terlalu fokus pada kecantikan fisik, Ladies. Mungkin kamu bisa saja tertarik pada pria tampan, tapi pernah nggak sih ketika kamu mengobrol, ketertarikan fisik itu tiba-tiba lenyap begitu saja?

Yups, tak hanya fisik. Seseorang bisa terlihat spesial karena pembawaan diri, kecerdasan, pengetahuan yang luas dan attitude-nya. Kamu bisa mempelajari dan memaksimalkan apa yang masih bisa dimaksimalkan.

3. Fokus Pada Bagian yang Kamu Suka

menerapkan citra tubuh positif
Tentang body positivity/freepik.com

Jangan terlalu fokus pada satu anggota tubuh saja, coba lihat keseluruhan dari dirimu. Coba ingat lagi bahwa hari ini kamu masih bisa bernafas, masih bisa melihat indahnya bunga, langit cerah, awan, masih bisa menghirup aroma teh, kopi dan lain-lain. Ada bagian tubuh yang membantumu untuk bergerak, menikmati banyak hal. Apakah kamu tidak menyukainya, Ladies?

4. Cobalah Belajar Menstabilkan Emosi

menerapkan citra tubuh positif
Menerapkan citra tubuh positif/Foto: freepik.com

Kestabilan emosi bisa mempertahankan hubungan antara perasaan dan pikiran. Kamu perlu belajar untuk mengatur emosi terutama saat menghadapi orang lain. Cobalah tidak mudah terpengaruh dengan penilaian orang lain. Untuk menerapkan body positivity, kamu juga perlu belajar menjaga perasaanmu atas perkataan-perkataan negatif dari orang lain.

5. Pilih Lingkungan yang Positif

menerapkan citra tubuh positif
Menerapkan citra tubuh positif/Foto: freepik.com

Jika ingin lebih bahagia dan semakin menerima kekurangan diri, sebaiknya pilih lingkungan pertemanan yang tepat. Jauhi orang-orang toxic yang hanya akan memberikan dampak negatif terhadap hidupmu.

Apalagi jika kamu terus-menerus berkumpul dengan orang-orang yang hanya fokus mencapai standar kecantikan secara umum. Carilah circle yang baik agar membantu kamu menjadi lebih baik pula.

Body positivity memang wajib dikampanyekan, agar semua perempuan nyaman dengan tubuhnya, termasuk kamu, Ladies.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id