sign up SIGN UP

Berhenti Khawatir Akan 5 Hal yang Tidak Bisa Dikendalikan Berikut, Semua Akan Baik-baik Saja!

Ayuliy Lestari | Minggu, 27 Jun 2021 22:30 WIB
Berhenti Khawatir Akan 5 Hal yang Tidak Bisa Dikendalikan Berikut, Semua Akan Baik-baik Saja!
caption

Ladies, terkadang sebagai manusia, kita mudah khawatir dengan hal yang tidak bisa dikendalikan dalam hidup. Bahkan kita seringkali mengkhawatirkan sesuatu yang belum tentu terjadi. Hal tersebut sebenarnya hanya akan menambah beban pikiran.

Seseorang hanya perlu mengendalikan pikirannya agar bisa merespon segala sesuatu yang di luar kendali dengan lebih santai. Lebih baik maksimalkan apa yang bisa kamu kendalikan dan perlahan, terima apapun yang akan terjadi.

Karena jika ingin merasa lebih bahagia dan damai, penting untuk mencoba menerima hal yang tidak bisa dikendalikan berikut, Ladies.

1. Persepsi Mereka Terhadapmu

terlalu khawatir akan hidup
Hal yang tidak bisa dikendalikan/freepik.com

Tanpa sadar, terkadang kamu terlalu memperdulikan apa yang dipikirkan orang lain terhadapmu. Kamu takut tidak disukai atau dianggap buruk oleh mereka. Padahal sebaik apapun kamu, akan selalu ada orang yang kontra. Akan selalu ada orang yang tidak menyukaimu, entah karena perbedaan sudut pandang, perbedaan tujuan atau sekadar 'penyakit hati' seperti iri dan dengki.

Cobalah untuk selalu ingat, bahwa kamu tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang. Jadi, ada kalanya kamu perlu bersikap 'bodo amat' dengan apa yang mereka pikirkan. Penilaian mereka tentang kamu adalah hak mereka dan bukan urusanmu.

2. Sikap Mereka Terhadapmu

terlalu khawatir akan hidup
Terlalu khawatir akan hidup/freepik.com

Sikap atau tindakan orang lain terhadapmu juga merupakan hal yang tidak bisa dikendalikan. Mungkin kamu berpikir bahwa ketika kamu bersikap baik kepada semua orang, maka mereka akan bersikap baik pula.

Mungkin kamu akan bertemu dengan satu atau dua orang yang akan membalas kebaikanmu dengan kebaikan pula, namun tetap saja kamu tidak bisa mengontrol tindakan mereka. Kamu tidak bisa mengendalikan mereka sesuai dengan harapanmu.

3. Penampilanmu Seperti Tinggi Badan, Tipe Tubuh dan Warna Kulit

terlalu khawatir akan hidup
Terlalu khawatir akan hidup/freepik.com

Penampilan seperti tinggi badan, tipe tubuh dan warna kulit juga tidak mungkin bisa kamu kendalikan. Kamu hanya perlu memaksimalkan cantikmu dengan memilih gaya fashion yang pas, memilih makeup yang sesuai dan merawat tubuh seperti rajin berolahraga dan memakai skincare.

Bahkan terkadang ketika kamu sudah memakai skincare, rajin membersihkan wajah, memakai krim malam dan lain-lain, namun genetik dan lingkungan membuat wajahmu rentan berjerawat. Ketika kamu berusaha keras mengendalikannya, yang ada kamu malah stres dan hal itu justru bisa memperburuk keadaan serta memicu penyakit lain.

4. Masa Depan Hubungan Percintaan

terlalu khawatir akan hidup
Terlalu khawatir akan hidup/freepik.com

Hubungan percintaan terjalin oleh dua orang, bahkan bisa melebar menjadi dua keluarga. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selanjutnya karena kamu pun tidak bisa mengontrol perasaan pasangan.

Wajar jika kamu memiliki rencana dan melakukan yang terbaik untuk masa depanmu bersamanya. Namun terkadang segala sesuatu tidak semulus dugaanmu, Ladies. Selalu ada perbedaan bahkan konflik di sebuah relationship.

5. Masa Lalu Juga Merupakan Hal yang Tidak Bisa Dikendalikan

terlalu khawatir akan hidup
Terlalu khawatir akan hidup/freepik.com

Hal-hal yang sudah terlanjur terjadi juga tidak bisa diubah dan dikendalikan. Jika ada kesalahan di masa lalu, sebaiknya kamu berusaha untuk berdamai dan memaafkan diri sendiri. Cobalah untuk fokus menata masa depan. Pengalaman-pengalaman pahit di masa lalu, bisa kamu jadikan pelajaran untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Jadi, cobalah untuk mengidentifikasi apa saja hal yang bisa kamu kendalikan dan apa yang tidak. Percuma saja jika kamu khawatirkan akan hal yang tidak bisa dikendalikan, karena hanya akan mengganggu suasana hati dan membebani pikiran, Ladies.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id