sign up SIGN UP

Cara Punya Mental Orang Kaya di Usia 20-an, Pensiun Tinggal Nikmati Hasil

Dian Aprilia | Minggu, 04 Jul 2021 20:00 WIB
Cara Punya Mental Orang Kaya di Usia 20-an, Pensiun Tinggal Nikmati Hasil
caption

Dalam hidup, kita memang tidak diharuskan menjadi kaya. Namun uang dan kekayaan bisa memudahkan kita dalam melakukan banyak hal. Tak hanya mudah dalam menjamin masa depan, kesehatan, pendidikan, tapi juga perihal beribadah. Sayangnya, banyak yang menginkan jadi orang kaya, tetapi tak memiliki mental kaya.

Padahal mental atau mindset orang kaya harus dimiliki sejak dini untuk membentuk sikap dan perilaku yang sejalan dengan tujuan. Berikut beautynesia.id telah merangkum cara menjadi kaya dengan membangun mental kaya sejak usia 20-an.

Berdamai dengan Masa Lalu

Cara menjadi kaya dengan berdamai dengan masa lalu
Cara menjadi kaya dengan berdamai dengan masa lalu/Pexels.com/Alexandr Podvalny

Salah satu ciri orang yang tidak bisa kaya adalah mereka selalu melihat ke belakang. Ia merasa masa kelamnya menjadi identitas dirinya dan tak bisa diubah. Ia tak mampu melangkah dan fokus menatap ke depan. Hal ini membuat dia tak bisa jadi orang kaya baru.

Untuk itu langkah pertama yang kamu lakukan adalah berdamai dengan masa lalu. Terima kesalahan dan kegagalanmu di masa lalu, introspeksi diri dan lakukan perbaikan.

Percaya Diri Sendiri

Langkah selanjutnya agar sukses jadi orang kaya baru adalah percaya dengan diri sendiri. Yakini bahwa setiap orang memiliki potensi untuk sukses dan kaya. Meski semua orang memiliki rentang waktu dan kemampuan yang berbeda-beda. Kalau kamu tidak percaya bisa menjadi orang kaya, lalu siapa lagi yang akan percaya?

Hargai Uang

Cara menjadi kaya dengan hargai uang
Cara menjadi kaya dengan hargai uang/pexels.com/Alexander Mils

Cara menjadi kaya selanjutnya adalah menghargai uang yang dimiliki. Banyak milyarder tingkat dunia yang tetap berpakaian seadanya, makan seperti biasa, jarang membeli barang branded dan lainnya. Hal ini membuktikan bahwa mereka menghargai uang dan mengalokasikannya hanya untuk hal-hal yang substansi saja.

Jangan Banyak Mengeluh

Mengeluh sesekali adalah hal yang wajar dan sangat boleh dilakukan. Namun jika kamu terus-terusan terjebak dalam sikap mengeluh, tentu sulit untuk menjadi orang kaya baru. Sebab jalan menuju kesana bukanlah hal yang mudah.

Terus Belajar

Cara menjadi kaya dengan terus belajar
Cara menjadi kaya dengan terus belajar/pexels.com/Artem Podrez

Setiap orang kaya dan sukses memiliki ciri-ciri terus belajar dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini membuat mereka senantiasa mendapatkan ilmu baru untuk mengembangkan dirinya dan pundi-pundi uangnya.

Selalu Bersyukur

Cara menjadi kaya selanjutnya adalah selalu bersyukur. Dalam agama Islam, rasa syukur bisa menambah nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Selain itu bersyukur juga bisa membuat hati menjadi tenang sehingga bisa lebih fokus dan produktif.

Aksi, Aksi dan Aksi

Cara menjadi kaya dengan aksi
Cara menjadi kaya dengan aksi/pexels.com/pixabay

Hentikan mengeluh dan perbanyak aksi. Rencana, impian dan harapan tak akan menjadi apa-apa tanpa aksi yang terukur dan terarah. Jangan sampai impianmu jadi sia-sia dan mustahil jika tak didorong dengan aksi.

Itulah 7 mental orang kaya yang harus dimiliki sejak usia 20-an. Dengan mengembangkan mental ini, mudah-mudahan saat pensiun tinggal menikmati hasil. Semangat membangun mindset kaya, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id