sign up SIGN UP

Cek Nih, 5 Perilaku Negatif yang Gak Sadar Masih Sering Kamu Lakukan

Diyah Wulandini | Kamis, 20 May 2021 22:30 WIB
Cek Nih, 5 Perilaku Negatif yang Gak Sadar Masih Sering Kamu Lakukan
caption

Yuk, mulai peduli! Kamu pasti butuh orang lain buat menjalin lingkup sosial yang sehat. Tapi, sebelum itu pastikan terlebih dahulu dirimu sudah mampu memberikan yang serupa. Jadi versi terbaikmu tanpa perlu membuat orang lain merasa kurang nyaman.

Sebanyak apapun kamu berusaha enggak jarang masih ada beberapa hal kecil yang menurutmu sepele, padahal kurang baik bagi orang lain. Jadi, apa saja sih perilaku negatif yang masih sering dianggap lumrah?

Ladies, mulai pilah hal apa saja yang bisa mengganggu interaksi sosial kamu. Kenali beberapa hal sudah seharusnya mulai kamu kurangi. Check this out!

1. Cek Smartphone Ketika Mengobrol

Terbiasa mengecek smartphone ketika berinteraksi dengan orang lain bisa membuat rasa kurang dihargai muncul pada lawan bicara.
Mengecek Smartphone/foto: freepik.com

Kepentingan yang serba digital memang susah membuatmu lepas dari smartphone. Tapi, hal seperti ini enggak bisa selamanya dimaklumi. Lepaskan pandangan dari layar smartphone ketika sedang berinteraksi degan orang lain.

Meski terdengar sepele, hal ini membuat lawan bicaramu merasa lebih dihargai. Lagipula masih banyak kesempatan lain yang bisa kamu gunakan buat mengecek linimasa terbaru media sosial.

2. Berbicara di Belakang Orang Lain

Bukannya membuat dirimu terkesan lebih baik, membicarakan orang lain di belakang juga bisa membuatmu terkesan tertinggal.
Berbicara di Belakang/foto: freepik.com

Yuk, sudahi gosip-gosip enggak perlu! Hal seperti ini bukannya membuatmu semakin nyaman berinteraksi, justru bisa menguras energi. Kamu bakalan beralih fokus pada hal-hal yang kurang penting buat diperhatikan, lho.

Membicarakan tentang orang lain di belakangnya bukan malah membuatmu lebih baik. Yang seperti ini justru membuatmu terlihat selangkah lebih tertinggal. Lebih baik manfaatkan waktu yang kamu punya dengan fokus pada diri dan orang-orang yang menyayangimu.

3. Sulit Menolak Permintaan

Menjadi rekan yang baik enggak perlu membuatmu memaksakan diri melakukan hal yang bukan masuk dalam kewajiban.
Banyak Permintaan/foto: freepik.com

You don't have to please everyone, Ladies! Menjadi baik dengan membantu sesama memang bukan sebuah kesalahan. Tapi, selalu memaksakan diri menuruti apa yang diminta orang lain bisa menjadi sumber penyakit.

Pastikan seberapa perlu permintaan bisa diterima. Pertimbangkan apakah nantinya bisa menguntungkan atau justru merugikan. Ingat, bahwa kamu juga perlu ruang dan energi buat disimpan. Sampaikan dengan baik apabila menolaknya, ya.

4. Multitasking Selama Meeting

Menjadi sibuk sendiri selama meeting bisa membuat rekan kurang nyaman sekaligus merasa kurang dihargai.
Meeting Virtual/foto: freepik.com

Multitasking memang keren. Tapi, hanya di beberapa kesempatan yang sesuai tempatnya. Kalau selama meeting secara virtual kamu masih menjadi orang yang multitasking bukan keren lagi namanya. Rekan bisa menurunkan respect terhadapmu, lho.

Dianggap kurang mampu mengatur waktu, kamu bakalan mendapat penilaian kurang menyenangkan. Hal penting yang seharusnya disimak dengan baik sebaiknya enggak kamu lewatkan begitu saja dengan mengerjakan urusan lain.

5. Menunggu Yakin untuk Memulai

Selalu menunggu waktu yang tepat dalam memulai sesuatu enggak jarang membuatmu menyia-nyiakan kesempatan yang datang.
Diliputi Keraguan/foto: freepik.com

Enggak masalah menunda hari ini, tapi yang seperti ini jangan diteruskan. Waktu semakin berjalan tanpa perlu menunggumu siap atau enggak. Selalu menunggu dirimu yakin buat memulai sesuatu bisa membuatmu tertinggal oleh banyak hal yang sayang dilewatkan.

Tanamkan sikap percaya diri mulai sekarang! Kamu enggak perlu menunggu sempurna buat berjalan, Ladies. Lakukan hal positif yang kamu mau, jalankan kreativitas, dan temui orang-orang yang membuatmu semangat. Belajar sambil berjalan enggak pernah salah.

Lakukan hal sederhana yang bisa mengubah hidupmu dalam waktu singkat. Meski terkesan sepele, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang enggak bisa dibeli dengan uang. Waktu dan orang-orang di sekelilingmu merupakan titipan Tuhan yang membantumu berkembang.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id