sign up SIGN UP

LIFE

Sering Terbangun di Malam Hari, Kenapa Ya?

Budi Rahmah Panjaitan | Selasa, 23 Feb 2021 22:30 WIB
Sering Terbangun di Malam Hari, Kenapa Ya?
Foto: Bangun di malam hari/Freepik.com

Ladies, apakah kamu salah satu yang sering terbangun di malam hari. Sedang nyenyak-nyenyaknya tidur, tapi malah terbangun secara tiba-tiba. Jika ya, maka rencana durasi waktu tidur tentu saja akan terganggu. Di samping itu, sering terbangun di tengah malam ternyata memiliki penyebab lho.

Nah, penyebab inilah yang sudah seharusnya diketahui supaya bisa menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya. Lantas, apa saja yang menjadi penyebab terbangun di malam hari? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Merasa Tertekan

Merasa tertekan bisa menyebabkan terbangun malam hari/freepik.com
Merasa tertekan/freepik.com

Penyebab pertama sering terbangun di malam hari adalah merasa tertekan. Berbagai aktivitas sehari-hari tentu berpotensi untuk mendatangkan rasa tertekan karena adanya sebuah masalah ataupun sesuatu yang sedang dikhawatirkan. Alhasil, hal tersebut mendatangkan kecemasan yang membuat tidur menjadi tidak tenang.

Jika sudah begitu, maka kemungkinan terbangun di malam hari akan semakin besar. Agar hal ini bisa diminimalisir, maka cobalah untuk meluangkan waktu meditasi diri sebelum tidur. Bisa dengan memberi sugesti positif pada pikiran sembari memejamkan mata atau mendengarkan lagu yang menenangkan.

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormon bisa menyebabkan terbangun di malam hari/freepik.com
Perubahan hormon/freepik.com

Selanjutnya ada perubahan hormon. Biasanya hal ini terjadi pada masa kehamilan, menstruasi dan juga menopause. Hal ini sesuai dengan pernyataan National Sleep Foundation dimana 40% wanita yang berada pada masa transisi menopause akan mengalami kesulitan tidur.

Untuk wanita yang sedang hamil, kesulitan tidur biasanya disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron. Bahkan, peningkatan hormon progesteron tidak jarang diikuti dengan rasa gelisah dan lemas.

3. Tidur di Siang Hari

Tidur di Siang Hari bisa membuat waktu tidur lebih singkat di malam hari/freepik.com
Tidur di Siang Hari/freepik.com

Biasanya, mereka yang sudah tidur di siang hari akan memiliki waktu yang lebih singkat untuk tidur di malam hari. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan waktu tidur yang sudah tercukupi.

Terbangun di malam hari tidak hanya dikarenakan rasa gelisah dan cemas melainkan juga karena tubuh merespon dan memberitahu bahwa waktu untuk tidur memang sudah cukup. Dalam hal ini, tidur sidang yang dimaksud tentu mengarah pada durasi yang lebih lama atau memang sudah direncanakan.

4. Tidak Enak Badan

Tidak enak badan bisa membuat terjaga di malam hari/freepik.com
Tidak enak badan/freepik.com

Apabila Ladies sedang tidak enak badan dan kemudian tidur di malam hari, kemungkinan untuk terjaga juga lebih besar. Hal tersebut tidak lain dikarenakan oleh adanya rasa tidak nyaman yang dibawa saat tidur. Misalnya saja seperti pusing atau pencernaan yang sedang bermasalah. Meski sedang tidur, bisa saja tubuh kemudian terbangun karena merasakan nyeri pada bagian tubuh.

Jika hal ini sedang Ladies alami, maka sebaiknya sebelum tidur, rasa tidak enak badan ditangani terlebih dahulu. Bisa dengan mengkonsumsi obat ataupun ramuan tertentu. Yang pasti, tubuh harus terasa lebih nyaman sebelum tidur.

5. Depresi

Depresi menyebabkan terbangun malam hari/freepik.com
Depresi/freepik.com

Masalah satu ini juga bisa mengakibatkan Ladies terbangun di malam hari. Depresi bisa ditandai dengan tekanan hidup yang terasa berat, malas beraktivitas, murung dan semua hal menjadi tidak enak untuk dilakukan. Selain berdampak buruk bagi tubuh, depresi juga dapat menurunkan kualitas tidur.

Di samping itu, tidak jarang pula depresi membuat penderitanya bangun di malam hari. Suasana malam yang tenang dan hening serta bangun sendirian ini akan membuat depresi semakin meningkat karena pikiran negatif biasanya akan bermunculan. Agar hal ini bisa diatasi, maka sebaiknya berkonsultasi kepada ahlinya yaitu psikiater ataupun psikolog.

6. Minum Kopi

Minum Kopi bisa membuat bangun malam hari/freepik.com
Minum Kopi/freepik.com

Kandungan kafein dalam kopi tidak hanya bisa membuat Ladies terjaga lebih lama tetapi juga membangunkan tidur di malam hari. Hal ini dikarenakan sifat kafein yang dapat memblokir bahan kimia yang sejatinya berperan untuk menginduksi otak supaya tidur.

Meskipun kopi tidak semerta-merta membuat tidak mengantuk, tetapi mengonsumsinya bisa meningkatkan kemungkinan untuk bangun di malam hari. Agar hal ini tidak terjadi, Ladies bisa upayakan dengan membatasi konsumsi kafein.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id