sign up SIGN UP

LIFE

Clubhouse, Media Sosial Baru yang Digandrungi Generasi Z dan Milenial

Dian Aprilia | Sabtu, 20 Feb 2021 13:30 WIB
Clubhouse, Media Sosial Baru yang Digandrungi Generasi Z dan Milenial
caption
Jakarta -

Ramai unggahan screenshoot Clubhouse, apa sih clubhouse itu? Clubhouse adalah sosial media baru yang digadang-gadang akan mengalahkan dominasi Tiktok di tahun 2021.

Kemunculan Clubhouse tentu menarik perhatian netizen. Pasalnya banyak publik figur, selebgram, tokoh populer yang mengunggah screenshoot aktivitas di Clubhouse.

Apa sih Clubhouse itu?

Clubhouse
Clubhouse/globaltimes.cn

Clubhouse adalah sosial media yang memanfaatkan suara (audio) sebagai alat komunikasi. Sosial media ini memungkinkan pengguna membuat dan bergabung dalam ruang atau tempat untuk berbincang dengan orang lain melalui panggilan dalam jumlah besar.

Sosial media ini memanfaatkan strategi pemasaran yang dikenal Fear of Missing Out atau ‘takut ketinggalan’. Sebab cara kerjanya adalah dengan membuat aturan, hanya pengguna online saja yang bisa masuk dalam ruang panggilan tersebut. Sehingga jika tidak online, maka tidak bisa masuk dan pasti akan ketinggalan informasi terupdate yang sedang dibahas.

Tidak mudah diakses seperti kebanyakan sosial media lain seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya. Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada perangkat iPhone minimal iOS 13, alhasil mereka yang menggunakan ponsel Android tak bisa mengaksesnya.

Ilustrasi
Ilustrasi/pexels.com

Tak hanya itu, Clubhouse juga membuat aturan bahwa tak semua orang bisa masuk ke ‘ruang’ yang ada. Melainkan harus melalui invite teman yang masuk. Meski begitu, setiap orang hanya punya jatah 2 invite saja, lho!

Clubhouse menyajikan berbagai konten yang menarik untuk diikuti dan dibahas. Di antaranya adalah membahas mengenai beauty issue, karir, bisnis, investasi dan lain sebagainya. Tentu saja, hal ini menjadi menarik bagi para generasi muda.

Berdasarkan statistik, jam aktif penggunaan Clubhouse adalah setelah working hours. Hal ini dikarenakan, mayoritas pengguna dari Clubhouse adalah mereka yang aktif bekerja.

Awal Mula Ketenaran Clubhouse

Ilustrasi clubhouse
Ilustrasi clubhouse/pexels.com

Unggahan artis kelas dunia yakni Elon Musk membuat nama ‘Clubhouse’ tenar dan menghebohkan media sosial. Pendiri SpaceX dan Tesla ini membuat cuitan di akun twitternya yang langsung membuat masyarakat dunia penasaran dengan Clubhouse.

“On Clubhouse tonight at 10pm LA time” cuitnya pada 1 Februari lalu.

Dalam forum tersebut, Elon Musk dan pengguna lainnya yang berada di ‘ruang’ yang sama bisa saling berbincang, mengutarakan pendapat, bertanya dan lainnya. Sehingga muncul perasaan intim dan kedekatan, selayaknya bisa berbicara secara langsung.

Clubhouse diminati oleh selebritas papan atas Amerika Serikat seperti rapper Drake, Jared Leto dan juga Kevin Heart.

Kritik dari Selebritas Korea

Meski begitu, beberapa artis Korea sempat mengkritik social media baru tersebut. Seperti halnya, penyanyi rap Din Din berkomentar tentang undangan yang dijual seharga 10 ribu won hingga 20 ribu won (126-253 ribu rupiah). Hal tersebut mengingatkannya pada orang-orang yang ingin memasuki pesta kerajaan di Abad Pertengahan silam.

"Kita hidup di abad berapa?" ujar Din Din dalam acara di radionya 'Music High' dari SBS. Dia juga mengungkapkan pembicaraan pada aplikasi Clubhouse terlihat satu arah di beberapa ruang obrolan yang ia masuki.

Tertarik untuk menginstall dan aktif dalam Clubhouse?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id