sign up SIGN UP

LIFE

Biar Nyaman dan Sehat, Begini Cara Kerja di Atas Tempat Tidur yang Tepat

Astari Dewi Larasati | Rabu, 04 Nov 2020 16:30 WIB
Biar Nyaman dan Sehat, Begini Cara Kerja di Atas Tempat Tidur yang Tepat
caption

Sejak banyak kantor menetapkan sistem work from home, kamu terpaksa bekerja di rumah. Masalahnya, kebanyakan orang tidak mempunyai ruang kerja sendiri sehingga alternatif tempat kerja paling memungkinkan dan juga nyaman adalah tempat tidur. Di tempat tidur tidak ada yang akan mengganggu, kamu punya cukup privasi, dan lebih konsentrasi.

Namun, bekerja di atas tempat tidur bisa berdampak pada rutinitas tidur dan kesehatan mental, Ladies. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa hal yang harus dilakukan jika memilih tempat tidur sebagai tempat bekerja.

Pisahkan waktu tidur dan waktu bekerja

Bangunlah lebih awal dan segera lakukan rutinitas untuk memberi tanda bekerja.
Waktu Tidur dan Kerja/ Foto: Freepik.com

Tidur hingga siang hari memang menyenangkan, namun waktu bekerja paling efektif adalah pagi hari. Untuk memisahkan waktu tidur dan bekerja, bangunlah lebih awal dan segera lakukan rutinitas untuk memberi isyarat pada otak sudah saatnya untuk bekerja. Buka tirai agar cahaya masuk ke ruangan, rapikan tempat tidur, siapkan laptop, ganti pakaian, dan putar lagu yang membuatmu siap bekerja.

Beli bantal punggung untuk memperbaiki postur tubuh

Hindari bekerja sambal tiduran atau tengkurap karena akan membuat tubuh menjadi lelah.
Bantal Punggung/ Foto: Pinterest.com

Karena melakukan pekerjaan di tempat tidur, sebaiknya beli bantal punggung agar memberikan kenyamanan. Ini adalah alternatif yang baik untuk berbaring datar dan memberikan dukungan pada punggung.

Selain itu, bantal punggung akan membantu kesejajaran dan membantu memperbaiki postur, menjadikannya berhak jadi barang wajib untuk bekerja di tempat tidur. Hindari bekerja sambal tiduran atau tengkurap karena akan membuat tubuh menjadi lelah.

Beli laptop tray

Tray ini memiliki banyak ukuran, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Laptop Tray/ Foto: Pinterest.com

Tidak ada meja bukanlah masalah besar. Kamu bisa beli laptop tray untuk dijadikan alternatif pengganti.

Hindari menaruh laptop di atas paha atau bantal karena akan memberikan efek pada kesehatan dan membuat laptop cepat panas. Produk ini memiliki permukaan datar untuk meletakkan laptop atau notebook serta buku yang diperlukan untuk bekerja. Tray juga memiliki banyak ukuran, jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Beli peralatan minum yang anti tumpah

Memilih tempat minum yang anti tumpah akan menghindari air terkena perangkat elektronik.
Alat Minum Anti Tumpah/ Foto: Pinterest.com

Sesibuk-sibuknya bekerja, kebutuhan mineral tubuh harus tetap terpenuhi. Kebanyakan orang biasanya ingin minum kopi, teh, atau air lemon saat bekerja, jadi peralatan minum penting disiapkan.

Kamu bisa membeli peralatan minum yang anti tumpah agar bisa diletakkan di samping laptop dan tidak perlu untuk terlalu banyak bergerak. Memilih tempat minum yang anti tumpah akan mencegah air tumpah di atas laptop dan tempat tidur.

Pastikan untuk tetap bergerak

Berguna untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang serta menjaga aliran darah.
Tetap Bergerak/ Foto: Freepik.com

Seperti halnya duduk di kursi kerja sepanjang hari, duduk bekerja di atas kasur juga membuatmu harus tetap bergerak. Duduk dalam waktu lama akan berdampak pada kesehatan. Sebaiknya bangun dan bergerak setiap setengah jam hingga dua jam sekali. Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang serta menjaga aliran darah.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id