sign up SIGN UP

LIFE

Dilarang Berpuasa, Ini 3 Amalan yang Dianjurkan di Hari Tasyrik

Octaviani | Kamis, 22 Jul 2021 18:15 WIB
Dilarang Berpuasa, Ini 3 Amalan yang Dianjurkan di Hari Tasyrik
caption

Hari Tasyrik adalah tiga hari setelah Hari Raya Idul Adha, tepatnya pada tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah. Hari Tasyrik ini merupakan hari di mana umat Islam merayakan kemenangan dengan makan dan minum, serta dilarang untuk melaksanakan ibadah puasa.

Berdasarkan sebuah hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah r.a.:"Bahwasanya Rasulullah saw. mengutus Abdullah Bin Hudzafah berkeliling Mina untuk menyampaikan: Janganlah kamu berpuasa pada hari ini, karena ia merupakan hari makan minum dan mengingat Allah Azza wa Jalla." (HR. Ahmad).

Setelah tanggal 13 Dzulhijjah, baru umat Islam diperbolehkan untuk melaksanakan puasa sunnah maupun qadha seperti biasa lagi. Adapun beberapa amalan pada Hari Tasyrik yaitu:

1. Menyembelih Hewan Kurban

Adapun bagi umat Islam yang mampu dianjurkan untuk berkurban hewan sesuai ketentuannya. Menyembelih hewan kurban tidak hanya pada saat di hari Raya Idul Adha saja, tapi masih diperbolehkan untuk menyembelih hingga akhir hari tasyrik atau ketika terbenam matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah.

Setelah itu daging hewan kurban tersebut dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Hal ini bertujuan agar mereka juga bisa menikmati hidangan dari daging kurban tersebut.

Menyembelih hewan kurban
Menyembelih hewan kurban/freepik.com/aleksandarlittlewolf

2. Memperbanyak Doa dan Dzikir

Pada waktu ini dianjurkan untuk lebih perbanyak doa dan dzikir. Terlebih ketika pandemi seperti sekarang ini, perbanyak doa agar pandemi ini segera berakhir dan doakan kebaikan untuk semua sanak saudara semuanya agar selalu dalam lindungan Allah SWT. Hal ini karena kemuliaan hari tasyrik, maka termasuk dalam waktu mustajab untuk memanjatkan doa dan ampunan.

3. Menyantap Hidangan dan Senantiasa Bersyukur

Saat Idul Adha, kita semua diberikan kenikmatan makanan dan minuman, oleh sebab itu adanya larangan untuk berpuasa di hari Tasyrik agar kita bisa menikmati hidangan tersebut. Dan kita juga dianjurkan untuk lebih memperbanyak lagi rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan.

Mensyukuri nikmat
Mensyukuri nikmat/freepik.com/freestockcenter

Sebagaimana dalam hadist disebutkan “Hari Tasyrik adalah hari makan, minum, dan banyak mengingat Allah.” (HR. Muslim, Ahmad, Abu Daud, Nasa’i).

Walaupun masa PPKM yang diperpanjang, kamu tetap bisa merayakan hari raya bersama keluarga tercinta di rumah sambil menyantap berbagai hidangan, Beauties!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id