sign up SIGN UP

Dilarang Mudik, Ini Hal yang Dirindukan Anak Rantau saat Ramadan

Rima WK | Kamis, 22 Apr 2021 14:30 WIB
Dilarang Mudik, Ini Hal yang Dirindukan Anak Rantau saat Ramadan
caption
Jakarta -

Pemerintah Republik Indonesia melarang mudik pada libur Lebaran Idul Fitri pada 6-7 Mei 2021. Ini diputuskan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 dan mencegah penularan Covid-19.

Hal ini membuat para perantau sedih dan merindukan menghabiskan akhir-akhir Ramadan dan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. Tak sedikit perantau pun merindukan momen-momen kebersamaan yang biasa dihabiskan selama mudik ke kampung halaman. 

Sahur dan Buka Puasa Bersama

Makan Bareng Keluarga.
Makan Bareng Keluarga/Sumber/pinterest/thegreenplate

Sahur dan buka puasa bersama menjadi momen yang dirindukan ketika pulang ke kampung halaman. Tak hanya saat berkumpul bersama anggota keluarga, tetapi juga hal-hal kecil lainnya.

Seperti, saat-saat dibangunkan oleh orang tua untuk sahur dan menyiapkan makanan bersama baik sahur dan buka puasa. Selain itu juga momen berbagi makanan dan juga bercengkrama saat makan bersama keluarga.

Ibadah Bersama Keluarga

Ibadah bersama keluarga.
Ibadah bersama keluarga/Sumber/Pinterest/Abdul Wahab Ali.

Beberapa ibadah saat bulan Ramadan bisa dilakukan bersama keluarga seperti salat Tarawih berjamaah dan tadarus membaca Alquran. 

Mengingat saat ini masih di tengah pandemi, kedua kebiasaan tersebut menjadi momen untuk mendekatkan diri dengan keluarga dengan cara beribadah di rumah saja. Hal-hal kecil pun menjadi sangat bermakna seperti sekedar menyiapkan peralatan salat an berdiskusi tentang agama bersama.

Reunian Bareng Teman-teman Lama

Makan malam bersama.
Makan malam bersama/Sumber/Pinterest/stylemepretty.

Selain jadi momen berkumpul dengan keluarga, mudik juga jadi kesempatan untuk bertemu teman-teman lama di kampung halaman. Bahkan, bulan Ramadan sering dijadikan momen reunian saat buka puasa bersama. 

Meski begitu, beberapa cara bisa dilakukan dari jarak jauh saat ini. Seperti dengan mengirim pesan atau melakukan video call bersama teman-teman lama untuk saling menyapa dan membagi kabar.

Buat Kue Lebaran Bareng 

Membuat kue bersama teman-teman.
Membuat kue bersama teman-teman/Sumber/Pinterest/anglesfoodstyle

Beberapa hari jelang Hari Raya Idul Fitri biasanya menjadi hari-hari menyenangkan berada di dapur. Yup! Untuk menyiapkan kue lebaran dan sederet makanan-makanan yang akan disajikan di meja makan. 

Momen-momen ini kesempatan emas buat kamu yang suka baking, karena tak hanya membuat kue lebaran tapi juga menyiapkan bahan-bahannya sejak pembelian hingga menjadi kemasan kue dalam toples pun dapat memberikan kepuasan sendiri, lho.

Meski tidak bisa mudik, mungkin empat momen di atas bisa kalian atasi dari jarak jauh atau dengan teman-teman terdekat saat ini. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id