sign up SIGN UP

Diwajibkan Selama PPKM Darurat, Begini Cara Membuat STRP

Retno Wulandari | Selasa, 06 Jul 2021 20:15 WIB
Diwajibkan Selama PPKM Darurat, Begini Cara Membuat STRP
caption

PPKM Darurat sudah diterapkan sejak tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 mendatang. Selama masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Darurat ini, hampir seluruh sektor pekerjaan dilakukan secara Work From Home (WFH), kecuali sektor esensial dan sektor kritikal.

Oleh sebab itu, Provinsi DKI Jakarta memberlakukan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) selama PPKM darurat. Apa dan bagaimana cara membuat STRP? Berikut penjelasannya.

Cara membuat strp selama ppkm darurat
Ilustrasi cara membuat STRP selama ppkm darurat/ Foto: Pexels/Pixabay

Selama PPKM Darurat, Provinsi DKI Jakarta akhirnya memberlakukan STRP untuk keluar-masuk Jakarta. STRP alias Surat Tanda Registrasi Pekerja merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh para pekerja di sektor esensial, seperti bidang keuangan dan perbankan, komunikasi dan IT, perhotelan non-penanganan karantina covid-19, pasar modal, serta industri orientasi ekspor.

Selain sektor esensial, STRP juga diberlakukan untuk para pekerja sektor kritikal, seperti bidang kesehatan, keamanan, energi, logistik, transportasi, industri makanan, minuman, dan penunjangnya, petrokimia, semen, objek vital nasional, penanganan bencana, proyek strategis nasional, konstruksi, utilitas dasar (listrik dan air), serta industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

Untuk perorangan dengan kebutuhan mendesak, seperti kunjungan sakit, kunjungan duka atau antar jenazah, hamil atau bersalin, pendamping ibu hamil atau bersalin juga diwajibkan memiliki STRP selama PPKM Darurat. Jika para pekerja dan perorangan yang disebutkan di atas tidak memiliki STRP untuk keluar-masuk Jakarta, maka akan diberhentikan oleh petugas.

Cara Membuat STRP

Cara membuat strp selama ppkm darurat
Ilustrasi cara membuat strp selama ppkm darurat/ Foto: Pexels/Anastasia Shuraeva

Untuk para pekerja di sektor esensial dan kritikal serta seseorang yang memiliki kebutuhan mendesak, STRP jadi dokumen penting agar bisa keluar-masuk Jakarta. Karena baru saja diberlakukan, masih banyak warga Jakarta yang bingung bagaimana mekanisme dan cara membuat STRP. Seperti yang dirangkum dari unggahan akun Instagram @dkijakarta, berikut cara membuat STRP:

Persyaratan Registrasi untuk Pekerja Sektor Esensial dan Kritikal

  • Pekerja sektor esensial dan kritikal yang melakukan perjalanan dinas dan rutinitas kantor wajib mengajukan STRP dengan melampirkan KTP pemohon.
  • Surat tugas dari perusahaan (rombongan dapat melampirkan nama, nomor KTP, pas foto, alamat tempat tinggal, dan alamat yang dituju).
  • Sertifikat vaksin (masa transisi 1 minggu dari diumumkan atau surat pernyataan vaksin dalam waktu dekat).
  • Foto: 4x6 berwarna (rombongan wajib melampirkan di lampiran surat tugas).

Persyaratan Registrasi untuk Perorangan dengan Kebutuhan Mendesak

  • Mengajukan KTP pemohon
  • Sertifikat vaksin (masa transisi 1 minggu dari diumumkan atau surat pernyataan vaksin dalam waktu dekat).
  • Foto 4x6 berwarna.

STRP dikecualikan bagi Kementerian atau Lembaga dari instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah, seperti TNI/POLRI. Selain itu, instansi lainnya seperti Bank Indonesia, OJK, Pengantaran Gas Oksigen, dan Lembaga lain yang sejenis juga tidak diwajibkan memiliki STRP atau Surat Tanda Registrasi Pekerja.

Cara membuat strp selama ppkm darurat
Ilustrasi cara membuat strp selama ppkm darurat/ Foto: Pexels/Thirdman

Mekanisme

  1. Pemohon STRP diminta melakukan pendaftaran STRP secara online melalui jakevo.jakarta.go.id.
  2. Pemohon harus mengisi formulir yang tersedia dan mengunggah berkas yang diperlukan. Setelah itu, berkas akan diverifikasi oleh UP Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP).
  3. Pemohon diminta untuk menunggu penerbitan STRP yang diterbitkan oleh DPMPTSP dan dapat diunduh pada situs tersebut, sehingga pemilik STRP cukup menunjukkan QR code melalui smartphone ke petugas di lapangan.

Itulah penjelasan seputar STRP alias Surat Tanda Registrasi Pekerja yang wajib dimiliki oleh pekerja esensial dan kritikal, serta seseorang yang memiliki kebutuhan mendesak untuk bisa keluar-masuk Jakarta.

Buat kamu yang termasuk ke dalam kategori tersebut, jangan lupa untuk membuat STRP ya, Beauties.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id