sign up SIGN UP

LIFE

Fresh Graduate, Ini 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Tunggu Panggilan Kerja

Octaviani | Senin, 19 Jul 2021 07:00 WIB
Fresh Graduate, Ini 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Tunggu Panggilan Kerja
Hal yang bisa dilakukan fresh graduate sambil menunggu pekerjaa/freepik.com/drobotdean

Setelah melewati bangku kuliah, kebanyakan dari harapan setiap fresh graduate adalah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat di perusahaan yang diimpikan.

Namun, biasanya tidak semudah itu juga untuk langsung mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Terlebih dalam situasi covid19 seperti sekarang ini dan pemerintah masih memberlakukan PPKM. Tampaknya kamu perlu sedikit bersabar untuk mewujudkan hal itu.

Sambil menunggu untuk mendapatkan pekerjaan, ada beberapa kegiatan positif yang bisa kamu lakukan, Beauties! Bahkan menjadi nilai plus tersendiri saat kamu resmi kerja nantinya. Simak di bawah ini, yuk!

Mengikuti Kursus Sesuai Minat dan Bakat

Suka memasak, bermain musik, berbahasa asing atau design graphic? Nah, manfaatkan waktu luang untuk memperdalam minat dan bakat kamu. Siapa tahu ilmu yang didapatkan mendukung untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Saat ini kamu bisa temukan beberapa kursus-kursus dengan metode pembelajaran secara online dan gratis, lho.

mengikuti kursus online
Mengikuti kursus online/freepik.com

Membangun Koneksi yang Luas

Kamu bisa bergabung dengan suatu komunitas untuk mendapatkan ilmu dan pertemanan yang luas. Memiliki jaringan pertemanan yang luas akan memperbesar peluangmu untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Misalnya, jika kamu mencari pekerjaan di bidang social media, kamu bisa mencari dan bergabung dengan komunitas/grup pecinta dunia digital. Selain menambah teman, wawasan kamu juga bisa bertambah.

Membangun koneksi yang luas
Membangun koneksi yang luas/freepik.com

Carilah Pekerjaan Paruh Waktu/Magang

Daripada berdiam diri menunggu panggilan pekerjaan, ada baiknya jika kamu sambil mencari pekerjaan paruh waktu/freelancer. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga pekerja lepas secara online.

Dengan waktu yang lebih fleksibel, kamu pun sudah bisa mendapatkan income, lho. Siapa tahu, jika kerjamu bagus, perusahaan tersebut akan mempertimbangkanmu untuk menjadi full time employee. Selain itu, sebagai fresh graduate, hal ini bisa menambah pengalaman untuk bekal di dunia kerjamu nanti. 

Ajak Temanmu untuk Buka Usaha

Sambil menunggu mendapatkan pekerjaan, tidak ada salahnya kamu membuka usaha sendiri. Ajaklah temanmu yang memiliki pemikiran dan minat yang sama. Tidak perlu usaha yang langsung besar, cobalah menjalani usaha kecil-kecilan dulu.

Siapa tahu, usahamu malah semakin besar. Jadi kamu tidak perlu susah payah untuk mencari pekerjaan lagi.

Membuka bisnis bersama teman
Membuka bisnis bersama teman/pexels.com/ketutsubiyanto

Bagaimana, Beauties? Daripada berdiam diri dan menimbulkan pikiran negatif, sebaiknya manfaatkan waktumu dengan hal yang berguna, bahkan berdampak positif juga. Atau ada ide kegiatan lain? Boleh share di kolom komentar ya.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id