sign up SIGN UP

Kiat Tetap Produktif Selama Gap Year di Masa Pandemi

Retno Wulandari | Minggu, 11 Jul 2021 08:30 WIB
Kiat Tetap Produktif Selama Gap Year di Masa Pandemi
caption

Gap year merupakan masa-masa ketika seseorang memutuskan untuk menunda kuliah, sehabis lulus sekolah. Umumnya waktu kosong ini bisa setahun, atau sampai ia mendapat kesempatan untuk kuliah.

Kondisi pandemi seperti sekarang pun juga jadi salah satu alasan beberapa orang mengambil keputusan ini. Buat kamu yang mengambil gap year, nggak perlu insecure, sebab ini merupakan kesempatan untuk melakukan hal yang kamu suka, bebas dari rutinitas yang melelahkan dan melatih kemampuan untuk mengambil keputusan.

Selain itu, ada banyak kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu kosong tersebut agar lebih bermanfaat. Apa saja? Simak kiat produktif selama gap year berikut ini!

1. Mencari Pekerjaan

Kiat produktif selama gap year
Kiat produktif selama gap year dengan mencari pekerjaan/ Foto: Freepik/Tirachardz

Buat kamu yang baru lulus dan sudah mendapatkan ijazah, manfaatkanlah ijazah tersebut untuk mencari pekerjaan. Nggak perlu takut, saat ini sudah banyak lowongan pekerjaan yang bisa dilakukan dengan sistem WFH atau Work From Home selama pandemi. Jika minim pengalaman, kamu bisa memulai karir sebagai internship atau bahkan freelancer.

Khusus untuk internship atau freelancer, biasanya tidak membutuhkan banyak persyaratan. Kamu hanya perlu menyediakan laptop, koneksi internet yang baik, dan tanggung jawab menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Selain membuat kamu lebih produktif dan menambah pengalaman kerja, kiat ini juga membuat kamu bisa mendapatkan penghasilan sendiri hanya dari rumah

2. Mengikuti Kegiatan Volunteer

Kiat produktif selama gap year
Kiat produktif selama gap year dengan mengikuti volunteer/ Foto: Freepik/Tirachardz

Kiat produktif selama gap year yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah mengikuti kegiatan volunteer atau juga biasa disebut dengan kerja sukarela. Yup, seperti namanya, kegiatan ini nggak mendatangkan penghasilan tapi masih ada manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Misalnya, membentuk skill baru, menambah wawasan, memiliki banyak relasi, dan lainnya. Kesimpulannya, kegiatan volunteer ini dapat mengajarkanmu banyak hal.

3. Mengikuti Webinar

Kiat produktif selama gap year
Kiat produktif selama gap year dengan mengikuti webinar/ Foto: Freepik/Tirachardz

Sejak pandemi berlangsung, kegiatan seminar nggak hanya diadakan di dunia perkuliahan saja, Beauties. Saat ini, kamu lebih mudah menemukan seminar online atau webinar menarik yang tentu saja mudah diakses di mana saja. Kegiatan ini sangat bermanfaat selama gap year, karena kamu bisa mendapatkan pengetahuan baru, relasi baru, bahkan skill baru.

Melalui webinar ini, kamu akan mendapatkan sertifikat sebagai peserta. Semakin banyak kamu mengikuti webinar, maka semakin banyak sertifikat yang kamu miliki. Ini juga menandakan bahwa kamu merupakan seseorang yang ingin terus belajar, memperbanyak relasi, dan meningkatkan skill yang kamu miliki. Selain itu, sertifikat yang kamu miliki juga bisa jadi bahan pertimbangan perekrut saat kamu melamar pekerjaan.

4. Mengikuti Kursus Online

Kiat produktif selama gap year
Kiat produktif selama gap year dengan mengikuti kursus online/ Foto: Freepik/Tirachardz

Selain seminar, saat ini kursus online juga sangat populer dan mudah ditemui. Dari banyaknya kursus online yang ditemui, pilihlah kursus atau kelas online yang sesuai dengan minat atau passion kamu, Beauties. Misalnya, kamu suka Kpop, maka pilihlah kursus atau kelas online yang berkaitan dengan budaya Korea mulai dari bahasa Korea, fashion, perfilman, dan lainnya. Tidak hanya menyenangkan, melalui kegiatan ini pengetahuan kamu juga semakin bertambah.

5. Menekuni Hobi

Kiat produktif selama gap year
Kiat produktif selama gap year dengan menekuni hobi/ Foto: Freepik/Yokaew

Kiat produktif selama gap year terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menekuni hobi. Dengan menekuni hobi, kamu juga bisa menemukan banyak peluang untuk karir kamu nantinya. Selain itu, menekuni hobi juga bisa membuat kamu lebih rileks setelah melakukan kegiatan produktif selama seharian.

Buat kamu yang mengambil waktu luang untuk mendapat kesempatan kuliah di perguruan tinggi favorit, jangan lupa untuk tetap belajar mengerjakan soal-soal dan menghapal materi. Jadikan belajar sebagai prioritas dan jangan jadikan kegiatan produktif selama gap year lainnya sebagai penyebab kamu malas untuk belajar.

Nah, itulah 5 kiat produktif selama gap year yang bisa kamu lakukan meskipun di rumah saja, Beauties. Yuk, isi waktu luang kamu dengan melakukan kegiatan-kegiatan produktif di atas! Atau kalau kamu punya ide seru lainnya, bagikan di kolom komentar, ya!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id