sign up SIGN UP

LIFE

Good Girl Syndrome, Apakah Kamu Termasuk?

Anastasia Martina | Selasa, 06 Apr 2021 22:00 WIB
Good Girl Syndrome, Apakah Kamu Termasuk?
caption

Setiap orang tua tentu berharap agar anaknya tumbuh menjadi sosok yang baik hati, mendahulukan orang lain, tidak egois, dan sifat positif lainnya. Maka dari itu, sejak kecil kita sering dinasehati agar menjadi anak yang baik. Sifat seperti ini tentu bukanlah hal yang salah karena kelak sifat positif tersebut akan membantunya beradaptasi di lingkungan sekitarnya. Maka, berbuat baik dan menyenangkan hati orang lain menjadi keharusan.

good girl syndrome
good girl syndrome/photo by valeria zoncoll on unsplash

Namun, yang menjadi masalah adalah ketika sikap menyenangkan orang lain ini berubah menjadi tuntutan dan kewajiban. Perlahan, kamu merasa harus terus menyenangkan orang lain agar merasa diterima di lingkungan. Lama-kelamaan, kamu juga akan sulit berkata tidak karena takut mengecewakan orang lain. Kamu pun mulai tidak merasa bahagia karena dituntut untuk berbuat baik kepada semua orang. Perasaan takut mengecewakan orang lain ini menjadi salah satu dari gejala good girl syndrome.

Apa itu good girl syndrome?

apa itu good girl syndrome
apa itu good girl syndrome/photo by allan mas on pexels

Good girl syndrome adalah sebuah kondisi mental di mana seseorang takut dipandang buruk di mata orang lain dan takut mengecewakan orang lain sehingga ia berusaha untuk menyenangkan semua orang agar tidak dipandang negatif. Kondisi ini lebih sering dialami oleh anak perempuan.

Dilansir dari situs Psychology Today, sebuah penelitian dari Stanford University menyebutkan bahwa perempuan diidentikkan dengan sifat-sifat, seperti hangat, penuh semangat, penuh kasih sayang, dan loyal. Sedangkan laki-laki diasosiasikan sebagai pribadi yang mandiri, dominan, dan asertif. Intinya, perempuan lebih disukai apabila ia bersifat lemah lembut sedangkan laki-laki lebih disukai jika ia bersifat kuat.

Ciri-ciri gejala good girl syndrome

ciri-ciri good girl syndrome
ciri-ciri good girl syndrome/photo by william fortunato on pexels

Salah satu gejala good girl syndrome adalah terus menerus harus menyenangkan orang lain agar orang lain tidak merasa kecewa. Tak jarang, kamu juga menyimpan pendapatmu sendiri dan mengikuti pendapat orang lain walaupun itu bertentangan dengan keinginanmu. Selain gejala ini, ini dia tiga gejala lainnya dari good girl syndrome.

Takut berkata tidak kepada orang lain

Karena takut mengecewakan orang lain, kamu pun cenderung mengiyakan permintaan orang lain walaupun sebenarnya kamu merasa tidak nyaman. Bagimu yang terpenting adalah orang lain merasa bahagia dan kamu pun akhirnya melupakan kebahagiaanmu sendiri.

Tidak berani mengungkapkan keinginan atau pendapat

Kamu terbiasa mengiyakan keinginan serta mengikuti pendapat orang lain sehingga kamu mengabaikan pendapatmu sendiri. Jika kamu memilikinya, sebisa mungkin kamu memendamnya agar tidak terjadi konflik.

Cenderung menghindari konflik dan kritik

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, dengan menuruti permintaan dan menyenangkan orang lain terus menerus, kamu akan terhindar dari konflik. Padahal justru terkadang konflik dibutuhkan untuk perkembangan pribadi dan kedewasaan

Dampak dari good girl syndrome

dampak dari good girl syndrome
dampak dari good girl syndrome/photo by pixabay on pexels

Good girl syndrome dapat membawa dampak yang tidak baik bagi perkembangan pribadi dan kesehatan mental. Inilah dua dampak yang ditimbulkan dari good girl syndrome:

Dipenuhi rasa takut

Sehari-hari kamu dituntut untuk menyenangkan semua orang dan menyanggupi semua keinginan mereka. Jika kamu menolaknya, maka kamu akan merasa bersalah. Seringkali sifat ini bisa dimanfaatkan oleh orang lain agar dapat memenuhi keinginan mereka. Selain itu, kamu juga akan rentan dimanipulasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Menjadi pribadi yang naif

Kita jadi berpikir bahwa semua orang memiliki sifat yang sama dengan kita. Padahal di dunia ini, ada banyak sekali manusia dengan beragam karakter. Sifat naif ini dapat membuat kita mengalami culture shock dan sulit beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Tak hanya itu, kamu akan tidak terbiasa menghadapi konflik.

Bagaimana cara mengatasi good girl syndrome?

mengatasi gejala good girl syndrome
mengatasi gejala good girl syndrome/photo by isaiah rustad on unsplash

Jika kamu mengalami salah satu dari gejala good girl syndrome, belum terlambat kok untuk berubah. Kamu bisa mengatasi good girl syndrome dan jadi pribadi yang lebih kuat dengan menerapkan tips-tips berikut!

Ketahui apa yang kamu inginkan

Setelah itu, coba melakukan introspeksi untuk mengetahui apa yang kamu sukai dan inginkan serta prinsip yang kamu pegang. Hal ini agar kamu tidak mudah digoyahkan oleh situasi sekitar.

Latih diri untuk berani speak up dan berkata tidak pada orang lain.

Kamu perlu berlatih memberanikan diri untuk speak up atau mengutarakan pendapatmu kepada orang lain. Kamu juga perlu mengomunikasikan jika kebetulan kamu tidak punya waktu untuk menolong orang lain. Ini penting agar orang lain mengetahui kondisimu serta mengetahui apa yang kamu suka dan tidak.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id