sign up SIGN UP

LIFE

Hidup Lebih Ramah Lingkungan dengan 5 Hal Berikut!

Meydiana Adinda | Kamis, 18 Feb 2021 07:00 WIB
Hidup Lebih Ramah Lingkungan dengan 5 Hal Berikut!
caption

Hidup dengan lebih memedulikan lingkungan tentu menjadi hal yang wajib kita lakukan sebagai penghuni bumi, Ladies. Hingga saat ini, akibat kelalaian manusia, kita sudah memiliki banyak masalah lingkungan seperti pemanasan global, pencemaran lingkungan, dan lain-lain.

Jika masalah-masalah ini berlanjut, tentu kita akan rugi sendiri karena rusaknya bumi sebagai rumah kita. Maka dari itu, secara pribadi kita juga mesti berkontribusi untuk lebih peduli lingkungan. Nah, untuk hidup lebih ramah lingkungan, Ladies bisa coba biasakan 5 hal sederhana berikut, ya!

1. Kumpulkan Wadah Bekas Kosmetik

Daur ulang wadah bekas kosmetik agar tidak menambah sampah
Wadah Bekas Skincare/pinterest.com/greenbymercy

Jika produk skincare atau make up sudah habis, jangan buru-buru membuang wadahnya ke tempat sampah. Coba kumpulkan wadah ini dan pilah kembali, jika ada yang bisa dimanfaatkan kembali, Ladies coba daur ulang sendiri.

Opsi lainnya, Ladies bisa “membuang” wadah ini ke organisasi yang mendaur ulang dan mengelola sampah. Sudah banyak organisasi di Indonesia yang fokus pada permasalahan lingkungan termasuk pengelolaan sampah, lho. Ayo cari tau tempat daur ulang sampah di lingkungan sekitar, Ladies!

2. Gunakan Pembalut Kain yang Dapat Dipakai Berulang

Menggunakan permbalut kain yang dapat dipakai berulang akan mengurangi jumlah sampah
Pembalut Kain/pinterest.com/wrymmanaanantakul

Pernah berpikir sampah pembalut yang kita buang setiap periode menstruasi dapat menimbulkan masalah lingkungan? Selain jumlah sampah pembalut yang tinggi, zat kimia pada pembalut seperti klorin dapat membawa masalah pada lingkungan, lho.

Jika sudah mulai khawatir akan masalah ini, Ladies bisa gunakan pembalut kain sebagai alternatifnya. Dengan pembalut kain yang dapat dipakai berulang, Ladies bisa menjadi ramah terhadap lingkungan.

3. Gunakan Reusable Cotton Pads

Kurangi sampah kapan dengan menggunakan reusable cotton pads
Reusable Cotton Pads/pinterest.com/schereleimpapier

Selain pembalut, ada juga sampah lain yang rutin kita buang, yaitu cotton pads atau kapas wajah. Melihat masalah ini, sudah banyak perusahaan yang berinisiatif membuat reusable cotton pads, lho. Sekarang, saatnya kita yang berinisiatif untuk mengganti kebiasaan kita menjadi lebih ramah lingkungan, Ladies.

4. Membawa Botol Minum dari Rumah

Bawa botol minum sendiri untuk kurangi limbah botol plastik
Botol Minum/pinterest.com/apartmenttherapy

Kebiasaan baru yang dapat kita terapkan selanjutnya adalah dengan membawa botol minum sendiri, Ladies. Untuk mengurangi limbah botol plastik, Ladies bisa membiasakan membawa air minum dengan botol sendiri. Serta, bisa juga dengan menggunakan tumbler sendiri untuk membeli minuman dari coffee shop kesayanganmu, Ladies.

5. Selalu Bawa Shopping Bag

Selalu bawa shopping bag untuk kurangi limbah kantong plastik
Shopping Bag/pinterest.com/wunderleelyshop

Kebiasaan terakhir adalah dengan membiasakan diri membawa shopping bag dari rumah. Hal ini akan mengurangi penggunaan kantong plastik yang tidak ramah lingkungan. Biasakan terus bawa shopping bag ya, Ladies. Jangan sampai setiap belanja kita membeli shopping bag baru, lho.

Jadi, itu dia lima kebiasaan baik yang dapat kita lakukan agar lebih ramah lingkungan. Dengan mencintai lingkungan berarti kita menjaga rumah kita sendiri, Ladies. Semoga bermanfaat, ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id