sign up SIGN UP

LIFE

Inilah Alasan Kenapa Bulu Ketiak Tak Bisa Tumbuh Sepanjang Rambut

Izzul Millati Umami | Sabtu, 08 Aug 2020 07:30 WIB
Inilah Alasan Kenapa Bulu Ketiak Tak Bisa Tumbuh Sepanjang Rambut
caption
Jakarta -

Ladies, bulu rambut tak hanya bertumbuh di kepala saja. Namun, bulu rambut bisa tumbuh di beberapa bagian tubuh seperti di wajah, telinga, punggung, kaki, tangan, sekitar alat kemaluan, dan ketiak. Pertumbuhan bulu di setiap bagian tubuh berbeda-beda, ladies. Termasuk, bulu ketiak yang tak bisa tumbuh panjang seperti rambut di kepala. Ladies, dalam folikel atau struktur tempat tumbuhnya rambut dan bulu memiliki 2 fase yaitu fase pertumbuhan dan fase istirahat. Di tiap bagian tubuh folikel akan mengalami fase pertumbuhan dan fase istirahat yang berbeda.

Fase istirahat adalah pertumbuhan bulu akan berhenti dalam jangka waktu tertentu. Bulu ketiak sendiri memiliki fase istirahat yang cukup lama sehingga membuat pertumbuhannya sangat lambat bahkan ukurannya pun mandeg. Nah, pertumbuhan bulu ketiak memang hanya diprogram selama beberapa bulan saja setelahnya akan berhenti.

Meski ukuran panjang bulu ketiak hanya sebegitu saja, namun  beberapa tahun belakangan tren memanjangkan bulu ketiak diminati, loh. Namun, masih banyak wanita yang merasa risih dan terganggu jika memiliki bulu ketiak yang lebat. Untuk menunjang penampilan, salah satu cara yang dilakukan adalah mencukur bulu ketiak. Selain itu, mencukur bulu ketiak dianggap dapat menghindarkan ladies dari masalah bau badan. Saat mencukur bulu ketiak masalah yang kerap muncul adalah ketiak menjadi hitam dan cepat tumbuh kembali.

Berikut 4 cara menghilangkan bulu ketiak:

Kapur Sirih

Kapur sirih mengandung zat kanivol, karkavol, kadinen, dan zat samak yang baik untuk kesehatan dan perawatan kecantikan. Karena kandungan tersebut, kapur sirih bersifat panas sehingga dapat merontokkan dan mengurangi bulu ketiak. Namun, baiknya ladies berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika sensitif terhadap panas. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan air kapur sirih 1 sdm dengan air lemon dan oleskan pada ketiak selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Jeruk Nipis/Sumber:Pixabay.com

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang dapat mencerahkan ketiak. Tak hanya itu saja, jeruk nipis dipercaya berkhasiat untuk merontokkan dan menghilangkan bulu ketiak. Cukup dengan mengoleskan beberapa potong jeruk nipis dan gosokkan ke area ketiak. Untuk hasil maksimal lakukan rutin setiap hari.

Lemon dan Mentimun

Buah Mentimun
Buah Mentimun/Sumber:Pixabay.com

Ladies, lemon dan mentimun dapat menghilangkan dan merontokkan bulu ketiak. Hanya dengan memarut mentimun lalu peras dan dicampur dengan air lemon. Oleskan pada ketiak, kemudian balurkan secara merata dan diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air hangat.

Krim Perontok

Krim Perontok
Krim Perontok/Sumber:Pixabay.com

Beberapa orang menggunakan cara instan untuk merontokkan bulu ketiak. Salah satunya dengan mengoleskan krim perontok untuk menghentikan pertumbuhan bulu ketiak. Namun, waspada ladies, penggunaan krim perontok dapat mengakibatkan efek samping jika dipakai secara berlebihan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id