sign up SIGN UP

LIFE

Inspirasi Bangunan Rumah yang Cocok di Perkotaan

aqillahdiaz | Senin, 05 Apr 2021 17:30 WIB
Inspirasi Bangunan Rumah yang Cocok di Perkotaan
caption
Jakarta -

Rumah mikro adalah rumah minimalis dan mungil yang saat ini cocok untuk dijadikan solusi sebagai tempat tinggal bagi kalian yang memiliki lahan terbatas di perkotaan. Harga rumah yang tiap tahunnya terus meningkat, memunculkan inovasi baru yakni rumah mikro. Salah satu negara yang sudah membuat inovasi ini adalah Jepang. Permintaan rumah mikro di Jepang cukup banyak. Hal ini dikarenakan harga properti dan pajak, serta kelangkaan tanah semakin meningkat. 

rumah mikro di Jepang (sumber : tribunnews.com)
rumah mikro di Jepang (sumber : tribunnews.com)

Di Indonesia sendiri, terutama di perkotaan, lahan untuk bangunan rumah juga sudah semakin sedikit. Oleh karena itu, rumah mikro juga dapat menjadi solusi bagi kalian. Meskipun terlihat kecil, namun rumah mikro bisa sangat menarik dan terlihat keren. Yuk, intip rumah mikro yang bisa kalian jadikan referensi.

Rumah Mikro Minimalis

rumah mikro minimalis (sumber : pinterest.com/dekorrumah)
rumah mikro minimalis (sumber : pinterest.com/dekorrumah)

Rumah mikro minimalis dengan bentuk geometris dan warna monokromatik ini cocok banget bagi kalian yang ingin memiliki rumah di daerah perkotaan dengan lahan sempit, namun tetap terlihat keren. Paduan warna dan bentuk rumah ini membuat rumah terlihat sangat simple dan kece. Tambahan tumbuhan di balkon juga membuat rumah terlihat lebih sejuk.

Rumah Mikro Tingkat Empat

rumah mikro tingkat tiga (sumber : pinterest.com/kientrucmoi)
rumah mikro tingkat empat (sumber : pinterest.com/kientrucmoi)

Nah, rumah mikro tingkat ini terlihat sangat lucu bukan? Dengan memanfaatkan lahan yang ada kalian tetap bisa lho memiliki rumah tingkat, bahkan bisa sampai tingkat empat. Untuk tingkat paling bawah biasanya digunakan sebagai garasi mobil atau motor. Untuk ruang tidur, ruang makan, dan ruang tamu bisa pada tingkat dua maupun tiga. Dan untuk tingkat paling atas, biasanya digunakan sebagai balkon dan tentunya ada taman kecil agar rumah juga tetap bisa mendapatkan sirkulasi udara yang bagus dan sejuk.

rumah mikro tingkat (sumber : pinterest.com/flickr)
rumah mikro tingkat (sumber : pinterest.com/flickr)

Ini adalah referensi rumah mikro tingkat lagi, nih. Sama seperti sebelumnya, kalian juga dapat memanfaatkan tiap tingkatan sesuai dengan kebutuhan keluarga ya. Kalian dapat memberikan ventilasi yang lebih besar agar tetap bisa mendapatkan cahaya matahari dan udara yang baik. 

Nah itu tadi beberapa penjelasan menarik mengenai rumah mikro untuk di perkotaan. Kalian bisa banget nih, gunakan referensi ini untuk membangun rumah impian kalian meskipun lahan dan budget-nya terbatas!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id