sign up SIGN UP

LIFE

Bukan Cuma Buat Kamu, Gaya Hidup Hijau Ini Juga Baik Buat Lingkungan

Astari Dewi Larasati | Minggu, 04 Apr 2021 14:45 WIB
Bukan Cuma Buat Kamu, Gaya Hidup Hijau Ini Juga Baik Buat Lingkungan
caption

Demi menjaga kesehatan tubuh, seseorang harus bisa menjaga pola hidup. Dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi hingga berolahraga secara rutin. Sedangkan demi hidup sejahtera, seseorang harus bekerja memenuhi kebutuhan dan menjaga lingkungan sekitar.

Terlepas dari kebutuhan hidup, manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan. Jangan sampai karena ambisi, bumi menjadi tercemar. Terapkan pada diri sendiri terlebih dahulu daripada mengharapkan orang lain. Yuk coba jalani hidup lebih bersih dan lebih hijau dengan cara ini.

Kurangi limbah plastik

Hal termudah dan pertama yang bisa dilakukan adalah menerapkannya pada kegiatan sehari-hari.
Freepik.com

Plastik menjadi penyumbang limbah nomor satu di dunia, maka dari itu kurangilah pemakaian plastik. Hal termudah dan pertama yang bisa dilakukan adalah menerapkannya pada kegiatan sehari-hari.

Contohnya pemakaian botol minum kemasan, sebaiknya pilih botol yang bisa dipakai berkali-kali. Sedangkan saat membeli kopi atau boba favorit bisa pakai tumblr yang dapat digunakan kembali.

Pakai tisu resuable

Lakukan perubahan kecil namun berdampak besar seperti menggantinya dengan tisu resuable.
Freepik.com

Menghapus riasan hingga menyeka permukaan alat rumah tangga dari tumpahan, biasanya memakai kapas atau tisu. Lalu ketika sedang menstruasi akan memakai pembalut. Barang ini hanya sekali pakai dan akan dibuang sehingga menjadi limbah. Untuk menjaga lingkungan, lakukan perubahan kecil namun berdampak besar seperti menggantinya dengan tisu resuable.

Mengomposkan makanan

Cara ini mencegah membuang makanan sisa yang hanya menjadi limbah rumah tangga.
Freepik.com

Pengomposan adalah cara yang bagus untuk mengembalikan bumi kembali asri. Jika tidak memiliki halaman sendiri untuk membuat kompos, bisa melakukannya bersama tetangga. Gunakan kompos untuk tanaman di rumah, maka lihat hasilnya sendiri! Cara ini mencegah membuang makanan sisa yang hanya menjadi limbah rumah tangga.

Lakukan biodegradable

Plastik biodegradable hanya butuh waktu beberapa bulan.
Freepik.com

Saat ini banyak plastik biodegradable yang dijual di pasaran. Ini adalah salah satu solusi pintar untuk mengurangi limbah plastik. Biasanya berbahan dasar tepung seperti tepung singkong, kentang, dan beras. Berbeda dari plastik biasa yang membutuhkan puluh tahun untuk mengurai. Plastik biodegradable hanya butuh waktu beberapa bulan sehingga tidak berakhir menjadi limbah.

Kurangi berbelanja pakaian

Fashion termasuk limbah paling berpolusi di dunia.
Freepik.com

Fashion merupakan salah satu kebutuhan paling penting, khususnya bagi wanita. Sayangnya industri ini termasuk limbah paling berpolusi di dunia. Hal ini disebabkan karena adanya bahan kimia beracun, pewarna, dan limbah tekstil. Maka dari itu, lakukan pengurangan berbelanja pakaian jika tidak terlalu dibutuhkan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id