sign up SIGN UP

LIFE

Jadi Budak Deadline? Ini Life Hack yang Bisa Kamu Terapkan untuk Jaga Kualitas Hidup

Verticallya Yuri S.E Pratiwi | Senin, 22 Feb 2021 14:15 WIB
Jadi Budak Deadline? Ini Life Hack yang Bisa Kamu Terapkan untuk Jaga Kualitas Hidup
Tulisan deadline/Photo by unsplash.com/@markuswinkler Markus Winkler

Deadline yang sering kali mencekikmu, membuat hidupmu terasa tidak tenang, dan semakin hari alih – alih terbiasa, kamu malah merasa semakin stress. Lantas, apakah kamu harus terus hidup seperti itu? Mengabaikan kesehatan dan waktu istirahatmu?

Jawabannya, tentu saja tidak! Kamu memiliki hak untuk menikmati waktu istirahatmu dan harus menjaga kesehatanmu!

Tapi, bagaimana caranya? Tak usah khawari, kamu bisa melakukannya dengan cara-cara berikut ini

Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Air
Segelas air putih di meja/Photo by unsplash.com/@paradox21

Bawa air putihmu, seperti kamu selalu membawa ponsel dan laptopmu ke mana pun. Jangan sampai habis. Kalau perlu kamu stok di dalam kamar berbotol botol air putih, dan jangan lepaskan botolnya dari tasmu.

Dengan ini, setidaknya, kamu dapat mensirkulasikan H2O ke dalam tubuhmu secara rutin dan menghindarkanmu dari ancaman dehidrasi yang menyiksa.

 

Tidur Sebelum Bekerja

Tidur
Seorang perempuan yang tengah tertidur/Photo by unsplash.com/@sasekoGregory Pappas

Percaya deh, dibanding kamu bekerja 1 jam dengan banyak melamun karena tak bisa berpikir, lebih baik kamu tidur 30 menit, lalu dilanjutkan lagi untuk bekerja secara optimal.

Tidur selama dua sampai tiga jam sebelum tidur, akan membuatmu bekerja secara lebih optimal dan efisien. Baik untuk kesehatanmu, maupun pekerjaan atau tugasmu. 

 

Camilan Buah

Buah
Semangkuk buah - buahan segar/Photo by unsplash.com/@__matthoffman__

Jangan biasakan makan junkfood dan camilan berbahan dasar tepung dengan minyak yang membuatmu terancam terkena kolesterol.

Biasakn untuk membawa potongan buah ketika bekerja sebagai kudapan pengganti camilan. Jika merasa repot memotong buah sendiri, beli di supermarket yang sudah dipotong atau dikupas. Paling tidak, kamu bisa makan oatmilk atau roti gandum. Kebiasaan mengonsumsi camilan yang sehat bisa berpengaruh untuk produktivitas kerjamu.

30 Menit Tatap Layar, 5 Menit Tatap Arah Lain

Menatap layar
Seorang pria tengah menatap layar komputernya/Photo by unsplash.com/@jeffgryOğuzhan Akdoğan

Jika kamu deadliner yang diwajibkan menatap layar laptop berjam–jam, maka kebiasaan ini wajib untuk dilakukan. Perkirakan waktu bekerjamu, hitung sekitar 30 menit sekali, kamu harus melepas kaca mata serta tatapan pada layar laptop ke arah lain.

Lebih baik jika melihat tumbuhan segar berwarna hijau, tapi jika tidak ada, setidaknya tatap arah lain selama lima menit, bahkan meski itu hanya sebuah tembok atau hewanpeliharaanmu. Ini akan membantu mengurangi resiko paparan layar elektronik pada matamu terlalu lama.

 

Sempatkan Satu Jam untuk Hal yang Kamu Sukai

tertawa
Seorang perempuan tertawa begitu lebar/photo by unsplash.com/@lightphonicsJamie Brown

Tak hanyakesehatan fisik yang penting, kesehatan jiwamu lebih penting lagi. Jadi, sediakan lah satu jam untuk hal yang kamu sukai setiap harinya. Atau paling tidak, jika kamu memang begitu sibuk, dua jam di waktu weekend untuk lakukan apapun yang kamu sukai!

Entah itu melukis, merajut, menonton film, apapun! Bahkan jika itu satu minggu sekali, itu harus kamu lakukan demi memberi makan jiwamu yang kelelahan.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id