sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Asal, Ini Cara Mencuci Bra dengan Benar Agar Tahan Lama

Astari Dewi Larasati | Kamis, 14 Jan 2021 20:00 WIB
Jangan Asal, Ini Cara Mencuci Bra dengan Benar Agar Tahan Lama
caption
Jakarta -

Tidak seperti pakaian biasa, bra tidak bisa langsung dicuci dengan mesin cuci begitu saja. Sayangnya, sebagian banyak wanita sering tidak memerhatikan lebih teliti dan mencuci bra dengan sembarangan.

Cara terbaik untuk mencuci bra adalah menggunakan tangan. Hindari pengering mesin cuci karena dapat merusaknya. Mulai dari merusak elastisitas hingga merenggangkan bra. Untuk menghindari hal ini terjadi, coba terapkan beberapa cara berikut ini agar bra tahan lama.

Lihat label sebelum mencuci

Pastikan untuk memeriksa label perawatan pada bra sebelum memulai mencuci.
Freepik.com

Pastikan untuk memeriksa label perawatan pada bra sebelum memulai mencuci. Daripada mencuci dengan mesin cuci, cobalah cuci dengan menggunakan tangan. Lalu pakai sedikit deterjen lembut dan gosok secara perlahan. Hindari menggunakan sikat karena bisa mempersingkat usia bra.

Singkirkan noda terlebih dahulu

Singkirkan noda pada bra terlebih dahulu sebelum dicuci.
Pinterest.com/beautyglown

Jika bra mempunyai noda kecil maupun besar, sebaiknya hilangkan terlebih dahulu sebelum dicuci. Cukup gunakan deterjen biasa kemudian gosok secara lembut memakai tangan atau sikat gigi. Setelah noda memudar dan bra bersih, hindari memakai pengering mesin cuci. Lalu segera cuci bra.

Tempatkan bra dengan air dan sabun

Rendam bra dalam ember atau wastafel dengan air hangat dan deterjen.
Pinterest.com/orangelingerie

Pastikan kamar mandi atau wastafel dalam keadaan bersih. Kemudian isi ember atau wastafel dengan air hangat dan deterjen. Rendam bra dan putar sedikit menggunakan tangan untuk memastikan bra basah. Setelah meresap secara menyeluruh, gosok kain bra dengan tangan menggunakan sabun berformula lembut.

Bilas

Pastikan untuk membilasnya hingga bersih  agar tidak ada sabun yang tertinggal.
Pinterest.com/hunker

Setelah bra dibersihkan sepenuhnya, tiriskan air kemudian bilas bra. Pastikan untuk membilasnya hingga bersih agar tidak ada sabun yang tertinggal. Anggaplah ketika sedang keramas agar rambut tidak berketombe dan menyisakan sisa kotoran. Hal ini berlaku juga ketika sedang membilas bra.

Keringkan

Ada beberapa cara untuk mengkeringkan bra, diantaranya pakai handuk hingga jemur.
Pinterest.com/purewow

Ada beberapa cara untuk mengeringkan bra, salah satunya menggunakan handuk. Letakkan bra di atas handuk sehingga air akan menyerap. Namun, harus memastikan bahwa handuk tidak terlalu jenuh dengan air saat bra mengering. Jika tidak bra akan diletakkan di atas handuk basah dan tidak mengering.

Kemudian ada cara lain, yaitu menggantungnya hingga kering. Namun pastikan tidak menggunakan jepitan jemuran ketika menggantung. Karena hal ini akan mengubah bentuk bra ketika kering nanti. Jadi letakkan saja di jemuran khusus dan jauhkan dari pakaian lain. Jangan lupa untuk menjauhi sinar matahari langsung.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id