sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Takut Dibilang Cengeng! Menangis Bisa Memberimu 5 Manfaat Ini

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 28 Apr 2021 19:00 WIB
Jangan Takut Dibilang Cengeng! Menangis Bisa Memberimu 5 Manfaat Ini
caption

Setiap orang pasti pernah menangis. Entah karena sedih, ataupun karena terlalu bahagia. Tapi sayangnya, enggak semua orang mau meluapkan perasaannya. Sebagian besar orang dewasa biasanya menahan diri untuk menangis karena malu. Padahal, menangis memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh lho. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk langsung simak di bawah ini!

Detoksifikasi Tubuh

Manusia memiliki 3 jenis air mata. Pertama, air mata refleks bermanfaat untuk membersihkan kotoran pada mata.
Menangis/freepik.com

Manusia memiliki 3 jenis air mata. Pertama, air mata refleks bermanfaat untuk membersihkan kotoran pada mata. Kedua, air mata yang terus menerus keluar bermanfaat untuk melindungi mata dari infeksi.

Sedangkan air mata emosional, yang biasa dikeluarkan saat sedang sedih maupun bahagia memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebab, air mata emosional mengandung hormone stres dan racun lainnya. Sehingga menangis dapat mengeluarkan hal-hal buruk dari dalam tubuh.

Meningkatkan Suasana Hati

Saat seseorang menangis bahkan hingga terisak, ia akan menghirup banyak udara dingin dengan cepat. Hal ini dapat membantu mengatur dan menurunkan suhu otak. Sebab, otak yang dingin akan memberikan efek menenangkan bagi tubuh dan pikiran daripada otak yang hangat. Kondisi inilah yang membuat seseorang lebih bersemangat dan mood-nya meningkat setelah menangis hingga terisak.

Menghilangkan Rasa Sakit

Selain meningkatkan suasana hati, ternyata menangis dalam waktu yang lama juga dapat melepaskan endorfin lho, Beautynesian.
Menangis/freepik.com

Selain meningkatkan suasana hati, ternyata menangis dalam waktu yang lama juga dapat melepaskan endorfin lho, Beautynesian. Endorfin merupakan zat kimia yang menyebabkan efek mengenakkan untuk membantu meringankan rasa sakit fisik dan emosional. Hal inilah yang menyebabkan seseorang biasanya merasa tenang dan lega setelah selesai menangis.

Mengurangi Stres

Memendam perasaan terkadang bukan menjadi pilihan yang tepat untukmu. Sebab, menahan diri agar tidak menangis justru bisa membuatmu semakin stres lho. Jadi, jangan ragu untuk meluapkan perasaanmu ya, Beautynesian. Dengan begini, otak pun akan merasa lebih tenang dan mengurangi stres. Sehingga, kamu akan merasa lebih lega setelah selesai menangis.

Membantu Mencari Solusi

Nah, ketika kamu sudah mulai tenang dan tidak stres, otakmu juga akan lebih mudah mencari solusi.
Menangis/freepik.com

Nah, ketika kamu sudah mulai tenang dan tidak stres,otakmu juga akan lebih mudah mencari solusi. Biasanya setelah selesai menangis, kamu akan lebih bisa berpikir dengan jernih. Sehingga, kamu bisa mencari dan menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yangmembuatmu bersedih. Jadi, enggak ada salahnya untuk meluapkan perasaan yang sedang kamu rasakan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id