sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Biar Cepat Move On, Ini 6 Tips Hadapi Rasa Sakit Akibat Kena Ghosting

Henny Alifah | Selasa, 16 Mar 2021 12:30 WIB
Biar Cepat Move On, Ini 6 Tips Hadapi Rasa Sakit Akibat Kena Ghosting
caption

Ghosting, tindakan yang secara diam-diam dan tiba-tiba mengabaikan semua pesan dan panggilan untuk berkomunikasi, bisa dibilang adalah cara yang kejam untuk memutus sebuah hubungan.

Oke, pelaku ghosting mungkin bermaksud untuk menghindarkan kedua belah pihak dari konfrontasi atau pertengkaran. Akan tetapi, orang yang kena ghosting pada akhirnya harus menghadapi rasa sakit dan juga kebingungan karena tidak adanya kejelasan mengapa hubungan mereka berakhir.

Meskipun tidak ada strategi yang jitu untuk menghindarkan diri dari kena ghosting, namun ada cara-cara untuk membuat diri jadi lebih baik hingga berhasil move on setelah kena ghosting. Berikut enam di antaranya.

1. Izinkan diri untuk meluapkan emosi

Menangis meluapkan emosi
Tips Move On/ Foto: Pexels.com/Elijah O'Donnell

Dilansir dari The Cut, menyingkirkan perasaan marah atau frustrasi tidak akan membantu seseorang jadi lebih baik, sebagaimana yang dijelaskan oleh Ebony A. Utley, profesor studi komunikasi di California State University, Long Beach, yang mempelajari tentang relationship.

Sebaliknya, biarkan emosi keluar tanpa ditahan. Hubungi teman-teman, yang akan turut merasakan kesedihan atau kemarahan bersama. Luangkan waktu untuk meluapkan kekecewaan, bisa dengan bermalas-malasan di depan televisi, makan roti dan kue manis, atau menangis juga boleh.

Beri batas tertentu untuk hal ini, misalnya tiga hari atau satu minggu atau satu bulan, setelah itu jalani kembali hidup yang ada di depan mata dengan hati yang lebih lapang.

2. Beri nutrisi pada tubuh

Konsumsi makanan bergizi
Tips Move On/ Foto: Pexels.com/Daria Shevtsova

Melissa Forde, self-care expert dan praktisi kesehatan, mengatakan kepada POPSUGAR bahwa saat seseorang merasakan penolakan, tubuh menerimanya secara harfiah. Makanan bergizi atau tindakan menarik napas dalam-dalam yang rileks akan memberi tubuh informasi bahwa kamu baik-baik saja. Jadi, tak ada salahnya memanjakan diri dengan makanan favorit.

3. Tak perlu mencari jawaban

Stop mencari jawaban
Tips Move On/ Foto: Pexels.com/Athena

Menurut pakar dating, Laurel House, saat mulai menebak-nebak dan bertanya-tanya apa kesalahanmu sampai kena ghosting, selanjutnya kamu akan terjebak dalam teka-teki yang tak terjawab karena kenyataannya adalah kamu tidak tahu apa yang terjadi di kepala si pelaku ghosting.

Jadi, kalau mau cepat move on, sebaiknya tahan saja keinginan untuk menganalisis foto Instagram-nya atau cerita Snapchat dan tweet-nya untuk mencari petunjuk mengapa mereka diam seribu bahasa dan memutus semua komunikasi denganmu. Kemungkinan besar, kamu tidak akan mendapatkan informasi yang berarti dan dalam prosesnya justru membuat kamu lebih menderita.

Apalagi jika dia menjalani hidup seperti tidak pernah terjadi apa-apa. Akan lebih baik jika kamu memblokir atau unfollow akun media sosialnya. Pertimbangkan juga untuk sementara berhenti follow teman-temannya sebagai tindakan pencegahan, karena bisa saja unggahan baru teman-temannya akan menampakkan kabar terbaru dirinya yang berpotensi menyakitkan bagimu.

4. Tidak perlu juga mencari permintaan maaf

Tak perlu mengemis permintaan maaf
Tips Move On/ Foto: Pexels.com/Anderson Miranda

Mencari atau bahkan mengemis permintaan maaf darinya hanya akan menguras energi. Kalaupun dia meminta maaf, kamu hanya akan mendapat kepuasan sementara, dan itu tidak akan menarik perhatiannya kembali kepadamu. Bahkan jika kamu mendapatkan penjelasan darinya, kemungkinan itu tidak akan sesuai harapan dan bisa jadi malah memperburuk keadaan.

5. Fokus pada diri sendiri

Fokus mengembangkan diri
Tips Move On/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Rasa sakit saat kena ghosting sebenarnya berasal dari kondisi yang terus bertanya-tanya mengapa dia menghilang dan tidak kembali. Ini menghalangi kebahagiaan diri sendiri karena terlalu sibuk memikirkan hal lain. Kamu mungkin tidak akan pernah tahu apa alasan si dia tiba-tiba menghilang dan itu tidak apa-apa. Jadi, lebih baik fokus untuk membahagiakan diri sendiri. Misalnya dengan memulai lagi hobi yang telah lama ditinggal atau yang lainnya.

6. Ajak diri untuk menemukan sisi positif

Berpikir positif
Tips Move On/ Foto: Pexels.com/cottonbro

Hanya karena sebuah hubungan berakhir, tidak berarti semuanya buruk. Kamu tetap bisa mengambil pelajaran dari kejadian ghosting yang menimpa diri. Kamu mungkin bertemu dengan orang yang buruk, kamu mungkin salah menilai seseorang, tetapi dengan demikian kamu jadi lebih memahami betapa beragamnya karakter manusia. Dengan demikian, mudah-mudahan kamu tidak lagi jatuh ke lubang yang sama, semakin dewasa, dan lebih bijak dalam menjalin hubungan di masa depan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id