sign up SIGN UP

LIFE

Kecerdasan Intelektual Bisa Meningkat dengan Lakukan 5 Hobi Ini

Jovita | Minggu, 26 Jul 2020 22:45 WIB
Kecerdasan Intelektual Bisa Meningkat dengan Lakukan 5 Hobi Ini
caption

Meningkatkan kecerdasan intelektual atau IQ bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya memilih hobi yang tepat. Ada beberapa hobi yang bisa membuatmu makin pintar, Ladies. Berikut 5 di antaranya!

1. Membaca

Membaca Meningkatkan Kecerdasan Intelektual/ Foto: Pixabay.com
Membaca Meningkatkan Kecerdasan Intelektual/ Foto: Pixabay.com

Membaca merupakan salah satu hobi yang bisa tingkatkan kecerdasan intelektual. Membaca dapat melatih diri menyerap dan mengolah informasi menjadi sebuah respon atau tindakan. Selain itu, membaca dapat membuat otak berpikir sistematis dan meningkatkan 3 jenis inteligensi dalam diri manusia, yaitu crystallized intelligence, fluid intelligence, dan emotional intelligence

Crystallized intelligence merupakan inteligensi yang menyebabkan seseorang mampu untuk menyelesaikan masalah. Fluid intelligence adalah inteligensi yang berguna untuk mempelajari dan menyelesaikan sesuatu berdasarkan informasi serta pengalaman yang didapat tiap hari. Sedangkan, emotional intelligence berguna untuk membantu seseorang memahami sebuah kejadian secara akurat, sehingga orang tersebut tahu cara merespon perasaan orang lain atas kejadian tersebut.


2. Menulis

Menulis Meningkatkan Kecerdasan Intelektual/ Foto: Pixabay.com
Menulis Meningkatkan Kecerdasan Intelektual/ Foto: Pixabay.com

Sama halnya dengan membaca, menulis juga jadi hobi yang bisa tingkatkan kecerdasan intelektual. Dengan berlatih menulis, kamu bisa mendapatkan ragam manfaat. Hobi menulis mampu membantu seseorang mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas kamu. Selain itu, menulis di waktu luang dapat mengurangi stres, meningkatkan mood, dan memperbaiki kualitas tidur.

Bahkan, beberapa ahli menjadikan teknik menulis sebagai salah satu bentuk terapi psikologis. Dalam terapi tersebut, tulisan digunakan oleh psikolog atau konselor untuk menganalisis masalah yang dihadapi oleh pasiennya di samping untuk menumbuhkan rasa bahagia dan melatih kecerdasan emosional. 

3. Bermain alat musik

Bermain Musik Meningkatkan Kecerdasan/ Foto: Pixabay.com
Bermain Musik Meningkatkan Kecerdasan Intelektual/ Foto: Pixabay.com

Bermain alat musik juga menjadi hobi yang bisa tingkatkan kecerdasan intelektual. Hal ini dikarenakan saat bermain alat musik, kamu telah memaksa otak untuk mencerna dan melakukan sesuatu secara bersamaan.

Hobi ini juga dapat memperkuat corpus collum dalam otak yang merupakan jembatan antara belahan otak kanan dan kiri. Corpus collum yang kuat akan menciptakan koneksi di otak dengan baik dan meningkatkan fungsi otak hingga lebih optimal. Selain itu, hobi bermusik juga mampu meningkatkan kreativitas dan rasa bahagia, juga mengurangi depresi dan kecemasan.

4. Olahraga

Olahraga Meningkatkan Kecerdasan/ Foto: Pixabay.com
Olahraga Meningkatkan Kecerdasan Intelektual/ Foto: Pixabay.com

Tidak hanya sehat, hobi olahraga juga akan membantumu meningkatkan kecerdasan intelektual. Olahraga apapun yang dikerjakan secara rutin dapat meningkatkan protein otak.

Hasilnya, Beautynesian dapat mengingat, memahami, berkonsentrasi pada suatu hal dengan lebih baik. Selain itu, berolahraga juga dapat mengurangi penyusutan hipokampus, bagian dari otak besar yang biasanya menyusut seiring bertambahnya usia.

5. Bermain game 

Bermain Game Meningkatkan Kecerdasan/ Foto: Pixabay.com
Bermain Game Meningkatkan Kecerdasan Intelektual/ Foto: Pixabay.com

Bermain game bukanlah hal yang tidak berguna. Ini merupakan salah satu hobi yang bisa tingkatkan kecerdasan intelektual, jika dilakukan sewajarnya.

Jenis permainan yang dapat membuatmu lebih cerdas adalah yang memicu otak untuk berkreasi atau menyusun strategi demi suatu tujuan, seperti teka-teki silang, puzzle, sudoku, catur,atau lego. Permainan tersebut akan melatih Beautynesian menanggapi situasi dari banyak perspektif yang berbeda dengan cara yang lebih kreatif dan produktif.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id