sign up SIGN UP

LIFE

Kucing Kamu Suka Makan Rumput? Ini Alasannya

Agesti | Senin, 14 Dec 2020 16:15 WIB
Kucing Kamu Suka Makan Rumput? Ini Alasannya
caption

Kucing, salah satu hewan karnivora yang banyak dipelihara manusia, mungkin kamu termasuk yang memelihara anak bulu yang satu ini? Mungkin kamu pernah menemui kucingmu makan makanan yang tidak biasa, rumput misalnya. Kok bisa, sih?

Untuk Menambah Serat

Ilustrasi kucing.
Kucing makan rumput bisa jadi pertanda mereka mengalami masalah pencernaan. Sumber: Unsplash/Guogete

Seperti dilansir dari Reader’s Digest, Dr. Pete Lands, DVM, Direktur Perawatan darurat dan kritis di St. Francis Veterinary Center di New Jersey, AS mengatakan bahwa kucing biasanya memiliki sejumlah penyakit gastrointestinal yang mendasari perilaku ini, misalnya sindrom iritasi usus besar. Jadi, makan rumput menjadi cara bagi kucing untuk menenangkan saluran pencernaannya. 

“Baik untuk membantu mengeluarkan feses sedikit lebih cepat atau membantu mereka untuk memuntahkan rambut,” analisa Dr. Pete Lands.

Lalu mengapa harus rumput? Menurut Dr. Angie Krause, DVM, CVA, CCRT, dokter hewan holistik di Colorado, AS, rumput dikenal memiliki banyak serat yang dapat membantu atasi masalah sembelit. Untuk itu, kucing menutrisi dirinya dengan memakan rumput untuk mendapatkan berbagai macam nutrisi juga asam folat untuk membantu membentuk hemoglobin.

“Kucing terkenal sebagai peminum air yang buruk sehingga menambahkan serat ke dalam makanan mereka dapat memperlancar buang air besar. Jika makanan mereka (kucing) di rumah tanpa vitamin, mineral atau nutrisi tertentu, maka mereka mungkin mencari di tempat lain. Satu tempat bagi mereka untuk menemukan asam folat adalah dengan memakan rumput,” papar Dr. Angie Krause.

Bisa Jadi Pertanda Kucingmu Stres

Ilustrasi Kucing
Kucing makan rumput bisa jadi pertanda kucingmu sedang stres. Sumber: Unsplash/Marium Qureshi

Bukan hanya masalah pencernaan, memakan rumput bisa juga menjadi pertanda bahwa kucingmu sedang stres, Ladies! Dalam beberapa kasus, jika kucing berada dalam tekanan, mereka mungkin menghadapi stres yang dialami dengan makan, sama seperti manusia. 

“Para kucing bisa makan secara emosional untuk membantu mereka rileks atau menenangkan mereka,” tambah Dr. Pete Lands.

Aman Enggak Sih?

Ilustrasi kucing
Makan rumput terlalu banyak bisa menyebabkan komplikasi untuk kucing. Sumber: Unsplash/Jason Peter

Sebagai karnovira, apakah aman bagi kucung untuk memakan rumput? Secara garis besar, memakan rumput dalam jumlah sedikit bisa membantu para kucing melancarkan pencernaan mereka. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsinya, maka bisa mengakibatkan komplikasi medis pada kucingmu.

“Di Amerika Serikat, sebagian besar kucing berada di dalam rumah sepanjang tahun. Jadi jika kucingmu pergi keluar dan makan rumput, kamu mungkin harus menelpon dan berkonsultasi dengan dokter hewan,” pungkas Dr. Pete Lands. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id