sign up SIGN UP

Lakukan 5 Aksi Jitu Upgrade Kualitas Diri Biar Gak Stagnan

Dian Aprilia | Minggu, 23 May 2021 14:30 WIB
Lakukan 5 Aksi Jitu Upgrade Kualitas Diri Biar Gak Stagnan
caption

Ada pepatah yang menyebut bahwa, ‘hari ini harus lebih baik dari hari kemarin’ memang sebuah imbauan yang tak bisa diabaikan. Bagi orang-orang yang punya visi dalam hidup dan antusias untuk mencapainya, pasti memegang prinsip sederhana ini. Meski terdengar simpel, konsekuensi tidak main-main.

Menerapkan prinsip ini dalam hidup berarti kamu harus memanfaatkan seluruh modal yang kamu punya untuk terus mengupgrade kualitas diri. Tidak hanya dalam bidang karier saja, melainkan juga perihal kesehatan fisik dan mental, finansial, sosial, agama, dan juga moralitas. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 aksi jitu meng-upgrade kualitas diri agar tidak stagnan atau malah mundur.

Tidur dan Bangun Secara Teratur

Tidur
Tidur/pexels.com

Meski sepele, perihal waktu tidur dan bangun ini memang harus diperhatikan. Pasalnya, banyak anak muda yang masih sering mengabaikan hal ini. Tidur terlalu malam hingga begadang, lalu terpaksa bangun pagi karena harus ke kantor. Akibatnya jam tidur menjadi kurang dan hal ini lambat laun akan berdampak pada kesehatan.

Cara mengatur waktu tidur ini cukup mudah. Coba buatlah jadwal tidur yang tetap setiap hari, pastikan durasinya sesuai dengan kebutuhan. Hindari berbagai kebiasaan buruk sebelum tidur, seperti minum kopi, bekerja, nonton TV, main gawai, makan berat dan lainnya. Dijamin hidupmu akan lebih berkualitas dan tubuh jadi lebih bugar.

Luangkan Waktu untuk Baca Buku

membaca buku
Membaca buku/pexels.com

Otak adalah salah satu organ vital dalam tubuh. Dan membaca buku adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat. Hal ini dikarenakan saat membaca buku, saraf-saraf otak akan aktif karena menyalurkan semua informasi. Hal inilah yang membuat memori tetap tajam, pengetahuan meningkat dan kemampuan analisis yang lebih baik.

Usahakan membaca buku setiap hari, meski hanya 15-20 menit saja. Kamu bisa melakukan aktivitas baca buku ini di pagi hari atau sebelum tidur menyesuaikan dengan waktu yang kamu sukai.

Mulai Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat
Pola hidup sehat/pexels.com

Investasi paling murah tapi paling menjanjikan adalah investasi kesehatan. Tak heran jika banyak yang menyebut bahwa kesehatan itu mahal. Uang sebanyak apapun tidak akan berarti lagi jika kamu sakit-sakitan. Uang akan habis untuk biaya pengobatan dan pada akhirnya kamu tidak bisa menikmati hasil kerja kerasmu untuk bahagia.

Oleh sebab itu, mulailah menjaga kesehatan dari sekarang. Dimulai dengan melakukan olahraga setiap hari selama 15-30 menit, konsumsi makanan yang bernutrisi, hindari junkfood, merokok, minum alkohol dan istirahat yang cukup.

Biasakan untuk Evaluasi Diri

Evaluasi
Evaluasi/pexels.com

Langkah selanjutnya adalah membiasakan untuk evaluasi diri secara berkala. Mulailah dengan membuat jadwal harian dan mengevaluasinya secara harian pula. Dengan begitu, kamu akan tahu seberapa besar progress yang kamu lakukan. Hal ini akan menuntunmu untuk terpacu menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Saat menemui kegagalan, belajarlah untuk menerima dan mengakuinya. Selanjutnya buatlah rencana-rencana untuk keberhasilan di masa depan. Yakini bahwa orang yang tidak pernah gagal sejatinya tidak pernah berbuat apa-apa. Jadi kamu harus bersyukur jika mengalami kegagalan sebab hal itu menjadi tanda bahwa kamu berupaya dan dapat pembelajaran.

Berkumpul dengan Lingkungan Supportif

Lingkungan suportif
Lingkungan suportif/pexels.com

Terakhir, cari lingkungan yang supportive dan positif. Bila perlu hindari teman-teman yang sering mengejek, memfitnah, atau memberikan pengaruh buruk padamu. Sebab lingkungan yang suportif bisa membantumu menjadi orang yang lebih baik dan optimis. Kamu juga bisa meluangkan waktu secara rutin untuk berkumpul dengan lingkungan suportifmu.  

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id