sign up SIGN UP

LIFE

5 Cara untuk Tetap Tenang Ketika Mengalami Keadaan yang Kacau

Intan Dwi | Sabtu, 01 May 2021 19:00 WIB
5 Cara untuk Tetap Tenang Ketika Mengalami Keadaan yang Kacau
caption

Memang mempelajari cara tetap tenang ketika melalui kekacauan hidup bisa menjadi pelajaran yang sulit. Tetapi ini menjadi pelajaran yang sangat penting untuk membantu kamu menemukan masa depan yang seharusnya kamu jalani.

Kekacauan yang setiap orang hadapi memang berbeda, tetapi itu hampir selalu melibatkan keadaan kehidupan yang lebih sulit. Apakah kamu menemukan seseorang dengan keadaan seperti ini atau diri kamu yang mengalami hal ini? Mungkin beberapa cara di bawah ini bisa membantu kamu untuk tetap tenang ketika mengalami keadaan yang kacau.

Hadiri acara keagamaan

Apapun keyakinan kamu, hubungkan jiwa kamu dengan orang lain yang mempercayai kebenaran yang sama tentang perjalanan spiritual mereka, enggak ada salahnya.
Hadiri acara keagamaan/freepik.com

Apapun keyakinan kamu, hubungkan jiwa kamu dengan orang lain yang mempercayai kebenaran yang sama tentang perjalanan spiritual mereka, enggak ada salahnya. Pastikan bahwa pengalaman ini memberi kamu cinta dan koneksi, bukan rasa takut atau terhakimi.

Buatlah catatan dan jurnal kebenaran kamu juga setiap setelah menghadiri acara spiritual. Tuhan akan berbicara ke hati kamu di tempat-tempat ini dan akan menjaga hati kamu saat kamu tidak bisa.

Jauhkan orang dan aktivitas yang membuat kamu ragu

Jika ada yang mengganggu dan membuat kamu takut disaat keadaan kamu sedang kacau, seperti orang-orang atau aktivitas, enggak ada salahnya kalian menjauhinya.
Jauhkan orang dan aktivitas yang membuat kamu ragu/freepik.com

Jika ada yang mengganggu dan membuat kamu takut di saat keadaan kamu sedang kacau, seperti orang-orang atau aktivitas, enggak ada salahnya kalian menjauhinya. Walaupun mungkin sulit, tapi jika ada orang tidak berada di tempat yang sama dengan kamu dan mereka memberi kamu kesuraman yang akan datang. Lebih baik tetapkan batasan untuk orang-orang itu atau jauhkan mereka demi menenangkan diri kamu.

Istirahat dari media sosial selama sebulan

Menangkan diri dan pikiran dengan menjalani ritual yang satu ini juga enggak ada salahnya. Kamu bisa melakukan banyak hal untuk menghabiskan waktu, seperti bermain dengan hewan peliharaan.
Istirahat dari media sosial selama sebulan/freepik.com

Menangkan diri dan pikiran dengan menjalani ritual yang satu ini juga enggak ada salahnya. Kamu bisa melakukan banyak hal untuk menghabiskan waktu, seperti bermain dengan hewan peliharaan. Apakah kamu memiliki hobi yang selama ini diabaikan? Nah, kamu bisa habiskan satu atau dua hari untuk menjelajahi dan mencobanya.

Kamu juga bisa pergi keluar dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan kamu. Carilah orang-orang yang suka dengan alam, kamu bisa pergi hiking, mengamati burung, berkemah atau apapun yang ada di luar ruangan.

Self-care

Jangan lupa, setiap hari selalu ingatkan diri kamu tentang apa yang benar tentang dari diri kamu.
Self-care/freepik.com

Jangan lupa, setiap hari selalu ingatkan diri kamu tentang apa yang benar tentang dari diri kamu. Rangkul diri kamu dengan kebenaran yang ada dan ambil langkah-langkah untuk mengelilingi diri kamu dengan pengalaman-pengalaman bermanfaat.

Kamu juga bisa menempatkan diri di lingkungan orang-orang yang membangun kamu dalam kebenaran tentang betapa cantiknya kamu sebenarnya. Maka kamu akan membangun kepercayaan diri dan kamu akan merasa didasarkan pada sesuatu yang kamu tahu benar dan nyata untuk diri kamu yang lebih baik.

Gunakan waktu kamu dengan bijak

Satu hal yang terjadi ketika kamu memikirkan kekacauan adalah kamu membuang begitu banyak waktu berharga.
Gunakan waktu kamu dengan bijak/freepik.com

Satu hal yang terjadi ketika kamu memikirkan kekacauan adalah kamu membuang begitu banyak waktu berharga. Ketika kamu membuang waktu yang berharga, kamu kehilangan ketenangan kamu lebih cepat.

Daripada memikirkan kekacauan yang sedang kamu alami, lebih baik gunakan waktu itu untuk mengatasi masalah,  menyusun strategi dan menemukan cara agar lebih cepat menyelesaikan kekacauan yang kamu alami.

Mungkin kamu juga lebih sering beristirahat atau menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman daripada memikirkan cara untuk menyelesaikan. Gunakan waktu kamu dengan bijak, untuk setiap detik yang kamu habiskan untuk istirahat atau bermain, tanyakan pada diri kamu sendiri “Apakah ini penggunaan waktu yang baik dari waktu kamu?”.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id