sign up SIGN UP

LIFE

Liburan Sambil Melakukan Kegiatan Sosial, Tengok Momen Indah Raline Shah Selama di Sumba

Ersa Monica | Senin, 22 Feb 2021 11:15 WIB
Liburan Sambil Melakukan Kegiatan Sosial, Tengok Momen Indah Raline Shah Selama di Sumba
Raline Shah/instagram.com/ralineshah

Aktris cantik Raline Shah belakangan ini kerap membagikan momen-momen indahnya saat berkunjung ke Pulau Sumba di akun instagram miliknya @ralineshah. Bukan sekedar liburan, ia berkunjung ke pulau yang berada di wilayah administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur tersebut juga untuk melakukan kegiatan sosial.

Menurut informasi dari akun instagramnya, ia bekerja sama dengan sebuah yayasan yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di Pulau Sumba.

Mengunjungi Desa Adat

Mengunjungi Desa Adat/instagram.com/ralineshah
Mengunjungi Desa Adat/instagram.com/ralineshah

Dalam kunjungannya ke Pulau Sumba, Raline Shah mendatangi desa adat Waruwora di daerah Lamboya Sumba Barat. Raline begitu terpesona melihat tiga puluh delapan rumah bambu tradisional yang menjulang tinggi dengan atap alang-alang berpaku. Uniknya, bagian bawah rumah adat tersebut sengaja dibiarkan terbuka atau digunakan untuk menyimpan hewan.

Menenun Kain

Menenun Kain/instagram.com/ralineshah
Menenun Kain/instagram.com/ralineshah

Tentang kegiatan para masyarakat di Desa Waruwora, Raline menjelaskan bahwa perempuan di desa ini melakukan kegiatan seperti umumnya perempuan Sumba yaitu menenun. Meskipun sama-sama memiliki kebiasaan menenun, setiap daerah di Pulau Sumba memiliki motif masing-masing yang menyimbolkan cerita alam.

Simbol dalam kain tersebut mencerminkan status sosial penggunanya. Menariknya, motif tertentu diperuntukkan untuk keluarga kerajaan dan bahkan masyarakat umum dilarang untuk menyalin maupun menggambil gambar motif kain tersebut.

Melihat secara langsung perempuan Desa Waruwora yang sedang menenun membuat Raline tertarik untuk mencobanya. Kain tenun dibuat dengan meletakkan semua senar, selanjutnya mengikatnya berdasarkan pola yang ingin dimasukkan ke dalam kain. Raline pun menenun dengan antusias!

Melakukan Kegiatan Sosial

Raline Shah Bersama Warga Desa Waruwora/instagram.com/ralineshah
Raline Shah Bersama Warga Desa Waruwora/instagram.com/ralineshah

Melakukan kegiatan sosial menjadi salah satu tujuan Raline Shah datang ke Pulau Sumba. Raline mengatakan bahwa masih banyak anak-anak di Sumba yang mengalami kekurangan gizi. “Sayangnya pada pulau yang indah ini, lebih dari separuh anak di bawah usia lima tahun menderita kekurangan gizi”, ungkapnya pada keterangan foto yang diunggahnya.

Masih banyaknya anak-anak yang kekurangan gizi menyebabkan yayasan yang bekerjasama dengan Raline membuat program pemenuhan nutrisi. Melalui program pemenuhan nutrisi, Raline dan yayasan yang bekerjasama dengannya membagikan semangkuk bubur kacang hijau, tujuh butir telur, dan sekotak susu kepada anak-anak di Desa Waruwora. Yayasan tersebut secara rutin memberikan makanan yang kaya akan protein setiap minggunya untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak di Desa Waruwora.

Itulah momen-momen yang dialami Raline Shah selama di Sumba, semoga dapat menginspirasi!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id