sign up SIGN UP

Manfaat Minyak Zaitun untuk Tubuh dan Kecantikan Kulit

Shinta Nikmah | Selasa, 25 May 2021 07:00 WIB
Manfaat Minyak Zaitun untuk Tubuh dan Kecantikan Kulit
caption

Memilih bahan alami untuk perawatan tubuh sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Pemakaian bahan alami ternyata tidak lekang oleh waktu sebab bahan alami kini juga menjadi bahan utama dalam pembuatan produk kecantikan dan perawatan tubuh.

Salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan tubuh salah satunya adalah minyak zaitun. Tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan, minyak yang diekstrak dari buah zaitun ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Apa saja sih manfaat yang bisa diperoleh dari minyak zaitun?

Baik untuk Kesehatan

olive oil
Minyak Zaitun Mengandung Lemak Sehat/ Foto: freepik.com

Di dalam minyak zaitun terkandung lemak, kalsium, natrium, vitamin, serta antioksidan. Meski kandungan lemak lebih banyak dibanding unsur lainnya, namun lemak yang terdapat pada minyak zaitun merupakan jenis lemak sehat.

Kandungan-kandungan tersebut menjadikan minyak zaitun baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Adapun manfaat minyak zaitun untuk tubuh antara lain:

  1. Menurunkan kadar kolesterol
  2. Mengendalikan kadar gula dalam darah
  3. Menurunkan risiko penyakit jantung
  4. Menurunkan risiko tumbuhnya sel kanker, dan lainnya.

Baik untuk Perawatan Kulit

Scrubbing
Scrub Menggunakan Minyak Zaitun/ Foto: freepik.com

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin serta antioksidan yang baik untuk merawat kulit. Minyak zaitun sering digunakan untuk melembabkan kulit terutama jenis kulit kering. Tak jarang juga yang mencampurkannya dengan scrub dan lulur untuk membersihkan dan mengangkat kulit mati pada kulit tubuh.

Selain menjadikannya lebih bersih, perpaduan scrub dengan minyak zaitun juga menjadikan kulit lebih lembab dan sehat. Jangan lupa mencobanya sendiri di rumah ya Ladies.

Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah

Cleansing
Membersihkan Sisa Make Up/ Foto: freepik.com

Jika diaplikasikan dengan benar, minyak zaitun bisa memberikan manfaat yang baik untuk kulit wajah. Minyak zaitun sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan produk cleansing oil yang digunakan untuk menghapus sisa make up dan kotoran di kulit wajah.

Minyak zaitun juga dimanfaatkan untuk masker dengan dicampur dengan madu terlebih dahulu. Namun jika kamu memiliki jenis kulit yang berminyak, maka tidak disarankan untuk menggunakan minyak zaitun sebagai masker karena bisa memicu jerawat dan komedo.

[Gambas:Instagram]

Minyak Zaitun untuk Bibir

Lips
Bibir Lembab/ Foto: freepik.com

Bibir kering menjadi permasalahan umum yang dihadapi oleh wanita terutama ketika cuaca sedang dingin atau ketika tubuh sedang tidak terhidrasi dengan baik. Nah, kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk permasalahan bibir kering yang kamu alami. 

Minyak zaitun mampu melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah. Kamu bisa mengoleskan minyak zaitun pada bibir setiap malam sebelum tidur. Jika rutin dilakukan, bibir akan menjadi semakin lembab dan cerah alami.

Minyak Zaitun untuk Rambut

Hair
Minyak Zaitun Untuk Rambut Sehat/ Foto: freepik.com

Selain baik untuk kulit, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Minyak zaitun dipercaya bisa menjaga kelembaban rambut, membuatnya lebih lembut dan berkilau serta bisa membantu mengatasi masalah ketombe.

Cara mengaplikasikan minyak zaitun untuk perawatan rambut, kamu bisa menambahkan minyak zaitun pada kondisioner yang biasa kamu pakai. Usapkan pada rambut hingga merata lalu biarkan beberapa saat. Setelah didiamkan, kemudian bilas rambut hingga bersih. Lakukan secara rutin ya Ladies, agar rambutmu terlihat sehat dan cantik.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id