sign up SIGN UP

Perawatan Alami untuk Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata

Rumaysha Milhania | Senin, 10 May 2021 14:00 WIB
Perawatan Alami untuk Memanjangkan dan Menebalkan Bulu Mata
caption

Bentuk dan ketebalan bulu mata pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor keturunan. Tetapi ada beberapa faktor eksternal yang menyebabkan bulu mata rontok atau menipis seperti stres, ketidakseimbangan hormon, kulit kelopak mata yang kering, penuaan, dan lain-lain. Kerusakan bulu mata juga dapat disebabkan oleh penggunaan produk riasan yang kedaluwarsa atau berkualitas buruk, menggosok atau menyeka riasan secara kasar atau pola diet ekstrem.

Apapun penyebabnya, kamu tetap dapat mengandalkan perawatan rumahan untuk menumbuhkan kembali bulu mata dan mendapatkan bulu mata yang lebih tebal dan panjang.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk merawat bulu mata dan menumbuhkannya menjadi lebih tebal dan panjang.

1. Castor Oil

Minyak jarak merupakan nama yang lebih populer di kenal untuk castor oil. Bahan yang satu ini memang cukup terkenal bekerja dengan baik untuk menumbuhkan bulu mata. Secara umum, castor oil memang sudah tidak asing lagi di dunia kecantikan. Dari mengobati kulit terbakar dan keriput hingga mencegah uban dan ketombe.

Mengoleskan minyak jarak pada bulu mata setiap hari akan membuat bulu mata lebih tebal dan mencegahnya rontok. Campurkan beberapa tetes minyak jarak dengan minyak kelapa dan oleskan dengan lembut pada bulu mata dengan bantuan ujung kapas. Lakukan setiap malam sebelum tidur dan bilas pada pagi hari.

Minyak jarak merupakan nama yang lebih populer di kenal untuk castor oil. Bahan yang satu ini memang cukup terkenal bekerja dengan baik untuk menumbuhkan bulu mata.
Minyak Jarak untuk Rambut/ Sumber: Freepik.com

2. Teh Hijau

Bahan yang satu ini memang menjadi favorit hampir semua orang karena banyak manfaat kesehatan dan kecantikan yang dimilikinya. Asupan dan aplikasi teh hijau terbukti efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut dan meningkatkan kesehatan rambut.

Flavonoid dan polifenol yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) terkandung dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan panjang dan volume bulu mata.

Minum teh hijau secara teratur atau mengaplikasikannya pada bulu mata dapat bekerja secara maksimal untuk meningkatkan tampilan. Kamu juga bisa meletakkan kantong teh hijau di kelopak mata untuk menumbuhkan bulu mata dan menenangkan mata sekaligus.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga dapat menjadi bahan alami untuk perawatan mendapatkan bulu mata yang panjang dan lentik. Bahan ini dikemas dengan asam lemak esensial yang bekerja meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah hilangnya bulu mata.

Celupkan kapas ke dalam extra virgin olive oil dan oleskan ke bulu mata. Itu membuat area tersebut terhidrasi, memperkuat folikel rambut dan membuat bulu mata kamu lebih panjang dan lebih tebal dari sebelumnya.

Minyak zaitun juga dapat menjadi bahan alami untuk perawatan mendapatkan bulu mata yang panjang dan lentik.
Minyak Zaitun untuk Bulu Mata/ Sumber: Pexels.com

4. Minyak vitamin E

Minyak vitamin E sangat dapat diandalkan untuk menumbuhkan bulu mata. Pecahkan kapsul Vitamin E dan ekstrak minyaknya. Pijat kelopak mata dengan ujung jari selama 5-10 menit dan oleskan pada bulu mata setiap hari. Ini membantu sirkulasi darah dan dengan demikian pertumbuhan rambut bulu mata yang lebih baik.

Kamu juga bisa menggunakan spoolie dan mencelupkan ke dalam minyak. Sikat bulu mata kamu di antara beberapa helai bulu mata dengan gerakan ke atas setiap malam sebelum membilas keesokan harinya.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat membantu menumbuhkan bulu mata. Dibandingkan dengan minyak yang lain, minyak kelapa alami relatif ini sangat lembut sehingga sangat aman digunakan di sekitar area mata tanpa meninggalkan rasa tidak nyaman. Sifat pelembab dari minyak kelapa membantu memerangkap protein ke dalam helaian rambut bulu mata dan mencegah helai bulu mata yang lebih lemah dan rontok. 

Minyak kelapa dapat membantu menumbuhkan bulu mata. Dibandingkan dengan minyak yang lain, minyak kelapa alami relatif ini sangat lembut sehingga sangat aman digunakan di sekitar area mata tanpa meninggalkan rasa tidak nyaman.
Minyak Kelapa untuk Rambut/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa bahan alami untuk merawat bulu mata agar lebih panjang dan tebal. Selamat mencoba, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id