sign up SIGN UP

Masih Bingung Cara Pilih Bra yang Pas, Beauties? Jika Ya, Ikuti Panduan Ini

Raudiya Nurfadilah H | Selasa, 06 Jul 2021 14:00 WIB
Masih Bingung Cara Pilih Bra yang Pas, Beauties? Jika Ya, Ikuti Panduan Ini
caption

Beauties, pernah nggak kamu merasa sesak napas atau sakit punggung karena bra? Ya, rupanya memakai bra yang tidak pas bisa menyebabkan hal yang tidak membuat nyaman tersebut.

Meski begitu, hal ini nggak selalu dianggap sesuatu yang serius. Pun banyak perempuan yang masih tidak menyadari kalau mereka menggunakan bra yang tidak pas, baik itu yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Memilih bra bukan hanya dilihat dari desainnya yang lucu, warna yang menarik, atau harga yang murah, tetapi harus diperhatikan kenyamanan ketika digunakan.

Untuk memilih bra harus diperhatikan di empat bagian utama yaitu under band, tali (strap), cup, dan bagian tengah (center) atau disebut gore.
Cara memilih bra yang pas/ Foto: Freepik/ Freepik

Dikutip dari The Healthy, Le Diouron dan Genelle Beyer, konsultan gambar, penata gaya pribadi, dan spesialis bra di Wisconsin mengatakan bahwa untuk memilih bra harus diperhatikan di empat bagian utama yaitu under band, tali (strap), cup, dan bagian tengah (center) atau disebut gore.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini penjelasannya yang dikutip dari berbagai sumber.

Under Band

Under band harus segaris lurus di punggung, tidak terlalu naik ataupun terlalu turun
Under band harus segaris lurus di punggung/ Foto: Pexels/ Michelle Leman

Menurut Beyer, under band digunakan harus segaris lurus di punggung, tidak terlalu naik ataupun terlalu turun. Under band juga harus pas, tidak terlalu ketat dan pastikan kamu bisa bernapas dengan lancar.

Jika kamu ingin bra awet dipakai, tipsnya adalah kaitkan bra di pengait yang paling longgar. Selain itu, seiring berjalannya waktu, bra juga secara alami akan menjadi lebih longgar.

Tali Bra

Tali bra yang pas seharusnya tetap ada di bahu sepanjang hari dan kamu tidak perlu membenarkan terus menerus
Tali bra harus pas dengan bahu/ Foto: Pexels/ Antonius Ferret

Tali bra yang pas seharusnya tetap ada di bahu sepanjang hari dan kamu tidak perlu membenarkan terus menerus. Mungkin kamu berpikir bahwa tali bra yang longgar bisa disesuaikan dan dikencangkan sehingga pas dengan bahu. Tapi menurut Beyer hal tersebut menjadi suatu kesalahan karena kamu bisa menarik cincin pengatur tali terlalu belakang.

“Mengencangkan tali yang longgar dapat membuat bagian belakang naik dan bagian depan turun. Tali yang terlalu longgar menghasilkan bra yang tidak mendukung, tidak nyaman, dan menyebabkan masalah seperti nyeri bahu dan punggung,” ujar Robynne Winchester, pemilik jaringan pakaian dalam Bay Area Revelation in Fit yang dikuti dari Healthline.

Cup Bra

Ukurlah payudaramu  dan pilihlah cup yang benar-benar menutup dan mengangkan payudara
pilih cup bra yang pas dengan ukuran payudara/ Freepik/ Rawpixel.com

Le Diouron mengatakan jika kamu mengenakan bra kemudian terlihat ada celah antara payudara dan cup maka kamu harus mengurangi ukuran cup, sebab pinggiran cup bra harus rata dengan kulit. Sedangkan jika kamu mengenakan bra dan payudara tidak tertutup semua oleh cup, maka harus menaikkan ukuran cup.

Cup yang terlalu kecil bisa sakit dipakai, terutama jika bra tersebut memiliki kawat di bawahnya,” tambah Winchester.

Helena Kaylin, pendiri MINDD Bra Co di West Hollywood California, menambahkan bahwa masih banyak perempuan yang belum mengetahui ukuran cup masing-masing.

Oleh karena itu, ukurlah payudaramu dan pilihlah cup yang benar-benar menutup dan mengangkat payudara sehingga kamu akan mendapatkan bra yang nyaman dipakai.

Bagian Tengah (Gore)

Jika gore ‘mengambang’ dan jarimu bisa masuk ke sela-sela gore, artinya kamu mengenakan ukuran yang salah
Bra yang pas tidak akan iritasi/ Foto: Freepik/ Rawpixel.com

Gore adalah bagian tengah yang menghubungkan antara dua cup, jika bagian dadamu mengalami iritasi maka ada yang salah dengan gore. Jika gore ‘mengambang’ dan jarimu bisa masuk ke sela-sela gore, artinya kamu mengenakan ukuran yang salah.

Beauties, itulah cara memilih bra agar kamu bisa mendapatkan bra yang pas dan nyaman dipakai. Jangan salah lagi mulai dari sekarang, ya.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id