sign up SIGN UP

Mengenal S.K Trimurti, Jurnalis Kritis Sekaligus Pahlawan Perempuan yang Jadi Saksi Indonesia Merdeka

kotakisti | Senin, 16 Aug 2021 08:15 WIB
Mengenal S.K Trimurti, Jurnalis Kritis Sekaligus Pahlawan Perempuan yang Jadi Saksi Indonesia Merdeka
caption
Jakarta -

Indonesia memiliki pahlawan-pahlawan yang berjasa untuk bangsa. Mereka rela berkorban dan mempertaruhkan nyawa untuk kemerdekaan Indonesia.

Di masa Indonesia merdeka, pahlawan Indonesia tidak hanya para laki-laki gagah berani. Selain Ibu Fatmawati, ada satu lagi sosok pahlawan perempuan yang bisa jadi panutan untuk perempuan masa kini.

Adalah SK Trimurti yang menjadi saksi Indonesia merdeka. Seperti apa biografi SK Trimurti ini? Berikut ulasannya, Beauties.

Sang Pengibar Bendera Merah Putih

Pahlawan pahlawan Indonesia / Foto : instagram.com/_reynaherchronicles_
Pahlawan pahlawan Indonesia / Foto : instagram.com/_reynaherchronicles_

SK Trimurti yang memiliki nama panjang Surastri Karma Trimurti memang tidak seterkenal Fatmawati. Namun, namanya tercatat sebagai salah satu pengibar bendera merah putih, bersama Latief Hendraningrat dan Suhud Sastro Kusumo. Trimurti sendiri lahir di Boyolali. Beliau masih memiliki hubungan kerabat dengan Keraton Kasunan Surakarta. 

Di masa mudanya, Trimurti aktif dalam dunia pendidikan. Ia memulai karir sebagai guru sekolah dasar di Bandung, Surakarta dan Banyumas. Kegigihannya melawan penjajahan Belanda membuatnya ditangkap oleh pemerintah Belanda di tahun 1936. 

Dikenal Sebagai Jurnalis yang Kritis

Jurnalis Indonesia / Foto : instagram.com/_reynaherchronicles_
Jurnalis Indonesia / Foto : instagram.com/_reynaherchronicles_

Tidak hanya mengibarkan bendera merah putih, Trimurti juga merupakan sosok pahlawan yang vokal. Ia mengemukakan perjuangan kemerdekaan Indonesia lewat tulisannya. Yap, SK Trimurti merupakan wartawan kritis yang terkenal di kalangan jurnalistik dan anti-kolonial. 

Setelah bebas dari penjara, Trimurti fokus untuk berkarir sebagai jurnalis. Ia bekerja untuk beberapa surat kabar Indonesia, seperti Genderang dan Pikiran Rakyat. Trimurti juga menerbitkan surat kabar Pesat yang membuatnya ditangkap dan disiksa di masa penjajahan Jepang.

Sosok Pejuang Hak-hak Pekerja

Pejuang perempuan Indonesia / Foto : instagram.com/_reynaherchronicles_
Pejuang perempuan Indonesia / Foto : instagram.com/_reynaherchronicles_

Istri dari Sayuti Melik, pengetik naskah proklamasi ini mendapatkan perhatian dari Presiden Soekarno di awal kemerdekaan. Trimurti didaulat menjadi Menteri Tenaga Kerja pertama di bawah Perdana Menteri Amir Sjarifuddin.

Trimurti juga lantang memperjuangkan hak-hak pekerja di masa itu. Ia aktif dalam berbagai organisasi termasuk organisasi perempuan Indonesia. Sosoknya yang tegas dan bijak membuatnya dikagumi banyak kalangan.

Tidak hanya vokal untuk kemerdekaan Indonesia, SK Trimurti juga sosok inspiratif yang layak jadi panutan. Beliau cerdas, kritis, dan mengedepankan hak-hak perempuan. Di usianya yang tidak muda lagi, ia masih tertarik untuk menambah ilmu dan melanjutkan pendidikan. Inspiratif sekali kan, Beauties?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id