sign up SIGN UP

LIFE

Mengenang Serunya Masa Lalu, 7 Hal ini Bikin Kita Kangen Tahun 90-an!

tyana | Kamis, 24 Sep 2020 20:30 WIB
Mengenang Serunya Masa Lalu, 7 Hal ini Bikin Kita Kangen Tahun 90-an!
caption

Perkembangan zaman tak hanya menciptakan teknologi baru tetapi juga perubahan pada aktivitas kita sehari-hari. Untuk kita yang tumbuh pada era 90-an pasti kangen banget dengan beberapa hal berikut ini! Yuk! Mengenang masa lalu dulu. 

1. Telepon Umum

Hal yang dikangenin tahun 90an
Ilustrasi Penggunaan Telepon Umum/Pinterest.com/priyankavilasupadhye

Tidak seperti zaman sekarang yang sangat mudah berkomunikasi jarak jauh. Tahun 90-an untuk berkomunikasi jarak jauh kita perlu datang ke telepon umum. Tahun 90an belum banyak orang memiliki telepon pribadi. Untuk itu kita perlu janjian terlebih dahulu sebelum menelepon orang yang kita inginkan. 

Untuk menggunakan telepon umum juga tidak bisa bebas berbicara seperti sekarang ini. Soalnya pasti banyak orang yang bakalan ngantri nungguin kamu yang sedang  mennelepon. Kamu pernah enggak Ladies menggunakan telepon umum? 

2. Telenovela

Hal yang dikangenin tahun 90an
Ilustrasi Telenovela 90an/Pinterest.com/miraaudira

Hal yang dikangenin tahun 90-an juga tak hanya film kartun yang selalu menemanimu di hari minggu tetapi juga film telenovela. Meskipun Film telenovela selalu identik dengan film dewasa tetapi banyak juga film yang mengangkat keluarga dan pertemanan yang cocok untuk semua umum.

Film yang paling banyak ditunggu saat itu diantaranya adalah Impian Chabelita, Marrimar dan Rosanlinda. Kamu termasuk orang yang kangen nonton film telenovela enggak nih, Ladies? 

3. Rental DVD 

Hal yang dikangenin tahun 90an
Ilustrasi Rental DVD/Pinterest.com/natashaw93

Pada tahun 90-an belum banyak bioskop yang hadir. Untuk itu kita menonton film dengan menggunakan DVD. Harga DVD pada zaman itu juga cukup pricey, oleh karena itu generasi 90an dan 80an pastinya sering banget bolak-balik rental DVD untuk meminjam film yang ingin ditonton. 

Saat ingin meminjam DVD juga tak segampang memilih film karena kadang kala kita perlu menunggu untuk menonton film yang kita inginkan karena telah keduluan dipinjam oleh orang lain. Belum lagi DVD yang telah dipinjam rusak karena terlalu banyak dipinjam orang. Pernah punya pengalaman gini juga?

4. Bisa Hidup Tanpa Handphone

Hal yang dikangenin tahun 90an
Ilustrasi Tanpa Handphone/pinterest.com/pretaprovost

Ladies, berapa menit nih kamu bisa bertahan tanpa gadget? Sekarang ini gadget menjadi barang yang selalu kita butuhkan. Dari mengerjakan kerjaan, komunikasi hingga melihat jam. 

Pada era 90-an handphone bukan hal yang penting kita miliki. Untuk berkomunikasi kita perlu menggunakan surat ataupun telepon umum. Jadi enggak ada tuh kebiasaan bangun tidur langsung lihat handphone. 

5. Ketagihan Gimbot

Hal yang dikangenin tahun 90an
Ilustrasi gimbot/pinterest.com/magusky

Sebelum adanya game online, anak 90-an dan 80-an pastinya pernah katagihan gimbot. Gimbot merupakan penyederhanaan dari gamewatch yaitu perangkat game portabel berbentuk kecil yang menggunakan bateri. 

Game dalam gimbot tak sebanyak game seperti sekarang dan permainannya juga masih menggunakan grafis hitam putih, walaupun begitu perangkat game satu ini sukses bikin generasi 90-an ketagihan nih. 

6. Foto Menggunakan Kamera Analog 

Hal yang dikangenin tahun 90an
Ilustrasi Kamera Analog/pinterest.com/deniz_dilan123

Zaman sekarang gampang banget apabila ingin mengabadikan momen. Kita tinggal mengeluarkan handphone dan langsung tersimpan. Pada tahun 90an kita membutuhkan kamera analog yang harus dicetak terlebih dahulu apabila kita ingin memiliki foto untuk kenangan.

Tidak kaya kamera digital yang bisa sepuasnya mengambil dan menghapus foto. Kamera analog memiliki keterbatasan dalam mengambil foto. Kita juga enggak bisa langsung melihat foto yang telah diambil dan harus menunggu proses pencetakan selesai. Belum lagi foto yang kita ambil "kebakar" atau rusak. 

7. Jalan-Jalan dengan Peta Kertas

Hal yang dikangenin tahun 90an
Ilustrasi Peta Kertas/pinterest.com/jennimetz

Perkembangan GPS juga membuat kita tak perlu kesusahan untuk mencari tempat yang belum kita ketahui. Sebelum adanya GPS, tahun 90-an menggunakan peta untuk membantu mencari suatu tempat.

Bukan hanya bentuknya yang tidak praktis. Detail dari petunjuk tempat juga kadang tidak lengkap. Oleh sebab itu kita perlu muter-muter dan kadang tersesat karena salah arah. Udah kaya yang sedang mencari harta karun aja deh. 

Hal mana nih yang bikin kamu kangen banget tahun 90-an, Ladies? 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id