sign up SIGN UP

Mengurus Rumah Tangga atau Bekerja, Mana yang Lebih Penting?

Octavia Tunggal Dewi | Jumat, 01 Oct 2021 13:30 WIB
Mengurus Rumah Tangga atau Bekerja, Mana yang Lebih Penting?
caption
Jakarta -

Memilih untuk menjadi perempuan pekerja ataupun ibu rumah tangga adalah pilihan masing-masing setiap perempuan. Namun hal tersebut tidak jarang menjadi perdebatan banyak orang.

Tidak sedikit orang mengatakan bahwa menjadi ibu rumah tangga adalah pilihan yang lebih baik daripada perempuan pekerja dengan alasan kodrat perempuan adalah mengurus keluarga. Padahal, tidak selamanya demikian. Yuk, ketahui fakta keduanya.

Keduanya Bukanlah Pilihan yang Buruk

Keduanya bukan pilihan yang buruk
Perempuan Pekerja atau IRT/Foto: Freepik.com/User18526052

Keduanya bukanlah pilihan yang buruk. Menjadi perempuan yang bekerja dapat membantu keuangan rumah tangga begitu pun menjadi ibu rumah tangga juga dapat setiap hari mengatur rumah dan memiliki parenting yang baik bagi anak-anak. Keduanya memiliki kelebihan dan resiko masing-masing.

Menjadi Ibu Pekerja

Fokus terhadap satu hal ketika bekerja, hindari multitasking | Foto : freepik/lookstudioPerempuan Pekerja | Foto : freepik/lookstudio/ Foto: Rani Mutiara

Perempuan yang memilih bekerja pasti punya alasan sendiri. Mungkin mereka ingin membantu keuangan keluarga. Bahkan bisa saja perempuan yang bekerja terpaksa bekerja karena kebutuhan ekonomi mereka tidak mencukupi untuk keperluan sehari-hari.

Kendati begitu, bukan berarti seorang perempuan pekerja itu egois dan tidak mampu menjadi ibu yang baik bagi anak-anak mereka. Seluruh pilihan tersebut pasti sudah melalui proses panjang dalam menentukan pilihan. Kenyataannya, tidak sedikit suami yang mendukung istrinya untuk berkarir.

Menjadi Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga
Ibu Rumah Tangga/Foto: Freepik.com/ViDIstudio

Begitu pula pilihan untuk menjadi full mom dan mengurus rumah tangga. Hal tersebut pasti sudah melalui pemikiran panjang dalam menentukan pilihan terutama mengatur keuangan agar cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Tidak sedikit perempuan yang semula adalah wanita karir memilih untuk resign dari pekerjaan dan fokus mengurus rumah tangga. Hal tersebut tentunya bukan hal yang mudah. Mereka yang sudah terbiasa memegang uang dan memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, bisa jadi harus terbiasa berhemat dan me-manage uang dari suami saja.

Setiap perempuan berhak menentukan pilihan mereka masing-masing, baik menjadi ibu rumah tangga maupun perempuan pekerja keduanya bukanlah pilihan yang buruk. Jadi, nggak perlu membandingkan satu sama lain, ya, Beauties.

-----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id