sign up SIGN UP

Skill dan Attitude, Mana yang Lebih Penting di Dunia Kerja?

Arum Narwastu | Sabtu, 11 Sep 2021 19:00 WIB
Skill dan Attitude, Mana yang Lebih Penting di Dunia Kerja?
Attitude kerja/ Foto: Freepik.com
Jakarta -

Kamu yang baru masuk dunia kerja harus tahu kalau skill memang sangat dibutuhkan untuk menunjukkan kinerja yang baik di sebuah perusahaan. Tetapi, skill bukan satu-satunya hal yang dilihat oleh bos kamu.

Ternyata, attitude jauh lebih penting dan menjadi tolak ukur penilaian karyawan. Nah, berikut ini adalah attitude paling mendasar yang perlu kamu tahu saat masuk ke dunia kerja.

Datang Tepat Waktu

Takut terlambat, si overthinker pilih selalu tepat waktu/Foto: freepik/master1305Tepat waktu/ Foto: freepik/master1305

Kalau kamu terbiasa datang terlambat saat kuliah , sebaiknya jangan lakukan itu di dunia kerja. Karyawan yang hobi telat akan memengaruhi bukan hanya kinerja dirinya, tapi juga kinerja karyawan lain . Buat kamu yang bekerja dari rumah, pastikan kamu juga selalu datang tepat waktu saat ada meeting online.

Tidak Sulit Dicari

Di dunia kerja, kamu dituntut harus selalu siap saat ada bos atau rekan kerja yang mencari kamu di jam kerja. Kalau kamu bekerja dari rumah, jangan sepelekan koordinasi meskipun itu hanya melalui WhatsApp ya, Beauties. Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam dunia kerja untuk menghindari terjadinya kesalahan. Kalau kamu sulit dihubungi, maka kamu akan menyulitkan rekan-rekan kerja kamu lainnya.

Hargai Partner Kerja

Rekan kerjaRekan kerja/pexels.com

Untuk kamu yang fresh graduate ataupun kamu yang sudah berpengalaman kerja di perusahaan lain, menghargai rekan kerja adalah hal yang sangat penting. Hargai waktu mereka, hargai keberadaan mereka dan hargai juga pendapat mereka. Meskipun kamu merasa kemampuanmu melebihi partner kerja tersebut, bukan berarti kamu bisa berlaku seenaknya. Karena jika kamu merasa hebat melakukan sebuah pekerjaan, belum tentu orang lain juga menganggapnya sehebat itu .

Jangan Bicarakan Keburukan Orang Lain

Kantor bukanlah tempat yang tepat untuk bergosip. Membicarakan keburukan orang lain di belakangnya hanya akan membuat kamu lebih buruk. Jika kamu memang tidak suka dengan perlakuan orang tersebut, utarakan langsung kepadanya. Rekan kerja yang baik seharusnya tidak keberatan untuk mendiskusikan hal ini. Menyebar gosip di kantor hanya akan membuat orang lain menilai kamu sebagai sosok yang tidak profesional dan tidak bisa dipercaya.

Bekerjalah dengan Efektif

Lingkungan kerja yang toxic/ Foto: freepik.combekerja dengan efektif/ Foto: freepik.com

Beberapa pekerjaan memang memiliki beban yang berat hingga menuntut karyawan untuk lembur. Akan tetapi, banyak juga karyawan yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik sehingga pekerjaan akan menumpuk. Daripada sibuk mengobrol yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, manfaatkanlah waktu kerja kamu untuk menyelesaikan tugas.

Bukan berarti kamu tidak boleh mengobrol di kantor, ya. Kamu bisa memanfaatkan jam istirahat atau waktu setelah pulang kantor untuk bisa mengobrol dan bersosialisasi dengan rekan kerja lainnya.

Ingat ya Beauties, skill dalam dunia kerja memang dibutuhkan. Tapi, skill adalah hal yang mudah dipelajari. Sementara itu, attitude adalah hal yang perlu dibangun sejak awal. Kalau attitude kerja kamu buruk, maka sulit untuk mengembangkan karir sesuai yang kamu inginkan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id