sign up SIGN UP

Panik Kasus Covid-19 Kian Merebak, Ini Tips Self Care yang Bisa Kamu Lakukan

Diyah Wulandini | Sabtu, 03 Jul 2021 11:00 WIB
Panik Kasus Covid-19 Kian Merebak, Ini Tips Self Care yang Bisa Kamu Lakukan
caption

Covid-19 masih berada di sekitaran kita, Ladies. Ditambah lagi kasusnya bukannya makin menurun, malah sebaliknya. Wajar bila kamu jadi merasa cemas, tapi pastikan untuk tidak sampai berlebihan.

Untuk itu, pastikan untuk sebisa mungkin beraktivitas di rumah dulu dan memakai masker serta menerapkan protokol kesehatan, bila situasi mengharuskan kamu keluar rumah.

Selain itu, kita juga mesti peduli dengan diri sendiri dengan melakukan self care, di tengah kondisi yang sulit ini. Tujuannya untuk meningkatkan rasa kesejahteraan diri sendiri, yang mana baik bagi mental dan fisik kita.

Mendapat Informasi dari Sumber Terpercaya

Informasi resmi seputar covid yang mudah diakses kapan saja bisa dipastikan kebenarannya dengan melakukan cek ulang agar lebih teliti dan terpercaya.
Memastikan informasi terpercaya seputar Covid-19/foto: freepik.com

Informasi seputar Covid-19 memang sudah bukan hal langka untuk didapatkan. Kamu sebaiknya mendapatkan informasi secara resmi dari situs terpercaya. Tujuannya agar diri kita nggak mudah terhasut informasi yang tidak jelas alias cenderung hoax semata. Terutama info-info yang biasa tersebar di grup whatsApp.

Sedikit tips agar kamu terhindar dari kabar hoax adalah jangan telan mentah-mentah berita dari judulnya saja. Tanamkan sikap skeptis untuk cek ulang dari mana saja informasi yang tersebar, lalu bandingkan dengan bacaan lainnya.

Membatasi Asupan Informasi

Masih seputar informasi tentang Covid-19. Memang, mendapat seluruh informasi penting itu sah-sah saja dilakukan. Namun lakukanlah sewajarnya, atau mulai batasi jika setelah membacanya, kamu merasa semakin tertekan dan cemas.

Pasalnya, hal ini tentunya akan mempengaruhi kesehatan mental juga fisikmu. Adapun risiko yang mengintai seperti stres, burnout hingga depresi, bila kamu merasa tertekan secara berlebihan.

Pastikan Selalu Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir merupakan salah satu pencegahan terhadap Covid-19 melalui sebaran virus tidak terlihat.
Mencuci tangan dengan sabun sebagai tindakan self care/foto: freepik.com

Cuci tanganmu pakai sabun di bawah air mengalir, juga jadi salah satu self care yang nggak boleh dilewatkan, Ladies. Hal kecil tapi penting ini selain dapat menjaga kebersihan, tapi juga memutus virus yang mungkin ada di sekitar, meski tak kelihatan.

Menjalani Pola Hidup Sehat

Olahraga mampu membuat sistem kekebalan tubuh meningkat yang menghindarkan dari risiko tertular Covid.
Self care dengan menjaga kesehatan tubuh/foto: freepik.com

Baik kasus Covid-19 masih merebak atau tidak, pola hidup sehat memang nggak bisa ditunda-tunda lagi. Pentingnya pengaruh pola hidup ini bisa membentuk kenyamanan di masa depan. Ingat, apa yang kamu lakukan hari ini merupakan investasi ke depannya. Selain itu, dengan rajin olahraga juga berpengaruh baik terhadap kesehatan mentalmu, Ladies.

Mengecek Kesehatan Ketika Menemui Gejala

Gejala Covid tidak bisa dianggap sepele, segera temui tenaga profesional sebelum terlambat.
Menemui tenaga profesional apabila menemui gejala Covid/foto: freepik.com

Aware tentang masalah kesehatan selama Covid-19 merebak memang perlu. Kamu nggak perlu takut menghubungi dokter untuk memeriksakan kondisi tubuhmu ketika menemui gejala tertentu. Adapun gejala Covid yang paling umum di antaranya seperti suhu tubuh yang tinggi dan gangguan pernapasan yang mungkin bisa dianggap sepele awalnya. Terlebih bila kamu habis bertemu dengan orang yang baru dikabarkan positif Covid-19.

Alihkan Waktu untuk Energi Positif

Menghindari risiko tertular Covid dapat dilakukan dengan meningkatkan kekebalan tubuh melalui ketentraman hati yang terus terjaga.
Menyenangkan hati sebagai bentuk self care/foto: freepik.com

Buat suasana hatimu selalu menyenangkan dengan mengambil waktu untuk melangsungkan kegiatan yang bikin bahagia. Quality time bersama keluarga atau sahabat via online meetingmenghabiskan waktu dengan hobi, istirahat, menonton film komedi, dan bersenang-senang. Hal-hal seperti ini dapat mengalihkan energi ke tempat yang lebih baik dan tentunya menyenangkan.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id