sign up SIGN UP

LIFE

Pola Tidur Berantakan Akibat WFH, Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya

aqillah diaz | Kamis, 22 Jul 2021 23:00 WIB
Pola Tidur Berantakan Akibat WFH, Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya
caption

Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia menyebabkan banyak berbagai hal dan kegiatan yang harus disesuaikan mengingat mobilitas sosial juga harus dikurangi. Sehingga banyak kantor yang menerapkan work from home bagi para pegawainya. Nah, hal itu membuat para pegawai kantoran harus menyesuaikan rutinitas baru mereka saat di rumah, salah satunya adalah pola tidur.

Pola tidur yang berantakan bisa disebabkan karena beberapa hal, yakni membuat batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi tidak ada, mengonsumsi kafein terlalu banyak, bekerja hingga larut malam, dan banyaknya godaan yang menyebabkan pekerjaan menjadi tertunda. Beberapa hal tersebut menjadi masalah dan dapat mengganggu pola tidur, sehingga kalian dapat mengikuti beberapa cara untuk mengatasi pola tidur yang berantakan akibat work from home. Yuk simak penjelasannya di bawah ini ya, Beauties!

1. Membuat To Do List dan Konsisten untuk Menjalankannya

membuat to do list (foto : pexels/freestocks.org)
membuat to do list (foto : pexels/freestocks.org)

Salah satu hal untuk memperbaiki pola tidur adalah dengan membuat to do list dan melakukannya secara konsisten. Kalian dapat bangun di jam yang sama tiap harinya dan menyiapkan diri untuk segera bekerja. Sebelum melakukan pekerjaan, kalian dapat melakukan kebiasaan rutin sebelum pandemi, sehingga kalian dapat mulai bekerja sesuai dengan jam kerja kalian. 

2. Memberikan Batasan antara Bekerja dan Beristirahat

memberikan batasan saat bekerja dan beristirahat (sumber : pexels/startupstockphoto)
memberikan batasan saat bekerja dan beristirahat (foto : pexels/startupstockphoto)

Meskipun kalian melakukan pekerjaan dari rumah, kalian tetap membatasi waktu antara bekerja dan beristirahat. Agar kalian tidak terdistraksi, lakukan pekerjaan di meja kerja dan hindari bekerja di area kasur agar tetap produktif.

3. Menghindari Bekerja Hingga Larut Malam

menghindari bekerja hinga larut malam (foto : pexels/ArtemPodrez)
menghindari bekerja hinga larut malam (foto : pexels/ArtemPodrez)

Nah, jika kalian sudah membatasi waktu bekerja dan beristirahat, tentunya kalian tidak akan lembur, bukan? Namun faktanya, masih banyak yang melakukan hal ini. Sebaiknya kalian menghindari bekerja hingga larut dan selesaikan pekerjaan kalian pada office hour, karena jika kalian mengerjakan hingga larut malam, akan membuat jam tidurmu menjadi berantakan dan tubuh akan otomatis mengatur ulang jam biologis yang baru. 

4. Atur Jadwal Makan

mengatur jadwal makan (foto : pexels/GeorgeMilton)
mengatur jadwal makan (foto : pexels/GeorgeMilton)

Sebelum memperbaiki pola tidur, ada baiknya untuk memperbaiki pola makan juga. Pastikan kalian tidak makan sebelum akan tidur, serta batasi konsumsi kafein karena dapat menyebabkan susah tidur. Kalian dapat meminumnya di pagi hari saja.

5. Jangan Bermain Hp Saat Sebelum Tidur

jagan bermain hp sebelum tidur (foto : Pexels/LosMuertosCrew)
jagan bermain hp sebelum tidur (foto : Pexels/LosMuertosCrew)

Bermain hp saat sebelum tidur sangat tidak disarankan karena akan mengganggu jam tidur. Sebaiknya letakkan hp di meja dan kalian segera beristirahat, karena hari esok juga akan segera tiba, dan kalian dapat bermain hp di keesokan harinya namun tetap jangan sampai lupa waktu. 

Well, itu adalah beberapa cara mengatasi pola tidur berantakan akibat work form home. Semoga kalian dapat menerapkan tips ini ya agar tetap bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup, ya!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id