sign up SIGN UP

LIFE

Pria Dewasa Tapi Bertingkah Seperti Anak-anak? Waspadai Sindrom Peter Pan

Siti Mukaromah | Selasa, 20 Jul 2021 21:30 WIB
Pria Dewasa Tapi Bertingkah Seperti Anak-anak? Waspadai Sindrom Peter Pan
Enggan Untuk Tumbuh Dewasa, Begini Ciri Peter Pan Syndrome/Pinterest.com/animation screenscaps

Apakah kamu mengenal atau pernah menemui pria dewasa, tapi tidak berperilaku layaknya orang dewasa? Dan oleh sebab itu, ia akan berperilaku layaknya anak kecil baik secara mental dan sosial. Kondisi ini disebut juga Peter Pan Syndrome (Sindrom Peter Pan).

Berikut penjelasan selengkapnya, Beauties.

Apa Itu Peter Pan Syndrome?

peter pan syndrome, peter pan syndrome adalah, sindrom peter pan, orang dewasa
Mengenal sindrom peter pan/Pinterest.com/animation screenscaps

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Peter pan syndrome atau Sindrom Peter Pan adalah perilaku orang dewasa yang menyerupai anak kecil atau remaja. Mereka 'enggan untuk jadi orang dewasa', perihal bertanggung jawab dan mengambil keputusan dalam kehidupan mereka. Seperti namanya, perilaku ini serupa dengan tokoh Peter Pan yang senang bermain dan bertingkah laku seperti anak-anak, meski terbilang sudah cukup umur.

Mereka kerap enggan untuk sekadar berbagi soal membersihkan rumah, membiarkan cucian menumpuk bahkan tunggakan dari tagihan listrik juga bisa mereka biarkan begitu saja. Sehingga orang lainlah yang harus membantu dan mengurus kebutuhannya.

Menurut seorang psikolog Pustika Rucita, B.A.,MPsi, dalam laman detikHealth, pria yang mengalami Peter Pan Syndrome memiliki ciri–ciri yang dapat dilihat di kehidupan sehari–hari, seperti sifat pria yang sulit mengambil keputusan, sangat tergantung pada orang lain, bahkan dalam hal kecil sekalipun.

"Dia takut berkomitmen, tidak bertanggung jawab, dan memiliki ambisi yang rendah," tambahnya.

Penyebab Peter Pan Syndrome

peter pan syndrome, peter pan syndrome adalah, sindrom peter pan, orang dewasa
Penyebab munculnya peter pan syndrome/Pinterest.com/oriental trading

Dilansir dari laman ScencieDaily.com, Humbelina Robles Ortega, profesor dari Departemen Personality, Evaluation and Psychological Treatment dari Universitas Granada dan seorang ahli dalam gangguan emosional, mengungkap bahwa sikap overprotektif dari orang tua dapat menyebabkan anak-anak tumbuh dengan peter pan syndrome, mengingat biasanya orang tua jadi salah satu orang yang paling melindungi anggota keluarganya, hingga anak tidak bisa mengembangkan bakat atau minat yang mereka miliki.

Karena sikap tolerir yang selalu dihadirkan oleh orang tuanya, membuat para penderita Peter Pan Syndrome tidak merasa bersalah atas kesalahan yang sudah dia lakukan atau bahkan tidak menyadarinya.

Ciri–ciri Penderita Sindrom Peter Pan

peter pan syndrome, peter pan syndrome adalah, sindrom peter pan, orang dewasa
Ciri-ciri sindrom peter pan/Pinterest.com/DevintArt

Sindrom peter pan sebenarnya dapat di alami oleh siapa saja, Beauties, baik pria maupun perempuan. Namun sindrom ini memang lebih banyak terjadi pada pria.

Beberapa ciri-ciri yang dapat kamu temui pada penderita peter pan syndrome berikutnya adalah ketidakmampuan untuk mengambil tanggung jawab, tidak bisa berkomitmen atau menepati janji, serta kurangnya percaya diri.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id