sign up SIGN UP

LIFE

Punya Sejarah Panjang, Deretan Mahkota dari Kerajaan Seluruh Dunia Ini Tak Hanya Cantik Tapi Juga Miliki Nilai Historis

Allyoo Ri | Rabu, 21 Jul 2021 21:30 WIB
Punya Sejarah Panjang, Deretan Mahkota dari Kerajaan Seluruh Dunia Ini Tak Hanya Cantik Tapi Juga Miliki Nilai Historis
caption

Jika bicara tentang kerajaan, raja, ratu, para pangeran serta putri, sudah pasti barang-barang seperti gaun, pakaian mewah, istana megah, serta mahkota jadi hal yang tak bisa dilewatkan. Meski telah banyak kerajaan di dunia yang berubah menjadi negara republik atau serikat, masih banyak loh kerajaan yang berhasil mempertahankan eksistensinya hingga kini.

Dari sekian banyak hal yang kerap jadi bahan rasa penasaran soal keluarga kerajaan, terutama raja dan ratunya, mahkota adalah salah satu yang kerap jadi tajuk utama untuk dibicarakan. Memiliki nilai sejarah panjang, cerita yang dalam serta tampilan mewah nan mahal, bukan berlebihan jika mahkota-mahkota dari berbagai kerajaan berikut ini bisa menarik perhatianmu, Beauties!

1. Imperial State Crow

Imperial State Crown
Imperial State Crown/Pinterest by rct.uk

Mahkota ini merupakan mahkota yang biasa di gunakan oleh Ratu Elizabeth II di saat berpidato di pembukaan parlemen. Memiliki simbol sebagai kedaulatan raja di negara Inggris, mahkota ini terbuat dari bingkaian emas, perak, serta Platinum.

Di sisi-sisinya, terdapat beragam batu mulia yang menghiasi. Batu-batu mulia tersebut di antaranya ada 5 batu rubi, 17 batu safir, 11 buah batu zamrud, 273 mutiara serta tak cukup hanya itu saja, terdapat taburan 2.868 batu berlian. Membuatnya selalu tampak mengkilap dan tak pernah pudar kecantikannya.

 2. The Crown of the King of Bavaria

The Crown of the King of Bavaria
The Crown of the King of Bavaria/Pinterest by Pouted

Di salah satu kesempatan istimewa, tepatnya sekitar 200 tahun yang lalu, Raja Bavaria pernah  mengenakan mahkota ini. Terbuat dari batu berlian, zamrud, mutiara, serta rubi, terdapat berlian Wittelsbach yang membuatnya semakin mewah dan tentu bernilai mahal.

Diperkirakan, nilai dari material mahkota ini bisa mencapai  17 juta dolar Amerika atau setara dengan sekitar Rp247 miliar rupiah. Wah, sangat mahal bukan?

3. Mahkota Swedia

Mahkota Swedia
Mahkota Swedia Cameo Tiara/Pinterest by Tiarasandtrianon

Dimiliki oleh ratu Josephine yang merupakan istri pertama Napoleon I, mahkota Swedia ini terbuat dari emas dan mutiara, serta 7 batu perhiasan berukiran tokoh mitologi Venus dan Cupid. Ini merupakan mahar yang diterima oleh ratu Josephine dari pernikahan raja masa depan Swedia Oscar I di tahun 1823.

4. Ruby Tiara Inggris

The Burmese Ruby Tiara
The Burmese Ruby Tiara/Pinterest by thelaurelhedge

Kembali ke kerajaan Inggris, terdapat Ruby Tiara yang dimiliki oleh Ratu Elizabeth II. Mahkota ini memiliki 96 batu rubi yang dipercaya dapat menjaga pemiliknya dari berbagai kejahatan serta 96 macam penyakit. Memiliki nama nama The Burmese Ruby Tiara, design dari mahkota ini menyerupai bunga mawar merah yang dengan batu berlian di sekitarnya yang menyerupai kelopak.

 5. The Mellerio Floral Tiara

The Mellerio Floral Tiara
The Mellerio Floral Tiara/Pinterest

Putri Sofia mendapatkannya dari Jendral Franco sebagai hadiah pernikahannya bersama Juan Carlos. Memiliki motif floral, The Mellerio Floral Tiara merupakan tiara yang paling lama digunakan oleh warga kerajaan Spanyol. Memiliki nilai sejarah yang panjang, tak heran mahkota ini sangat dijaga sampai sekarang.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id