sign up SIGN UP

LIFE

Berat Badan Tak Stabil? Coba Tips dan Trik Biar Langsing Permanen

Dian Aprilia | Sabtu, 03 Apr 2021 09:30 WIB
Berat Badan Tak Stabil? Coba Tips dan Trik Biar Langsing Permanen
caption

‘Baru saja turun 3 kg, eh taunya sekarang naik 5 kg. Sebel!’ Memang berat badan yang tidak stabil, bikin para wanita mudah stres dan bingung. Tidak hanya bingung masalah penampilan, tapi juga kesehatan badan dan kenyamanan saat beraktivitas. Nah daripada bingung dan sebal, coba evaluasi yuk pola diet yang selama ini kamu lakukan.

Pola diet yang salah bisa bikin kesehatanmu malah menurun, meskipun berat badanmu turun. Apalagi jika berat badan tidak stabil, bisa jadi menjadi pertanda bahwa pola diet dan pola hidupmu kurang tepat.

Berikut beautynesia.id telah merangkum tips dan trik agar bisa langsing permanen dan berat badan jadi stabil:

Rutin Berolahraga

Olahraga
Olahraga/pexels.com

Terkadang banyak yang berpikir bahwa olahraga adalah kegiatan yang membebani, bikin capek dan menghabiskan waktu. Padahal olahraga memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan fisik dan mental. Diantaranya bisa mencegah penyakit jantung, menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan hormon kebahagiaan, mengurangi stres dan juga menjaga berat badan tetap ideal.

Agar tidak membebani, kamu bisa meluangkan waktu yang singkat yakni 15-30 menit sehari. Usahakan untuk memilih olahraga yang kamu sukai agar lebih enjoy dan menyenangkan.

Makan Teratur dan Tepat Waktu

Makan teratur
Makan teratur/pexels.com

Bagi kamu yang memiliki jam makan tidak teratur, sebaiknya segera ubah kebiasaan tersebut. Buat jadwal makan secara teratur dan berusaha untuk memenuhinya dengan disiplin. Misalnya makan pagi maksimal jam 8 pagi, makan siang jam 1 dan makan malam maksimal jam 7.

Aktivitas makan yang teratur maka akan memberikan pengaruh positif terhadap ritme sirkadian dalam tubuh. Hal ini berdampak pada proses penurunan berat badan dan menjaga sekresi insulin dalam tubuh. Jadi usahakan untuk disiplin saat makan ya.

Makan Sesuai Kebutuhan

Makan sesuai kebutuhan
Makan sesuai kebutuhan/pexels.com

Belakangan ini, ramai diet ketat yang berbahaya bagi kesehatan. Salah satu cirinya adalah dengan makan porsi sangat kecil tanpa adanya konsultasi dengan dokter. Memang dalam jangka pendek, diet defisit kalori tersebut memang menunjukkan hasil yang bagus.

Namun secara jangka panjang, diet super ketat tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Seperti rambut rontok, berat badan jadi tidak stabil, kurang konsentrasi dan lemas. Untuk itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan kalori dan gizi dengan baik agar tubuh tetap sehat dan berat badan stabil.

Kurangi Makanan dan Minuman Tinggi Kalori

Makanan tinggi kalori
Makanan tinggi kalori/pexels.com

Sudah menjaga makan dan diet sehat, tapi masih sering comot makanan dan minuman tinggi kalori. Memang menu utama sudah makan banyak sayur dan buah, serta protein tinggi. Tapi camilannya donat, gorengan, teh dan kopi kemasan. Ya sama aja bohong dong.

Menjaga makanan itu tidak hanya terbatas pada menu makanan utama saja ya. melainkan juga camilan yang kita konsumsi. Untuk itu sebaiknya pilih camilan yang sehat, kalaupun mau cheat day, pastikanuntuk tidak makan berlebihan. Camilan sehat yang bisa menggantikan camilan tinggi kalori seperti halnya buah, kacang-kacangan, snack sehat (soyjoy, fitbar) dan lainnya.

Perbanyak Buah dan Sayur  

Perbanyak buah dan sayur
Perbanyak buah dan sayur/pexels.com

Buah dan sayur memiliki kandungan serat tinggi, vitamin dan juga lemak tak jenuh. Jadi mengonsumsi buah dan sayur bisa memberikan efek rasa kenyang tahan lebih lama. Hal ini tentunya sangat efektif untuk menekan nafsu makan dan bikin kamu tidak mudah kebablasan dan tergoda makan makanan yang tinggi kalori.

Itulah 5 tips yang perlu kamu lakukan agar berat badan jadi stabil dan bisa langsing permanen.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id