sign up SIGN UP

Selamat Hari Guru Nasional! Ini Ide 5 Aktivitas Seru untuk Memeriahkannya di Sekolah

Budi Rahmah Panjaitan | Kamis, 25 Nov 2021 12:00 WIB
Selamat Hari Guru Nasional! Ini Ide 5 Aktivitas Seru untuk Memeriahkannya di Sekolah
Aktivitas seru untuk meriahkan hari guru nasional / Foto: Freepik.com

Setiap tahunnya, tepat pada 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Di tahun 2021 ini, diperingati yang ke-27 kalinya sejak ditetapkan.

Terkait tema, Hari Guru Nasional tahun ini mengusung 'Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan'. Meskipun situasi pandemi belum berakhir, usaha memberi makna pada hari guru tentu tetap bisa dilakukan.

Terlebih lagi pada saat ini, sebagian sekolah sudah memberlakukan pembelajaran tatap muka dengan syarat dan ketentuan yang sudah diatur oleh pihak yang berwenang yaitu pemerintah.

Salah satu cara memaknainya bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas yang melibatkan guru dan siswa. Apakah kamu yang jadi siswa atau gurunya? Apa pun itu, kamu bisa mencetuskan idenya, kok! Lantas, apa saja aktivitasnya? Simak selengkapnya di bawah ini. 

Menghias Kelas

Ilustrasi menghias kelas/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi menghias kelas/ Foto: Freepik.com

Aktivitas seru pertama yang bisa dilakukan untuk memeriahkan peringatan hari guru nasional adalah menghias kelas. Kegiatan ini bisa dimulai dengan membuat kesepakatan antara guru dan siswa terkait tema tampilan yang ingin dihadirkan di kelak.

Kegiatan menghias kelas ini akan menghadirkan kerjasama antar siswa. Sementara itu, guru bisa bertindak sebagai pengarah. Sisi positif yang bisa didapatkan selain kerja sama adalah tersalurkannya sisi-sisi kreatif yang mungkin saja belum terlihat dari para siswa selama ini.

Pastikan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ya, Beauties!

Membuat Surat Cinta untuk Guru

Ilustrasi surat cinta/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi surat cinta/ Foto: Freepik.com

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuat surat cinta untuk guru. Beberapa dari siswa mungkin saja masih sungkan untuk mengungkapkan sesuatu kepada gurunya. Entah itu rasa terima kasih atau sesuatu hal lain yang ingin diutarakan. Oleh karenanya, membuat surat cinta untuk guru bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dalam hal ini, misalnya posisi-mu yang jadi guru selaku penerima surat cinta bisa mengarahkan para siswa untuk membuat masing-masing surat secara individu. Diusahakan se-personal mungkin sehingga antar siswa tidak mengetahui surat satu dengan yang lain. 

Menghias Tumpeng Bersama Guru

Ilustrasi menghias tumpeng/ Foto: Instagram.com/yudho_iw
Ilustrasi menghias tumpeng/ Foto: Instagram.com/yudho_iw

Tumpeng merupakan salah satu sajian yang sudah cukup umum digunakan dalam perayaan maupun peringatan hari tertentu. Tidak terkecuali untuk hari guru. Agar bisa menyajikan keseruan yang lebih, guru dan siswa bisa membuat aktivitas menghias tumpeng bersama.

Untuk itu, kegiatan ini bisa dimulai dengan mempersiapkan terlebih dahulu pernak pernik tumpeng seperti berbentuk kerucut, lauk pauk dan peralatan lainnya. Di kegiatan ini, diharapkan bisa membangun kedekatan antara murid dan siswa sekaligus memberikan keceriaan bersama.

Bernyanyi

Ilustrasi bernyanyi/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi bernyanyi/ Foto: Freepik.com

Sesi hiburan menjadi salah satu yang menarik untuk dilakukan ketika memperingati hari guru. Guru dan siswa bisa sama-sama bernyanyi  dengan cara berduet atau guru memberikan permintaan nyanyian khusus.

Dengan begitu, guru akan menjadi seseorang yang istimewa karena bisa request nyanyian terhadap siswanya. Selain menjadi hiburan, ada nyanyian untuk guru bisa menggambarkan rasa gembira yang turut menyelimuti dalam merayakan hari guru. 

Membuat Permainan Seru

Ilustrasi permainan seru/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi permainan seru/ Foto: Freepik.com

Jika pada hari biasa guru berperan sebagai tenaga pengajar yang mengarahkan para siswa di kelas, maka di momen hari guru, guru dan siswa bisa menciptakan suasana yang berbeda lewat permainan seru.

Tentunya permainan yang dipilih bisa disesuaikan dengan keinginan guru agar dapat mencerminkan bahwa guru adalah sosok yang istimewa. Untuk itu, para siswa dan guru bisa menyepakati permainan dan mengkreasikannya sedemikian rupa sehingga terasa lebih berkesan.

[Gambas:Youtube]

------------------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id