sign up SIGN UP

LIFE

Self-Acceptance: Proses Menerima Diri Sendiri dan Caranya

Marly Azwar | Senin, 28 Dec 2020 13:30 WIB
Self-Acceptance: Proses Menerima Diri Sendiri dan Caranya
caption
Jakarta -

You are good enough. Salah satu kalimat singkat yang menggambarkan apa yang dimaksud dengan self-acceptance. Mungkin, sebagian besar dari kamu pernah mendengar yang namanya self-acceptance. Namun, apa sebenarnya definisi dari self-acceptance?

Self-acceptance merupakan salah satu proses pembelajaran dalam mencintai diri sendiri, yang di mana sebagai individu kamu sadar akan kelebihan dan kekuranganmu, secara realistis dapat menilai bakat, kemampuan, dan harga diri serta mempunyai kepuasan terhadap diri sendiri, terlepas dari kekurangan dan pilihan masa lalu. Self-acceptance juga memiliki hubungan dengan kesejahteraan dalam diri, harga diri, dan juga kesehatan mental. 

Self-acceptance juga memiliki manfaatnya tersendiri, yang meliputi:

  1. Suasana hati yang baik
  2. Dapat menurunkan gejala-gejala depresi, hasrat ingin disetujui oleh orang lain, takut akan gagal, dan mengkritik diri sendiri. 
  3. Dapat meningkatkan emosi yang positif, rasa kebebasan. harga diri, dan kepercayaan diri.

Lalu, bagaimana kamu dapat menerapkan self-acceptance? Berikut langkah-langkahnya.

Kembangkan Apa yang Membuat Dirimu Unik

Langkah pertama yang baik untuk membuatmu berpikir bahwa kamu spesial. Tanyakan pada dirimu bagaimana perbedaan yang kamu miliki dapat memberikan kamu manfaat di masa yang akan datang dan bagaimana keunikkanmu dapat menambah nilai dalam hidupmu. 

Lepaskan Apa yang Tidak Bisa Kamu Ubah

melepaskan apa yang tidak bisa diubah merupakan langkah dari self-acceptance.
let it go/unsplash.com

Penting untuk kamu tidak fokus pada hal yang tidak bisa kamu ubah. Kamu dapat menuliskan surat kepada dirimu tentang melepaskan apa yang tidak bisa kamu ubah dan menyambut hal-hal yang kamu cintai tentang dirimu, hal tersebut dapat membantu kamu dalam melakukan self-acceptance.

Kenali Kelebihanmu

Tuliskan apa yang dapat kamu lakukan atau yang suka kamu lakukan, seperti olahraga, musik, seni, dan lain-lain. Melatih hal-hal tersebut akan membantumu merasa lebih percaya diri atas kemampuanmu. 

Maafkan Diri Kamu

memaafkan diri sendiri merupakan langkah dari self-acceptance.
forgive yourself/unsplash.com

Langkah ini bisa jadi sulit untuk dilakukan, namun dengan belajar untuk move on dari masa lalu dan menerima bahwa saat itu kamu sudah melakukan yang terbaik adalah kunci dari self-acceptance. Memang, bila kamu mudah dan mampu memaafkan orang lain, memaafkan diri sendiri terlihat lebih sulit. 

Rayakan Pencapaianmu

Buatlah daftar atas semua hal yang telah kamu capai sejauh ini dan menambahkan secara berkala. Unggah daftar tersebut di sebuah platform yang dapat kamu lihat. 

Bersikap Baik pada Diri Sendiri

bersikap baik kepada diri sendiri, merupakan langkah untuk self-acceptance.
be kind/unsplash.com

Pikirkan beberapa hal yang dapat memanjakan diri kamu dan habiskan waktu untuk diri sendiri, seperti merawat diri, berolahraga, meditasi, dan lain-lain. Jangan terlalu keras pada diri sendiri atau membandingkan dirimu dengan orang lain, serta rawat pikiran dan tubuhmu. 

Ciptakan Sebuah Support System

Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang menerima dan percaya dengan kamu serta hindari yang tidak. Memang, hubungan yang berkualitas adalah kunci dari kebahagiaan dan penerimaan diri. Kamu dapat bagikan apa yang kamu rasakan dengan orang yang kamu percaya seperti keluarga dan teman. 

Perjalanan setiap orang dalam melakukan self-acceptance berbeda-beda, tapi kamu dapat belajar agar menjadi nyaman dengan dirimu sendiri. Dengan mempraktekkan self-acceptance dan self-love, kamu dapat belajar untuk hidup dengan kekurangan yang kamu miliki namun tetap merasa bebas dan bahagia dalam menjalankan hidup. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id