sign up SIGN UP

Semakin Keren, ini 5 Fitur Terbaru di WhatsApp yang Rilis di Tahun 2021

Shinta Nikmah | Selasa, 24 Aug 2021 10:00 WIB
Semakin Keren, ini 5 Fitur Terbaru di WhatsApp yang Rilis di Tahun 2021
caption

WhatsApp merupakan aplikasi yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Kamu mungkin menjadi salah satu penggunanya. Fitur-fitur dalam aplikasi WhatsApp selalu berinovasi dan sebisa mungkin menghadirkan fitur terbaru yang memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi. 

Sepanjang 2021 ini, sudah ada 5 fitur terbaru yang dirilis oleh WhatsApp yang tentunya menyempurnakan fitur-fitur yang sudah ada. Adapun 5 fitur terbaru tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mute Video

Mute video
Mute video/ Foto: freepik.com

Kini kamu tidak lagi kesulitan jika ingin mengirimkan video tanpa suara, sebab WhatsApp sudah menambahkan fitur mute video. Tidak hanya mengirim video dalam percakapan, kamu juga bisa membuat story berupa video tanpa suara, lho

Caranya cukup mudah dan hampir sama antara mengirim video lewat percakapan atau ketika akan membuat story. Kamu bisa klik ikon kamera di kolom chat untuk memilih video yang akan dikirim atau diunggah. Ketika video sudah muncul pada layar, kamu bisa klik ikon speaker yang berada di sudut kiri atas dan video milikmu otomatis sudah mute

2. Fitur Arsip Chat Selamanya

Fitur arsip chat terbaru
Fitur arsip chat terbaru/ Foto: unsplash.com

Fitur arsipkan percakapan sudah lama dimiliki aplikasi WhatsApp. Dengan fitur ini, chat yang sudah diarsipkan akan muncul kembali ke kotak masuk jika ada pesan baru yang masuk ke chat tersebut. Namun dengan fitur terbaru ini chat yang diarsipkan tidak akan lagi muncul di kotak masuk untuk selamanya.

Mengutip detikInet, untuk megarsipkan percakapan selamanya cukup mudah. Pertama buka aplikasi WhatsApp di Android atau iOS lalu tap dan tahan chat individu atau grup yang ingin diarsipkan. Tap ikon Archive yang berupa kotak dengan tanda panah di bagian kanan atas aplikasi. Chat akan langsung tersimpan di folder Archived secara permanen.

3. View Once

View once
View once/ Foto: unsplash.com

Fitur yang terbaru dari WhatsApp adalah View Once, di mana WhatsApp bisa secara otomatis menghapus foto atau video setelah dilihat oleh lawan chat. Mengutip TheStar, fitur ini pertama kali diperkenalkan oleh Snapchat, dan kini diadopsi oleh WhatsApp sehingga fitur ini sangat berguna jika kamu ingin mengirimkan foto atau video yang bersifat privasi.

Namun sayangnya fitur ini belum bisa menangkis kemungkinan lawan chat ketika ingin mengambil tangkapan layar. Jadi untuk sementara kamu harus puas dengan fitur view once ya, Beauties.

4. Re-join Calls

Re-join calls
Re-join calls/ Foto: unsplash.com

Fitur ini sangat memudahkan pengguna ketika melakukan panggilan secara group. Bahkan kamu bisa bergabung kembali ke dalam percakapan selama panggilan masih berlangsung. Jika kamu mendapat panggilan grup dan tidak ingin bergabung, kamu bisa melewatkan panggilan dengan klik abaikan. Kamu juga bisa menambahkan panggilan ke kontak lain ketika panggilan sedang berlangsung. 

Fitur ini hampir sama seperti Google Meet atau Zoom Meeting yang memudahkan penggunanya untuk meninggalkan panggilan atau bergabung kembali ke panggilan. 

5. Panggilan Suara dan Video di WhatsApp Desktop

Panggilan di WhatsApp Desktop
Panggilan di WhatsApp Desktop/ Foto: freepik.com

Karena kondisi pandemi dan kamu perlu melakukan panggilan melalui WhatsApp namun kesulitan karena harus memegang handphone, kini kamu bisa beralih ke WhatsApp Desktop. Namun sebelumnya kamu harus menginstal WhatsApp Desktop di komputer yang kamu pakai. 

Jika WhatsApp Desktop sudah terinstal kamu bisa melakukan panggilan suara dengan klik ikon panggilan suara yang berbentuk telepon, atau ikon panggilan video yang berbentuk seperti kamera.

Namun sayangnya, panggilan suara dan video di WhatsApp Desktop belum menyediakan layanan untuk panggilan grup. Jadi kamu harus bersabar terlebih dahulu untuk menunggu fitur terbaru agar bisa melakukan panggilan grup.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id