sign up SIGN UP

Senang Berada di Zona Nyaman? Bersiap, 5 Dampak Buruk Ini Mungkin Akan Kamu Rasakan...

Octavia Tunggal Dewi | Minggu, 26 Sep 2021 07:30 WIB
Senang Berada di Zona Nyaman? Bersiap, 5 Dampak Buruk Ini Mungkin Akan Kamu Rasakan...
caption

Apakah kamu termasuk seseorang yang senang berada di zona nyaman? Malas untuk mencoba hal maupun tantangan baru? Bersiap, kamu akan melewatkan banyak hal lho, Beauties!

Zona nyaman memang selalu menjadi tempat paling nyaman karena tidak perlu memikirkan hal-hal yang merepotkan, tantangan lain, serta jalan keluar dari berbagai solusi. Tetapi senang berada di zona nyaman memiliki banyak dampak buruk bagi dirimu sendiri, diantaranya sebagai berikut. Simak yuk!

1. Kehilangan Banyak Kesempatan

Kehilangan banyak kesempatan
Kehilangan Banyak Kesempatan/Foto: Freepik.comBenzoix

Jika kamu senang berada di zona nyaman dan malas mencoba hal baru maka kamu akan melewatkan beragam kesempatan dalam hidup. Kesempatan yang seharusnya mungkin dapat merubah kehidupanmu maupun masa depanmu menjadi lebih baik. Jangan membuang waktumu secara percuma karena kesempatan belum tentu datang dua kali.

2. Tidak Siap Menghadapi Perubahan Dalam Hidup

Tidak siap menghadapi perubahan dalam hidup
Tidak Siap Menghadapi Perubahan/Foto: Freepik.com/Racool_Studio

Seseorang yang memilih untuk tetap bertahan di zona nyaman akan gagap dengan perubahan dalam hidup. Dunia akan terus mengalami perkembangan tanpa bisa ditunda seperti dalam hal budaya, tren, ekonomi, terutama dalam hal teknologi. Kamu akan menjadi sosok yang tertinggal jauh dari orang lain.

3. Menghambat Proses Pengembangan Diri

Menghambat proses pengembangan diri
Menghambat Proses Pengembangan Diri/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Terus berada di zona nyaman tidak hanya membuat kamu asing dengan perubahan tetapi kamu juga akan kesulitan untuk berkembang. Jika kamu terbiasa bekerja keras dan tidak mudah menyerah maka segala bentuk tantangan maupun perubahan tidak akan membuat kamu berhenti untuk terus berkembang atau meng-upgrade diri.

4. Takut Mencoba Hal Baru

Takut mencoba hal baru
Takut Mencoba Hal Baru/Foto: Freepik.com/Nakaridore

Terbiasa di zona nyaman akan membuat kamu menjadi seorang pengecut yang takut mencoba segala sesuatu. Takut akan kegagalan, takut kelelahan, takut bertanggung jawab terhadap sesuatu, dan takut segalanya tidak berjalan sesuai ekspektasi. Rasa takut akan segala hal membuat kamu memilih untuk tetap diam dan tidak berani mengambil langkah.

5. Menghadiahi Rasa Penyesalan di Hari Tua

Menghadiahi rasa penyesalan di hari tua
Menghadiahi Rasa Penyesalan di Hari Tua/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Selain itu, zona nyaman juga dapat mengukir berbagai penyesalan di hari tua. Penyesalan karena tidak mencoba banyak hal semasa muda, menyesal atas berbagai kesempatan yang tidak pernah dicoba, dan menyesal karena tidak menjadi sosok yang berkembang dan berprogres. Sebab, di masa tua semua itu sudah tidak dapat untuk dilakukan, hanya bisa untuk diratapi dan menerima segala bentuk penyesalan yang ada.

Nah Beauties, itu dia beberapa dampak buruk yang disebabkan jika kamu terus berada di zona nyaman. Kesempatan belum tentu datang dua kali, jadi maksimalkan segala bentuk kesempatan yang ada. Jangan malas untuk berkembang dan jangan pernah takut untuk mencoba. Gagal itu biasa, tetapi belajar dari kegagalan adalah hal yang luar biasa. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id