sign up SIGN UP

4 Cara Efektif Membangun Kepribadian yang Lebih Baik, Dimulai dari Kenali Diri Sendiri Yuk!

Risma Oktaviani | Kamis, 16 Sep 2021 06:15 WIB
4 Cara Efektif Membangun Kepribadian yang Lebih Baik, Dimulai dari Kenali Diri Sendiri Yuk!
Foto: 4 Cara Efektif Membangun Kepribadian yang Lebih Baik/Freepik.com/cookie_studio

Setiap orang memiliki karakter atau kepribadiannya masing-masing yang membuat diri kita berbeda satu sama lain dan menjadi diri sendiri. Kepribadian adalah pola khas dari pemikiran, perasaan, dan perilaku yang membuat seseorang menjadi unik. Ketika kita mengatakan bahwa seseorang memiliki 'kepribadian yang baik' yang kita maksudkan adalah bahwa mereka menyenangkan, menarik, dan asik untuk diajak bergaul.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun kepribadian yang berkualitas. Membangun kepribadian adalah suatu proses yang menggambarkan bagaimana pola perilaku terkoordinasi yang membentuk karakter unik setiap individu muncul dari waktu ke waktu.

Nah, berikut adalah beberapa cara membangun kepribadian yang baik yang bisa kamu terapkan agar menjadi seseorang yang unik dan menarik terutama bagi diri kamu sendiri.

1. Kenali Diri Sendiri

kenali diri sendiri
kenali diri sendiri / freepik.com / senivpetro

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk membangun kepribadian adalah mengenali diri sendiri. Sebelum kamu mengembangkan sesuatu, kamu perlu mengetahui semuanya terlebih dahulu.

Hal yang sama berlaku dengan kepribadian kamu. Kamu perlu mulai dengan melihat diri kamu sendiri dengan baik, menganalisis sifat-sifat kamu, passion kamu, dan segala sesuatu yang menjadi kekuatan dan kelemahan kamu. Setelah itu, cobalah untuk menerima kekurangan kamu dan belajar tentang diri kamu sebanyak yang kamu bisa, dan pikirkan apa yang perlu kamu tingkatkan. 

2. Memiliki Pandangan dan Sikap yang Positif

Bangun energi positif
Bangun energi positif / freepik.com / senivpetro

Cara kamu berpikir dan cara kamu bersikap memiliki banyak pengaruh pada cara kamu bertindak. Emosi positif atau negatif dapat mempengaruhi perilaku dan beberapa tindakan otak kamu.

Orang dengan pembawaan negatif hanya akan menyebarkan energi negatif pula. Mempunyai energi dan emosi positif dapat meningkatkan kreativitas, tetap fokus, keterampilan memecahkan masalah, dan produktivitas mental secara keseluruhan. Oleh karena itu, jadilah tipe orang yang ceria yang memberi energi positif di manapun kamu berada. 

3. Memiliki Opini Sendiri Namun Tetap Open Minded

Berpikiran terbuka
Berpikiran terbuka / freepik.com / gpointstudio

Memiliki pendapat dan mampu menyampaikannya dengan percaya diri nggak cuma  membantu membuat percakapan kamu menarik, tetapi juga membuat kamu terlihat lebih berpengaruh dan memiliki informasi yang baik di sekitar orang lain.

Namun, meskipun kamu memiliki opini sendiri, kamu juga harus bisa mendengarkan dan memiliki keterbukaan terhadap berbagai macam ide, argumen, dan informasi lain yang kamu terima. Berpikiran terbuka adalah kemampuan yang diperlukan untuk berpikir kritis dan rasional.

4. Temukan Passion-mu, Pelajari Hal Baru, dan Improve!

keluar dari zona nyaman
keluar dari zona nyaman / freepik.com / freepik

Jika kamu bisa melakukan satu hal untuk mengubah hidup kamu, cobalah untuk menemukan sesuatu yang kamu sukai. Selain itu, coba juga untuk keluar dari zona nyaman kamu dengan mempelajari hal-hal baru dan terus mengembangkannya. Melakukan sesuatu yang kamu sukai atau mempunyai tujuan yang ingin kamu capai tentunya akan membuat hidup kamu menjadi lebih berkualitas.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id