sign up SIGN UP

LIFE

Sering Cemas Berlebihan? Tenang, 5 Hal Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Ade Irma Suryani | Minggu, 25 Apr 2021 18:00 WIB
Sering Cemas Berlebihan? Tenang, 5 Hal Ini yang Perlu Kamu Lakukan
caption

Rasa cemas sebenarnya adalah hal wajar yang bisa dialami oleh semua orang, apalagi jika sedang mengalami tekanan tertentu. Namun, hal ini akan menjadi tidak wajar jika seseorang mengalami kecemasan yang berlebihan dan sampai mengganggu aktivitas yang dilakukan. 

Nah, jika kamu sendiri sering mengalami kecemasan berlebih, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk membantu mengatasinya. Berikut informasinya di bawah ini.

 

1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Konsumsilah makanan yang menyehatkan agar mood juga baik.
Makanan Sehat/Sumber: freepik.com 

Tahukah kamu, ternyata makanan yang kamu konsumsi juga bisa berpengaruh pada suasana hati, lho. Karena itu, penting bagimu untuk lebih memperhatikan apa yang kamu makan. Untuk menjaga agar kondisi mental lebih sehat, konsumsilah berbagai makanan menyehatkan yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. 

Sementara itu, kamu juga perlu mengurangi jumlah konsumsi gula, garam dan tepung olahan. Karena jika berlebihan hal ini juga dapat berpengaruh pada masalah mental seperti kecemasan dan depresi. 

 

2. Jaga Kualitas Tidur

Jaga kualitas tidur dengan baik untuk mengatasi masalah kecemasan.
Tidur Nyenyak/Sumber: freepik.com 

Untuk mengatasi stres dan kecemasan berlebih, kamu juga perlu menjaga kualitas tidur dengan baik. Hindari hal-hal yang dapat menganggu kualitas tidurmu, seperti halnya kebiasaan melihat handphone sebelum tidur. 

Berusahalah untuk tidak tidur larut malam atau sebelum jam 11 malam dan lakukan hal yang dapat membantumu untuk bisa tidur lebih nyenyak, seperti mandi air hangat sebelum tidur dan tidur dalam ruangan yang gelap. 

 

3. Olahraga Rutin

Olahraga secara teratur dapat membantu menurunkan kecemasan.
Olahraga/Sumber: freepik.com 

Bagi kamu yang kerap mengalami stres dan kecemasan berlebih, kamu dapat mengurangi hal tersebut dengan berolahraga secara rutin. Dengan berolahraga maka hal ini dapat meningkatkan hormon endorfin, sehingga dapat memicu perasaan bahagia atau senang.  

Karena itu, berolahraga secara teratur. Tidak harus olahraga yang berat, kamu dapat melakukan jenis olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, dan lain sebagainya.

 

4. Berpikir Positif

Berpikir positif-lah untuk melawan kecemasan berlebih.
Berpikir Positif/Sumber: freepik.com 

Sering kali stres dan kecemasan berlebih terjadi lantaran pikiran dipenuhi dengan hal-hal yang negatif. Baik itu terhadap diri sendiri, orang-orang di sekeliling, keadaan saat ini, maupun tentang masa lalu dan masa depan. 

Tentu saja kebiasaan berpikir negatif ini tidak baik bagi kesehatan mental. Oleh sebab itu, kamu perlu membiasakan diri untuk selalu berpikir positif, agar pikiran menjadi lebih tenang dan bahagia.

 

5. Batasi Penggunaan Media Sosial

Batasi penggunaan media sosial untuk mengurangi kecemasan berlebih.
Media Sosial/Sumber: freepik.com 

Penggunaan media sosial secara berlebihan atau sampai kecanduan sering kali bisa membuat seseorang mengalami stres, kecemasan, dan depresi. Hal ini tak lain karena seseorang akan mudah timbul rasa iri melihat postingan orang lain yang memuat tentang kesenangan dan kesuksesan, sehingga kerap muncul perasaan membanding-bandingkan diri dengan orang lain. 

Karena itu, penting untuk membatasi penggunaan media sosial agar tidak berlebihan. Daripada menghabiskan waktu dengan bermain media sosial, alangkah baiknya jika kamu melakukan hal lain yang lebih bermanfaat. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id