sign up SIGN UP

LIFE

Kenali 5 Tanda Kelelahan yang Disebabkan Oleh Kecemasan

Intan Dwi | Jumat, 02 Apr 2021 21:00 WIB
Kenali 5 Tanda Kelelahan yang Disebabkan Oleh Kecemasan
caption

Ketika harus menerima beberapa panggilan zoom dalam sehari sekaligus mengurus rumah bagi mereka yang sudah menikah, tidak mengherankan hal itu akan membuat kamu kelelahan. Tetapi jika kamu merasa sehat, tidak terlalu sibuk dan mendapatkan tidur nyenyak tapi masih kelelahan.

Hal itu bisa menjadi tanda kelelahan yang sebenarnya dikarenakan gangguan kecemasan yang menyerang. Jika kamu mengalami kecemasan atau serangan panik yang intens, itu bukan kabar baik. Karena jenis kecemasan ini bisa menguras tenaga dan melelahkan, jadi masuk akal kalau hal itu bisa menghabiskan semua energi.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengetahui perbedaan antara kelelahan normal dan kelelahan yang dipicu oleh kecemasan.

Tiba-tiba merasa lelah 

jika kelelahan yang kamu rasakan secara tiba-tiba berhubungan dengan kejadian ini, itu mungkin merupakan tanda kecemasan.
Tiba-tiba merasa lelah/freepik.com

Jika kamu baik-baik saja sepanjang hari, tetapi merasa ngantuk atau bosan tepat sebelum pertemuan besar dimulai, perhatikan. Karena bagi mereka yang mengalami kecemasan sosial, berada di sekitar kelompok besar itu akan membuat mereka merasa terkuras, baik secara fisik maupun mental.

Mereka yang tidak memiliki kecemasan sosial bisa merasakan energi saat berinteraksi dengan banyak orang. Tetapi jika kelelahan yang kamu rasakan secara tiba-tiba berhubungan dengan kejadian ini, itu mungkin merupakan tanda kecemasan.

Tidak memiliki nafsu makan

Kecemasan benar-benar dapat mengacaukan nafsu makan kamu yang kemudian dapat menciptakan lingkaran setan yang meningkatkan kelelahan yang mungkin sudah kamu alami.
Tidak memiliki nafsu makan/freepik.com

Kecemasan benar-benar dapat mengacaukan nafsu makan kamu yang kemudian dapat menciptakan lingkaran setan yang meningkatkan kelelahan yang mungkin sudah kamu alami. Mungkin kamu melewatkan makan, tidak nafsu makan dan karena itu kamu tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk menjaga tingkat energi kamu. Selain itu, kecemasan juga bisa membuat kamu dehidrasi, memainkan rasa lelah dan tidak enak badan.

Kesulitan tidur

Orang yang cemas sering kali sulit tidur, hal itu diakibatkan dari semua pikiran dan kekhawatiran yang berputar-putar itu.
Kesulitan tidur/freepik.com

Ketika kamu lelah, sering kali yang diperlukan untuk merasa lebih baik hanyalah pergi ke tempat tidur dan tidur nyenyak sampai pagi. Tapi ini bisa terasa mustahil bagi orang yang memiliki gangguan kecemasan.

Orang yang cemas sering kali sulit tidur, hal itu diakibatkan dari semua pikiran dan kekhawatiran yang berputar-putar itu. Banyak terbangun di malam hari jelas berkontribusi pada rasa lelah, hal ini dapat menyebabkan tidur malam yang gelisah dan kelelahan di pagi harinya.

Sakit perut yang mengganggu

Jika kamu sedang berjuang melawan kecemasan, kemungkinan besar kamu akan mengalami gejala lain, seperti sakit perut, migrain, sesak napas dan jantung berdebar-debar.
Sakit perut yang mengganggu/freepik.com

Sekali lagi, kecemasan sering kali sejalan dengan gejala fisik, jadi jangan abaikan masalah aneh yang mungkin kamu alami. Jika kamu sedang berjuang melawan kecemasan, kemungkinan besar kamu akan mengalami gejala lain, seperti sakit perut, migrain, sesak napas dan jantung berdebar-debar. Jadi ketika kelelahan kamu datang bersamaan sakit perut, itu mungkin kecemasan kamu sedang kambuh.

Mengalami nyeri otot dan sendi

Apakah bahu atau punggung kamu selalu sakit? Seringkali mereka yang cemas menegangkan otot mereka tanpa disadari dan kesulitan mengendurkan tubuh mereka.
Mengalami nyeri otot dan sendi/freepik.com

Apakah bahu atau punggung kamu selalu sakit? Seringkali mereka yang cemas menegangkan otot mereka tanpa disadari dan kesulitan mengendurkan tubuh mereka. Jika rasa lelah kamu disertai rasa pegal atau tegang pada tubuh dan kamu belum olahraga, ini mungkin pertanda bahwa hal itu disebabkan oleh kecemasan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id